Yuk, Pahami & Dapatkan Contoh Nota Kontan untuk Inspirasi Bisnis Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Contoh nota kontan pembelian dan penjualan

Sebagai pebisnis online yang berkecimpung dalam dunia digital, memiliki beberapa contoh nota kontan bisa jadi inspirasi Anda. 

Tentu saja, Anda bisa mulai dengan mengandalkan Google dan Pinterest memang tepat untuk dapat inspirasi visual nota kontan. Bagaimanapun juga visual adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen.

Akan tetapi, inspirasi visual juga perlu dilengkapi. Karena itulah, KiriminAja menghadirkan uraian ini sebagai inspirasi Anda memiliki nota kontan untuk bisnis.

Untuk lebih mengetahui apa saja contoh dari nota kontan dan memahami pengertiannya, Anda bisa membaca informasi mengenai hal tersebut di bawah ini. Yuk, marii…

Apa yang Dimaksud dengan Nota Kontan?

Nota kontan merupakan salah satu bukti transaksi pembayaran secara sah yang diberikan pebisnis kepada para pelanggannya.

Nota kontan bisa dibuat dengan berbagai macam cara mulai dari membikin templatenya untuk dicetak, membuatnya melalui aplikasi atau bahkan tulis tangan. Hal terpentingnya adalah harus ada informasi dan unsur yang jelas.

Apa saja unsur yang ada dalam nota kontan? Kita akan membahasnya nanti. Mari kita memahami lebih dulu pengertiannya.

Nota kontan bisa juga disebut sebagai bukti adanya transaksi yang mencatat penjualan maupun pembelian yang diberikan pemilik usaha terhadap orang yang bersangkutan.

Dengan nota kontan, transaksi dapat diselesaikan secara langsung tanpa harus jatuh tempo. Karena namanya kontan maka nota atau bukti transaksi ini terjadi di waktu itu juga ketika kegiatan pembayaran selesai dilakukan.

Contoh dari nota kontan ada nota kosong, nota pembelian, nota penjualan dan sebagainya. Dengan nota-nota kontan tersebut, penjual bisa mengeluarkan bukti bahwa pembelinya telah melakukan pelunasan atas barang yang telah dibelinya.

Biasanya nota kontan ini dipakai ketika ada pembeli yang secara langsung datang ke tempat usaha Anda untuk membeli sesuatu. Sebenarnya nota kontan ini sudah banyak kita lihat di pasaran dan berbagai macam toko.

Apa Saja Isi Nota Kontan?

Sebagai informasi awal, fungsi nota kontan ini adalah untuk mencatat transaksi secara sah dan resmi. Selain itu juga berfungsi untuk dokumen acuan ketika perusahaan akan membuat pembukuan keuangan atau laporan.

Nah, karena fungsinya yang cukup penting, nota kontan ini berisi apa saja? Berikut jawabannya:

  • Tanggal, nota kontan memuat tanggal transaksi tunai ketika dilakukan.
  • Keterangan, berisi deskripsi singkat mengenai transaksi yang dilakukan seperti pembayaran dari pelanggan atau pengeluaran untuk pembelian bahan baku.
  • Jumlah uang, menjelaskan berapa jumlah uang yang keluar, diterima atau dibayarkan dalam transaksi.
  • Nama pihak, berisi mengenai nama-nama pihak yang terlibat biasanya nama penjual atau nama tokonya dan nama pembeli.
  • Tanda tangan, berisi tanda tangan dari pihak yang bertanggung jawab dalam transaksi tersebut seperti kasir atau penjual itu sendiri.

Itu adalah format nota kontan secara umum, beberapa unsur lain seperti harga barang, jenis barang, jumlah barang, total harga barang juga ada dalam nota kontan.

Nota kontan bisa diubah dan disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalani. Semakin rinci nota kontan yang ada semakin baik pula untuk pencatatan arus kas, laporan keuangan dan lain sebagainya.

Cara Membuat Nota Kontan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat nota kontan. Misalnya Anda bisa membuatnya di Excel, atau mengunduh format gratis yang tersebar di internet.

Selain cara di atas, Anda juga bisa membuat sendiri nota kontan dengan memodifikasinya di web-web tertentu.

Selain itu Anda juga bisa memesan jasa pembuatan nota kontan kosong. Hal ini biasanya dilakukan sebab nota kontan kosong memuat nama toko.

Maka dari itu pemesanan jasa ini dilakukan karena bisa dimintakan untuk mencantumkan nama toko Anda dalam nota kontan kosong.

Contoh Nota Kontan Kosong

Nota kontan kosong biasanya tersedia banyak karena digunakan untuk melayani pembeli yang berbeda-beda.

Berikut contoh nota kontan kosong:

Nota Kontan                  Tanggal/Penerimaan: ..........................

No Nama Barang Jumlah/Qty Harga Jumlah
1        
2        
3        
4        
5        

TOTAL

Nama Pemberi /TTD                                                                                    Nama Penerima/TTD

...................                                                                                                .................

Nota di atas adalah contoh nota kontan kosong secara umum. Anda bisa menyesuaikan dengan menambah beberapa unsur sesuai kebutuhan.

Contoh Nota Kontan yang Sudah Isi

Nota Kontan                  Tanggal/Penerimaan: 24/01/2023, Pembeli A

No Nama Barang Jumlah/Qty Harga Jumlah
1 Kardus Packing 5 2000 10.000
2 Selotip 2 5000 10.000
3 Kertas 10   250   2.500
4        
TOTAL 22.500

Nama Pemberi /TTD                                                                                    Nama Penerima/TTD

Toko Hiburan SE                                                                                          Pembeli A

Di atas adalah contoh sederhana dari nota kontan yang sudah diisi.

Contoh Nota Kontan Penjualan

Berikut adalah contoh nota kontan penjualan.

ABC
Yogyakarta
PT. ABC                                NOTA KONTAN                Tanggal/Nomor: 3 Okt ‘23/B001
No Jenis Barang Kuantitas Harga Satuan Jumlah
1 Motor Balap 1 50.000.000 50.000.000
2 Mobil Sport 1 700.000.000 700.000.000
3        
4        
      TOTAL 750.000.000

Bagian Akuntansi                                                                              Bagian Penjualan                           

Contoh Nota Kontan Pembelian

ABC
Yogyakarta
PT. ABC                                NOTA KONTAN                Tanggal/Nomor: 3 Okt ‘23/B001
Keterangan: Pembelian Bahan
No Jenis Barang Kuantitas Harga Satuan Jumlah
1 Kayu balap 5 110.000 550.000
2 Cat 2 45.000 90.000
3        
4        
      TOTAL 640.000

Penjual                                                                                                          Pembeli                ......                                                                                                            ...........

Nah itulah beberapa contoh nota kontan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin membuat nota sendiri.

Nota kontan ini bisa digunakan hampir dalam jenis transaksi atau kegiatan bisnis apapun. Salah satunya adalah jika konsumen Anda ingin tanda bukti pengiriman paket.

Cara KiriminAja Mendukung Bisnis Anda Memiliki Performa Transaksi Keuangan yang Baik

Kehadiran KiriminAja sebagai manajemen jasa ekspedisi satu pintu telah membuka peluang besar bagi para online seller untuk menghasilkan bisnis yang tumbuh dan berkembang. Kenapa begitu?

Sebab KiriminAja hadir sebagai solusi Anda dan para online seller lain agar memiliki transaksi keuangan yang baik. Dengan begitu, Anda memiliki bisnis yang dapat terus maju, mampu menjaga #CashFlowAman, dan terukur, sehingga bisnis jadi tenang.

Sebagai platform manajemen jasa kurir, KiriminAja menghadirkan berbagai pilihan jasa ekspedisi unggulan Indonesia. Anda hanya perlu memilih, memilah, dan menentukan mau memakai jasa kurir yang mana.

Sebagai partner terpercaya bagi para online seller, KiriminAja menawarkan berbagai keuntungan, seperti layanan pengiriman yang cepat, aman, hemat dan terpercaya.

KiriminAja juga dilengkapi dengan fitur tracking system paket yang lengkap dan mudah diakses. KiriminAja juga menyediakan layanan transaksi COD yang lebih aman dan cepat sampai ke tangan Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan layanan pembayaran dengan sistem yang terintegrasi. Sehingga Anda dan para online seller lain dapat memperoleh laporan keuangan/history transaksi yang akurat dan terukur. 

Anda dapat mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja. Cukup klik tautan tadi, lakukan pendaftaran, dan verifikasi beberapa data.

Setelah itu, Anda mulai bisa memanfaatkan berbagai fitur dan layanan KiriminAja dengan mudah. Dashboard KiriminAja juga disediakan untuk memantau pengiriman, menerima laporan keuangan, serta mengelola transaksi bisnis Anda dengan mudah dan efisien.

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari online seller yang berani tumbuh, maju, dan mengoptimalkan bisnis online.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.