Jadi Beda Di antara Kompetitor dengan Diferensiasi Konten, Biar Keren dan Beken!

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
strategi-diferensiasi-konten

Diferensiasi konten adalah aspek yang merujuk pada cara bagaimana bisnis kamu memiliki nilai atau ciri khas yang berbeda dengan kompetitor.

Tujuan utamanya tentu untuk menarik perhatian pelanggan agar mereka lebih tertarik dengan produk atau penawaran yang bisnis kamu berikan. Dalam bisnis, konten merupakan jembatan awal yang kamu berikan ke pelanggan.

Konten tersebut memiliki nilai serta menjawab kebutuhan target pasar yang kamu sasar. Makanya, penting untuk mempelajari diferensiasi konten agar bisnis kamu lebih menarik di mata pelanggan dan tentunya akan mendatangkan cuan yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, selain diferensiasi konten, ada hal penting lainnya yang tidak boleh lewat dari perhatianmu yaitu pengiriman paket ke pelanggan. Agar tidak rumit, kamu bisa kirim paket sekarang menggunakan KiriminAja yang sudah terintegrasi dengan banyak jasa ekspedisi.

Yuk coba kirim sekarang biar delivery paket nggak ribet!

Apa Itu Diferensiasi Konten?

Dapat dikatakan juga bahwa diferensiasi konten dalam dunia bisnis merupakan perbedaan isi atau materi produk, layanan, dan merek bisnis kamu dengan kompetitor.

Diferensiasi konten dalam hal ini berkaitan dengan diferensiasi produk, di mana keduanya dapat membantu bisnis kamu mencapai tujuan branding. Sebagai informasi awal, kamu dapat membaca panduan memahami tujuan branding dan cara bisnis kamu bisa mencapainya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa diferensiasi konten dapat disangkutkan dengan digital marketing yang memiliki arti perbedaan konten yang diproduksi oleh dua atau lebih situs web atau platform media sosial.

Hal tersebut dapat terjadi ketika konten yang dihasilkan memiliki topik atau fokus yang berbeda, gaya dan bahasa yang berbeda, atau cara penyajian yang berbeda. Sehingga diferensiasi konten dapat membantu kamu untuk membuat perbedaan atau ciri khas produk hingga situs web bisnis kamu dengan kompetitor.

Di mana hal tersebut dapat memberikan keuntungan untuk bisnis kamu karena audiens atau target pasar akan lebih tertarik dengan bisnis kamu dibandingkan kompetitor.

Nah, dalam pembahasan kali ini, KiriminAja akan kasih tahu cara melakukan diferensiasi konten untuk digital marketing, serta manfaatnya untuk bisnis kamu. Jadi simak sampai akhir ya.

Bagaimana Cara Melakukan Diferensiasi Konten?

Berikut beberapa cara melakukan diferensiasi konten agar digital marketing bisnis kamu sukses:

Identifikasi Kompetitor

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi kompetitor dengan mempelajari apa yang mereka tawarkan. Kemudian kamu dapat menyusun strategi yang membedakan bisnis kamu dengan mereka.

Kaji Konten yang Ada di Pasaran

Kemudian, pelajari lebih lanjut tentang konten yang sudah ada di pasar dan pelajari perbedaan terkait materi, gaya, dan cara penyajiannya. Identifikasi aspek tertentu yang belum banyak ditelusuri kompetitor dan cari tahu apakah ada celah yang dapat kamu isi.

Pelajari Target Audiens Kamu

Pelajari siapa target audiens kamu dan apa yang mereka cari. Jika kamu dapat mengetahui kebutuhan dan minat mereka, maka penawaran yang diberikan dapat lebih relevan dan menarik.

Ciptakan Konten Unik

Buat konten yang unik dan berbeda dengan kompetitor. Aspek yang dapat kamu kembangkan mencakup gaya penulis, topik, dan penyajian konten.

Gunakan Media Baru

Coba gunakan media baru atau format konten yang berbeda dari kompetitor kamu. Misalnya, jika kompetitor kamu banyak menggunakan blog, coba gunakan video atau podcast.

Tinjau Ulang Konten

Tinjau ulang konten yang sudah ada dan cari tahu bagaimana kamu dapat memperbaiki atau memperbarui konten-konten tersebut untuk membuatnya lebih menarik dan relevan dengan target audiens.

Monitor Hasil

Setelah kamu membuat dan mempublikasikan konten, pantau hasilnya dan cari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak. Ini dapat membantu memperbaiki dan memperbarui konten agar dapat selalu memenuhi kebutuhan target audiens dan membedakan diri dari kompetitor.

Manfaat Diferensiasi Konten untuk Bisnis Kamu

Berikut beberapa manfaat diferensiasi konten yang bisa kamu dapatkan saat menerapkannya ke dalam bisnis:

Membedakan Diri dari Kompetitor

Dengan membuat konten yang berbeda dan unik dari kompetitor, kamu dapat membedakan diri dari mereka dan menarik perhatian target audiens.

Meningkatkan Brand Awareness

Konten yang menarik dan berbeda dapat membantu meningkatkan brand awareness dan memperkuat citra merek bisnis kamu.

Meningkatkan Engagement

Konten yang menarik dan unik dapat meningkatkan engagement dengan target audiens kamu. Engagement yang baik dapat membantu meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Meningkatkan SEO

Manfaat selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan peringkat SEO konten bisnis kamu dengan menarik perhatian mesin pencari dan meningkatkan jumlah tautan balik yang berkualitas.

Meningkatkan Konversi

Konten yang menarik dan relevan dapat membantu meningkatkan konversi dengan memotivasi audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian atau berlangganan.

Meningkatkan Kredibilitas

Selanjutnya, diferensiasi konten dapat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis dengan menunjukkan bahwa kamu ahli dalam bidang tersebut, serta memahami kebutuhan dan minat target audiens.

Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Manfaat terakhir yaitu dapat membantu memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan. Sebab, diferensiasi konten dapat memberikan nilai tambah dan solusi atas kebutuhan atau masalah pelanggan.

Memberikan Servis Unik dan Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Diferensiasi konten juga dapat menunjukkan bahwa bisnis kamu memiliki keunikan layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Salah satu strategi diferensiasi konten yang dapat kamu terapkan adalah menunjukkan bahwa bisnis kamu punya layanan logistik dengan harga hemat, tetapi mampu menjaga kualitas pengiriman tetap reliable.

Sebagai contoh, kamu bisa mempromosikan bisnis kamu memakai KiriminAja sebagai layanan logistiknya.

Apalagi banyak konsumen yang berharap mendapat jasa kirim paket reliable dengan harga paling murah.

Sayangnya, soal servis kirim paket ini sering diabaikan oleh pebisnis online. Untuk itulah, kamu bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang siap meng-handle urusan ekspedisi produk-produk bisnis online.

Layanan logistik itu dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu. Karena, seperti diketahui bersama, servis ekspedisi adalah faktor krusial di mata konsumen sebelum memutuskan jadi check out atau tidak.

Untuk itulah, sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menghadirkan kemudahan dalam mengelola pesanan dan proses pengiriman. Artinya, kamu tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak. Bisnis jadi tenang dan hidup kamu lebih stress-free.

Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu kamu.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, kamu bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, kamu tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis kamu dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Karena, KiriminAja ingin membantu kamu memegang kendali penuh atas sistem logistik bisnis yang berjalan sambil tetap bisa mengatur margin keuntungan sendiri dan menjaga stabilitas arus kas.

Dengan dukungan KiriminAja, kamu punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Yuk segera kirim paketmu dengan KiriminAja, banyak diskon dan promo lainnya lho yang bisa #BantuMenujuLebihMaju bisnismu sekarang!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.