Panduan Memahami Tujuan Branding dan Cara Bisnis Anda Mencapainya

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Cara Melakukan Branding

Idealnya, tujuan branding adalah proses penciptaan kesadaran/awareness, ekuitas merek, dan bagaimana brand bisa membangun hubungan emosional yang berkelanjutan dengan konsumen.

Istilah branding mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba melakukan branding usahanya sebagai strategi marketing.

Lalu Mengapa Sih Anda Perlu Melakukan Branding dalam Bisnis?

Namun, sebelum berbicara tentang tujuan branding, akan lebih baik jika Anda mempelajari tentang brand identity terlebih dahulu. 

Sebab, ketika sudah memahami brand identity produk, Anda dapat dengan mudah menyusun strategi branding.

Kunjungi artikel yang membahas tentang brand identity berikut untuk mempelajari lebih lanjut. Setelahnya, Anda dapat mempelajari tentang branding yang akan dibahas dalam artikel ini.

Sebagai teman bisnis, KiriminAja berkomitmen berbagi wawasan seputar bisnis kepada para pengusaha yang baru merintis. Oleh sebab itu, telah kami rangkum tujuan, manfaat, serta cara branding 

Sejauh Mana Anda Mengetahui Tentang Branding?

Sebelum berbicara tentang tujuannya, mari kupas terlebih dahulu tentang definisinya. Branding adalah serangkaian proses yang dilakukan dalam rangka meningkatkan image produk dan bisnis secara keseluruhan.

Branding sendiri berasal dari kata “brand” yang memiliki arti “merek” atau “produk”. Akan tetapi, keduanya tidak bisa disamakan artinya. Branding memiliki arti sebuah aktivitas yang mengenalkan produk ke konsumen.

Landa (2006) mendefinisikan brand sebagai citra, kesan, karakter, kredibilitas, anggapan, dan persepsi yang sengaja dibangun agar masuk dalam pikiran orang lain. 

Bisa juga diartikan sebagai identitas, reputasi, dan keistimewaan yang ditawarkan. Selain itu, juga bertujuan agar produk lebih dipilih masyarakat.

Selain itu, Kotler (2009) juga mendefinisikan branding sebagai istilah, rancangan, simbol, nama produk atau jasa yang dimiliki perusahaan yang membedakan dengan kompetitor.

Dapat kita simpulkan bahwa branding merupakan proses yang dilakukan untuk membangun citra, kesan, karakter sebuah produk atau bisnis. Tujuannya ialah untuk memperoleh nama baik di kalangan masyarakat agar meningkatkan penjualan.

Apa Saja Tujuan Branding?

Setelah mengetahui definisinya, mari kita kupas tentang apa saja tujuan dari adanya branding. Yuk simak!

Membangun Citra Produk dan Bisnis

Tujuan pertama dilakukannya branding adalah untuk membangun nama baik produk sekaligus bisnis Anda. Sehingga, memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai konsumen.

Citra baik dapat dibangun dengan merancang produk berkualitas yang mudah dikenal. Selain itu, dapat juga dengan membangun kredibilitas usaha atau bisnis.

Menciptakan Keunikan

Tujuan kedua ialah untuk menciptakan keunikan produk melalui simbol, warna, atau karakteristik lainnya. Sehingga, konsumen dapat menemukan perbedaan antara produk Anda dengan kompetitor.

Dengan memiliki keunikan, Anda juga dapat dengan mudah menciptakan brand awareness. Yaitu kemampuan konsumen dalam mengenali produk secara spontan.

Selain itu, adanya keunikan produk atau bisnis juga dapat menghindari adanya duplikasi atau pembajakan. 

Mengendalikan Pasar

Branding sebagai salah satu strategi marketing tentu memiliki tujuan untuk mengendalikan pasar. Memahami segala bentuk perilaku konsumen agar mereka membeli produk yang Anda tawarkan.

Di sisi lain, branding juga digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan marketing atau pemasaran.

Sebagai Sarana Promosi

Tujuan terakhir adalah sebagai sarana promosi atau menciptakan daya tarik untuk konsumen. Sebab, tujuan akhir dibuatnya branding adalah untuk meningkatkan penjualan. 

Kegiatan branding yang juga menjadi promosi misalnya, campaign produk ke masyarakat. Atau dapat pula dengan membuat konten dan iklan di berbagai media sosial. 

Semakin produk dikenal masyarakat, maka akan semakin meningkat pula angka penjualan. Maka, proses branding dapat dikatakan berhasil.

Apa Saja Manfaat Branding?

Perancangan branding yang maksimal akan mengantar Anda tujuan-tujuan di atas. Sehingga, bisnis Anda akan memperoleh banyak manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Memperoleh Loyalitas Pelanggan

Branding yang berhasil dapat membuat pelanggan lebih percaya produk Anda. Sehingga akan meningkatkan loyalitas mereka. Dengan demikian, angka penjualan dapat selalu stabil.

Memiliki Daya Tarik

Proses branding adalah memberikan citra atau kesan yang baik kepada konsumen. Selain itu, juga mengutamakan keunikan produk. Sehingga, tujuannya adalah untuk menambah daya tarik agar konsumen membeli produk Anda.

Memiliki Harga Jual Tinggi

Semakin meningkatnya branding dan angka penjualan, akan membuka peluang untuk produk Anda memiliki harga yang lebih tinggi. Hal ini tidak akan menimbulkan masalah jika produk Anda sudah benar-benar memiliki brand awareness.

Membedakan dengan Produk Kompetitor

Keunikan yang dibangun dalam proses branding, dapat membuat produk Anda memiliki perbedaan dengan kompetitor.

Memberikan Kesempatan Membuat Diferensiasi Produk

Ketika brand sudah dikenal, Anda mengembangkan bisnis dengan strategi diferensiasi produk. Yaitu pembuatan produk baru atau variasi baru dalam bisnis Anda.

Bagaimana Cara Melakukan Branding?

Branding merupakan proses yang dilakukan dalam jangka panjang. Apalagi untuk mencapai tujuannya, branding perlu dilakukan dengan cara yang beragam. Misalnya dengan cara-cara berikut:

  • Membuat nilai tambah produk Anda
  • Mengadakan campaign
  • Membuat iklan
  • Membuat konten di berbagai media sosial

Perlu ditegaskan lagi bahwa branding merupakan proses yang bertujuan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis Anda. 

Selain melalui strategi-strategi di atas, branding juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja bisnis Anda.

Misalnya bagaimana manajemen produk agar sampai ke tangan konsumen dengan cepat dan praktis. Untuk menjawab persoalan ini, Anda dapat mengunjungi dashboard KiriminAja.

Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja menawarkan otomatisasi pengiriman hanya melalui satu pintu. Sehingga, Anda dapat memberikan penawaran pengiriman produk yang mudah dan murah.

Dengan memberikan pelayanan yang baik, tentu akan meningkat branding atau nama baik bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.