Digital Marketing Sebagai Solusi Praktis Mengembangkan Usaha

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Tujuan Digital Marketing

Bila didefinisikan, pengertian digital marketing adalah sebagai sebuah aktivitas, institusi, serta proses yang difasilitasi teknologi digital.

Tujuan utama dari digital marketing ialah meningkatkan penjualan suatu produk. Akan tetapi, ada beberapa tujuan khusus dari digital marketing.

Apa Saja Sih Tujuan Digital Marketing?

Branding

Tujuan digital marketing yang pertama ialah membangun branding atau citra produk di mata konsumen. Sebab, branding yang baik akan menarik konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Branding adalah salah satu topik turunan digital marketing yang perlu Anda kuasai sebelum melakukan penjualan produk.

Sebab, branding ini terkait identitas produk dan bisnis Anda di mata konsumen. Ingat, konsumen membeli produk juga didasarkan pada pertimbangan value.

Nah, branding ini adalah salah satu cara meningkatkan value produk Anda di mata konsumen.

Karena itu, kami menyiapkan panduan khusus digital branding untuk bisnis Anda.

Awareness

Membangun awareness brand bertujuan untuk meningkatkan keakraban konsumen dengan produk. Sehingga, ketika konsumen membutuhkan sesuatu akan langsung teringat produk yang bersangkutan.

Misalnya ketika sedang membutuhkan jasa agregator logistik, Anda langsung teringat KiriminAja.

Engagement

Selanjutnya, tujuan digital marketing ialah untuk mengukur engagement. Yaitu dengan memanfaatkan fitur yang ada di media sosial

Melalui engagement, Anda dapat mengukur keefektifan digital marketing pada setiap akun media sosial. Sehingga Anda dapat mengevaluasi strategi yang telah dilakukan.

Penjualan

Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Ketika branding produk Anda meningkat maka akan menambah tingkat penjualan juga.

Edukasi Produk

Digital marketing juga bertujuan untuk mengenalkan usaha Anda kepada konsumen melalui edukasi produk. Anda dapat membuat konten yang berisi manfaat serta keunggulan produk.

Meningkatkan Relasi dengan Konsumen

Salah satu tujuan digital marketing ialah membangun interaksi dengan konsumen. Anda dapat membuat konten yang interaktif sehingga dapat membangun kedekatan dengan konsumen.

Ketika relasi dengan konsumen sudah terbangun, loyalitas terhadap produk Anda akan meningkat. Sehingga konsumen akan tetap memakai produk Anda.

Membuat Database Market

Database market ialah metode sistematis dalam proses pengumpulan, konsolidasi, dan pemrosesan data konsumen. Database market dapat memudahkan Anda menentukan strategi marketing yang tepat.

Analisis Digital

Dengan analisis digital Anda dapat mencari tahu kebutuhan konsumen. Anda dapat menawarkan produk sebagai solusi atau menawarkan diskon khusus. 

Manfaat Digital Marketing Apa Saja?

Selain beberapa tujuan tersebut, digital marketing juga memiliki manfaat untuk usaha Anda. Berikut beberapa manfaat dari digital marketing.

Hemat Biaya

Proses promosi secara konvensional dapat menguras biaya cukup banyak. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menghemat biaya karena hanya menggunakan media sosial.

Branding Produk Lebih Efisien

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Hanya dengan satu postingan saja Anda dapat menjangkau pasar secara tidak terbatas.

Sehingga penggunaan digital marketing dinilai lebih efisien karena dengan menggunakan SDM dan biaya yang lebih murah, serta dapat menjangkau konsumen lebih banyak.

Tidak Memerlukan Banyak Tenaga Kerja

Penggunaan marketing secara konvensional dapat memakan banyak tenaga kerja karena effort yang diperlukan memang banyak. Hal tersebut tentu dapat memakan biaya yang lebih banyak.

Lain halnya dengan prosedur digital marketing yang hanya memerlukan sedikit tenaga kerja. Sehingga Anda dapat menghemat untuk biaya operasional.

Fleksibilitas Kerja Tim

Dengan menggunakan strategi marketing, tim pemasaran dapat dengan mudah bekerja melalui kantor. Tim hanya perlu memanfaatkan gadget dan internet saja.

Sehingga tim pemasaran tidak perlu terjun ke lapangan untuk menjangkau konsumen. Hal ini tentu membuat kerja tim pemasaran lebih fleksibel.

Potensi Perkembangan Usaha yang Bagus

Digital marketing memberikan peluang yang lebih besar dalam branding maupun promosi produk. Ada banyak perusahaan besar yang memanfaatkan strategi digital marketing.

Proses Marketing yang Cepat

Kecepatan proses marketing secara digital tergolong cepat. Bahkan kecepatannya dapat dalam hitungan detik saja. Apalagi, dengan adanya direct message dapat mengukur proses marketing secara tepat dan real time.

Mempermudah Evaluasi

Media digital memberikan fitur yang dapat memudahkan Anda mengetahui insight sebuah konten. Anda dapat mengetahui jumlah penonton dan penjualan tiap konten secara real time.

Data yang tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. Sehingga, stategi marketing Anda dapat terus diperbaiki.

Seperti Apa Digital Marketing?

Setelah mengenal tujuan dan manfaat digital marketing, Anda mungkin masih bertanya-tanya seperti apa sih bentuk-bentuk digital marketing?

Ada berbagai macam jenis digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk mendongkrak popularitas usaha Anda. Salah satunya ialah dengan membuat situs online.

Melalui situs online konsumen dapat mengukur kredibilitas usaha Anda. Sebab, konsumen akan cenderung mempercayai bisnis yang memiliki situs resmi dan berkualitas.

Melalui situs online, Anda juga dapat memperkenalkan produk serta layanan yang ditawarkan dalam usaha Anda.

Selain membangun situs online, Anda juga dapat berkolaborasi dengan pihak lain yang sudah memiliki kredibilitas juga. Yaitu dengan metode afiliasi.

Istilah afiliasi mungkin tidak asing dalam dunia digital marketing. Afiliasi yaitu cara promosi dengan kolaborasi bersama akun media sosial yang sudah besar.

Anda dapat memesan konten yang sesuai dengan value produk Anda. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan survei untuk menemukan akun media sosial yang memiliki pasar sama dengan produk Anda. Sehingga, target promosi sesuai.

Selain menggunakan strategi afiliasi, Anda juga dapat menggunakan sejumlah strategi digital marketing yang dirangkum KiriminAja.

Beberapa di antaranya adalah SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), Content Marketing.

Sedangkan untuk strategi logistiknya, Anda cukup klik tautan dashboard KiriminAja ini. Daftarkan diri Anda dan dapatkan berbagai pilihan jasa kurir dengan harga masuk akal.

KiriminAja memang berkomitmen mendukung pelaku bisnis untuk tidak takut menghadapi resesi 2023. Karena itulah harga jasa kurir di KiriminAja berbeda dengan harga di luar sana. Soalnya ada beberapa promosi khusus untuk Anda pelaku bisnis yang berani.

KiriminAja berusaha memberi harga masuk akal agar cashflow jadi aman, bisnis Anda tumbuh dengan konsisten, sehingga hati pun jadi tenang.

Jadi, tolong diingat ya, praktik digital marketing yang baik selalu diikuti dengan praktik operasional bisnis yang baik pula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.