Fungsi dan Peran Buzzer dalam Dunia Bisnis

Updated September 28, 2022 • Created 7 bulan yang lalu
Fungsi dan Peran Buzzer dalam Dunia Bisnis

Tidak mungkin untuk menghindari penggunaan media sosial di hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari di lingkungan teknologi saat ini. Bahkan jika Anda menggunakan media sosial, Anda mungkin tidak menemukan istilah buzzer.

Meskipun sebagian besar dari Anda mungkin tidak akrab dengan istilah ini, apakah Anda menyadari bahwa itu selalu ada setiap kali ada masalah viral atau populer di internet? Istilah buzzer diartikan sebagai alat pemasaran, khususnya berdengung, dan berkembang menjadi metode untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas seorang tokoh atau partai politik.

Banyak orang pertama kali salah mengartikan ungkapan ini untuk merujuk pada layanan yang berhubungan dengan tema politik tertentu dan berguna untuk kampanye media sosial oleh orang atau kelompok politik yang berusaha mengalahkan lawan politik.

Apa itu Buzzer?

Arti buzzer dalam kamus yaitu sebuah lonceng atau alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan simbol tertentu dari suatu kondisi. Namun, di era teknologi dan digital saat ini, ungkapan tersebut telah migrasi ke ranah media sosial.

Di media sosial, buzzer berfungsi sebagai manusia atau organisasi yang berfungsi sebagai lonceng bagi orang lain di sekitarnya. Mereka berbagi pengetahuan tentang topik terpanas hari itu dari sudut pandang unik mereka. Biasanya, buzzer ini memiliki penggemar alami yang terlibat dan bersemangat untuk mendukung komentar dan ulasan buzzer.

Seorang buzzer memiliki kemampuan untuk membangkitkan minat audiens agar mereka mendukung dan mempelajari lebih lanjut tentang suatu masalah atau produk. Alhasil, dari aspek komunikasi bisnis, buzzer bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan bagi kaum milenial saat ini.

Tantangan Menjadi Buzzer

Meskipun menjadi salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi, ini bukan tugas yang sederhana. Jika Anda memilih rute profesional ini, Anda harus mahir dalam pengolah kata dan terbuka untuk ide-ide baru. Saat mempromosikan suatu produk, Anda harus berhati-hati agar tidak terlihat secara terbuka atau agresif memasarkannya. Hal ini juga berlaku saat menyajikan informasi.

Buzzer mengkomunikasikan informasi dengan cara yang tenang dan kaya data, memastikan bahwa pengikut memahami dan tidak bingung dengan apa yang dikatakan. Ketika mereka gagal menyampaikan informasi yang jelas dan menyeluruh, pengikut mereka menjadi bingung, dan pesan yang dimaksudkan hilang.

Selain hal tersebut di atas, buzzer harus dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru. Mereka biasanya harus membahas atau menjelaskan produk atau topik yang sama lebih dari sekali.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Buzzer

Untuk menjadi buzzer yang banyak pengikutnya dan diminati oleh para pelaku usaha dan pemangku kepentingan, seseorang perlu memiliki berbagai kompetensi di berbagai sektor. Buzzer tidak hanya harus mampu memproses kata-kata, tetapi mereka juga harus memiliki sejumlah kemampuan tambahan. Ada enam talenta penting untuk pekerjaan ini, khususnya di bidang bisnis, di bawah ini:

  1. Menganalisis produk dari sudut pandang lain

    Pertama, seseorang di bidang ini harus mampu menilai situasi secara kritis dari berbagai perspektif. Penggemar setia mengatakan bahwa analisis buzzer untuk suatu produk atau layanan adalah referensi. Buzzer pasti akan memperhatikan poin-poin penting dari setiap produk atau layanan yang diulasnya. 
  2. Menguasai copywriting

    Copywriting adalah kemampuan untuk membuat narasi menggunakan ulasan untuk menarik minat audiens untuk membeli dan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Keterampilan ini dianalogikan dengan dapat langsung mengiklankan sesuatu dengan menawarkan ulasan dan testimoni yang asli. Ketika salinan biasanya soft dan hard selling, bel khusus yang wajib digunakan copywriting adalah softselling. Ini karena pengikut dan audiens lebih suka mendengar ulasan produk dari buzzer daripada membeli barang secara langsung.
  3. Berbicara di depan umum

    Selanjutnya, tidak cukup jika seorang buzzer tidak memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik. Misalnya, jika seseorang tidak memiliki kemampuan berbicara di depan umum, ia pasti akan kesulitan menyajikan hasil analisis, ulasan, perbandingan, dan rekomendasi tentang kelebihan dan kekurangan suatu produk atau layanan. Ini bukan hanya masalah bermain dengan kata-kata, tetapi juga mengembangkan intonasi dan bahasa tubuh yang dapat dipercaya bagi pendengarnya.

  4. Desain grafis

    Hal ini diperlukan untuk dapat mengisi kolom situs web, feed Instagram, Facebook, dan posting Twitter, dan membuatnya lebih menarik untuk diselidiki secara mendalam. Mereka biasanya membutuhkan keterampilan desain grafisnya untuk menonjolkan fitur suatu produk atau layanan. Pemanfaatan software editing grafis seperti CorelDraw , Photoshop, Photoscape, Canva, dan lain-lain. Program ini untuk membantu pemirsa yang tidak menyukai dan tertarik dengan ulasan berbasis teks dan penceritaan audio visual dalam video.

  5. Pengeditan video

    Video akan memudahkan buzzer untuk mengirimkan pesan mengenai informasi produk dan layanan. Tentu saja, karena media video lebih menyukai audio visual, video alternatif ini populer di kalangan penonton. Buzzer satu arah ini biasanya memanjakan penonton dengan menggunakan audio visual.

Melakukan kampanye untuk tujuan pemasaran seperti pekerjaan sehari-hari bagi buzzer. Mereka perlu membuat dan kampanye email yang relevan sesuai dengan segmen pelanggan atau pelanggan mereka. Perangkat Lunak Otomasi Pemasaran All-in-One dapat membantu membuat kampanye dan juga mempersonalisasi kampanye Anda sesuai dengan preferensi, pertanyaan, dan jenis bisnis penerima.

Apa Fungsi dan Peran Buzzer untuk Bisnis?

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, memiliki enam talenta membutuhkan penggunaan buzzer. Ini ada hubungannya dengan buzzer profesional yang digunakan dalam bisnis. Jika tugas buzzer adalah menyampaikan ulasan dan rekomendasi kepada audiens yang sudah mereka miliki.

 

  1. Mendatangkan Pelanggan Baru

Audiens memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi konsumen setelah mendapatkan informasi dari buzzer. Masyarakat dapat memperoleh informasi melalui video review di channel YouTube, text narration di blog, foto atau caption termasuk review di Instagram, dan lain sebagainya.

Setelah audiens menerima informasi, buzzer akan memberikan rekomendasi serta kode referensi untuk mendapatkan diskon khusus saat membeli barang.

Proses bisnis terjadi pada titik ini. Ketika pembeli menggunakan kode rujukan atau kode promo dari mereka untuk membeli produk atau layanan, pengulas menerima komisi. Namun, karena tidak selalu menerima jumlah uang yang sama untuk setiap proyek, panggilan ini diklasifikasikan sebagai pekerja lepas.

  1. Membantu Memanajemen Bisnis dengan Tepat

Sebagai buzzer yang bekerja tanpa batasan waktu dan aturan ketat layaknya pekerja kantoran, tentunya seorang influencer harus pandai mengelola semua pekerjaannya.

Seperti mengatur janji, pengingat jadwal & pemberitahuan untuk pemesanan pesanan untuk layanan mereka, dll. Sistem terbaik untuk membantu Anda menjalankan setiap aspek bisnis layanan Anda secara otomatis dan memaksimalkan pendapatan Anda adalah Sistem ERP Terbaik Singapura untuk Layanan Profesional.

Dapat kita simpulkan bahwa buzzer adalah seseorang atau sekelompok orang yang mendapatkan bayaran atas jasanya dalam mempromosikan, mengkampanyekan dan menyuarakan sesuatu. Pada dasarnya, pemangku kepentingan bisnis membayar dan menggunakan layanan mereka sebagai sarana pemasaran atau periklanan, sebagai strategi bisnis untuk mengiklankan produk. Opsi buzzer bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnismu terutama jika kamu sedang melakukan sebuah campaign atau program yang mempromosikan produk kamu.

Setelah produk kamu sukses dalam promosinya jangan lupakan untuk mempersiapkan opsi pengiriman yang melayani sistem COD ya, karena konsumen saat ini lebih memilih opsi pembayaran di tempat atau Cash on Delivery karena mereka merasa lebih aman ketika sudah memegang barang yang mereka beli baru membayarnya. Tapi tenang, kini ada aplikasi yang bernama KiriminAja.


Satu aplikasi multi fungsi yang permudah semua urusan pengirimanmu, dengan berbagai fitur mulai dari bebas pilih ekspedisi, bisa reqeust pickup bahkan hingga pencairan dana COD harian. Banyak bukan fiturnya? yuk cobain KiriminAja.


Pakai KiriminAja, Bebas Pilih Ekspedisi, Permudah Kirimanmu.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dwika
Author
Dwika
Tags Bisnis Buzzer
Bagikan