Ibu Rumah Tangga juga Bisa Berbinis Lho Dengan Ide-ide Jualan Berikut Ini

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
ide jualan makanan untuk ibu rumah tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentunya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, namun mungkin kadang Anda berpikir ingin menambah penghasilan keluarga tanpa harus meninggalkan rumah dan tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Ide jualan apa ya untuk ibu rumah tangga?

Anda mungkin juga merasa bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana. Ditambah lagi jika khawatir modal tidak cukup atau tidak memiliki modal sama sekali, atau waktu yang tidak cukup untuk berbisnis.

Nah! Jangan khawatir! Karena di artikel ini kami akan memberikan beberapa ide jualan bagi Anda yang seorang ibu rumah tangga.

Ide-ide ini tidak membutuhkan modal besar, keterampilan khusus, atau waktu yang lama. Anda hanya perlu kreativitas, semangat, dan internet. Sudah siap? Yuk mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

Ide Jualan Umum untuk Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa ide jualan yang bisa Anda pakai jika ingin menambah penghasilan sembari mengerjakan dan mengurus rumah, tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang bagus karena di rumah pun Anda bisa menghasilkan uang.

Lalu apa saja ide jualan umum untuk ibu rumah tangga? Ini dia jawabannya:

Kerajinan Tangan

Sebagai ibu rumah tangga yang pastinya cekatan dan terampil, kerajinan tangan bisa jadi ide pertama sebagai bisnis yang bisa dijalankan di rumah.

Anda bisa membuat dan menjual berbagai produk kerajinan tangan, seperti tas, dompet, bros, gelang, kalung, gantungan kunci, dan lain-lain.

Bahan-bahan kerajinan tangan mudah dicari seperti kain perca, kertas, manik-manik, benang, dan lain-lain. Selain itu, Anda bisa belajar cara membuatnya dari internet.

Dengan demikian, Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga, namun hasilnya akan sangat efektif dan efisien.

Produk Kecantikan dan Perawatan

Sebagai ibu rumah tangga, Anda tentunya familiar dan banyak mengenal produk kecantikan, perawatan dan produk sehari-hari di rumah.

Nah karena itu, Anda bisa mulai mencoba untuk menjual produk kecantikan dan perawatan, seperti sabun, sampo, lotion, masker, scrub, dan lain-lain. Anda bisa membuat produk Anda sendiri dari bahan-bahan alami, seperti madu, lidah buaya, minyak kelapa, dan lain-lain.

Namun jika Anda memiliki sedikit waktu untuk itu, tak perlu risau karena Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper online. Atau bisa juga membeli barangnya di swalayan murah lalu menjualnya lagi.

Pakaian Anak-anak

Pakaian anak-anak pastinya adalah salah satu jenis barang yang sudah sangat dihafal para ibu rumah tangga.

Itu bisa dijadikan ide bisnis, Anda bisa menjual pakaian anak-anak, seperti baju, celana, rok, dress, kaos, dan lain-lain.

Untuk menjual pakaian anak-anak Anda, Anda bisa menggunakan platform online, seperti marketplace, media sosial, atau blog.

Anda bisa mempromosikan pakaian Anda dengan menampilkan foto-foto yang menarik, memberikan deskripsi yang jelas, dan memberikan testimoni dari pelanggan.

Ide Jualan Makanan untuk Ibu Rumah Tangga

Jika Anda adalah ibu rumah tangga yang sangat hobi memasak atau sangat tertarik dengan makanan, maka hal itu bisa menjadi dasar dari bisnis Anda.

Apa saja idenya? Ini penjelasannya:

Masakan Rumahan

Masakan rumah tentunya bisa menjadi salah satu ide yang cemerlang dan brilian. Anda bisa menjual masakan rumahan, seperti nasi goreng, soto, rendang, ayam bakar, dan lain-lain.

Dengan keterampilan memasak dan bahan-bahan yang ada di dapur Anda. Anda bisa menyesuaikan menu Anda dengan selera dan kebutuhan pelanggan Anda. Anda bisa memberikan nilai plus pada masakan dengan branding “masakan bagi yang kangen rumah”.

Untuk menjualnya Anda bisa memakai sistem PO yang bisa disebar lewat status WA, Instagram story atau postingan maupun Facebook. Cukup sederhana namun menghasilkan ‘kan? Segera coba deh!

Kue dan Camilan

Ide lain yang bisa Anda jadikan bisnis adalah kue dan cemilan, seperti brownies, donat, kue kering, kue basah, pisang goreng, bakwan, dan lain-lain.

Anda bisa memanfaatkan keterampilan memanggang atau menggoreng Anda dan bahan-bahan yang ada di dapur.

Untuk menjual kue dan camilan ini, Anda bisa menggunakan metode yang sudah disebutkan sebelumnya seperti PO di WA, Instagram, maupun Facebook.

Tapi Anda juga bisa membuat toko online sendiri di marketplace, jangan lupa untuk susun etalase toko Anda semenarik mungkin agar banyak calon pelanggan yang tertarik.

Catering Khusus

Anda bisa menjual catering khusus, seperti catering sehat, catering diet, catering vegan, catering anak, dan lain-lain.

Sistem penjualan yang bisa Anda gunakan adalah dengan membuka pesanan dalam jumlah kecil maupun besar. Agar semakin menarik calon pelanggan lain, gunakan sistem diskon untuk setiap orang yang pertama kali membeli catering Anda.

Nah itulah beberapa ide sederhana namun menghasilkan bagi ibu rumah tangga yang bisa Anda coba. Ide-ide di atas sangat bisa Anda coba sebagai ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan.

Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan menggunakan jasa kirim yang aman dan cepat. Pastinya itu akan menambah nilai plus di mata konsumen atau calon pelanggan.

Nah KiriminAja sebagai agregator ekpedisi yang selalu mendukung UMKM dan usaha rumahan seperti bisnis ibu rumah tangga pastinya sangat siap membantu manajemen logistik bisnis Anda tanpa perlu adanya banyak effort yang keluar.

KirminAja sebagai aplikasi kirim paket #1 tentunya memiliki banyak fitur yang memudahkan Anda dalam berbisnis seperti manajemen inventory dan gudang, manajemen order, manajemen staff sampai pengiriman.

Semua itu bisa di atur hanya dengan satu jalan saja jadi Anda tak perlu ribet-ribet lagi mengatur banyak hal secara manual.

Cukup daftar gratis di Dashboard KiriminAja dan rasakan jadi partner kami. Mari nikmati kemudahan atur logistik bisnis yang bisa bebas tentukan margin profit bersama KiriminAja biar #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.