Ingin Berbisnis Online Sekarang Juga? Simak Uraian Macam-Macam Bisnis Online Berikut Yang Menjanjika

Updated May 18, 2022 • Created 6 bulan yang lalu
Ingin Berbisnis Online Sekarang Juga? Simak Uraian Macam-Macam Bisnis Online Berikut Yang Menjanjika

Tahukah Anda, bila di era yang serba digital seperti sekarang ini semuanya terkesan serba online. Apalagi ditambah dengan adanya pandemi covid 19 yang tak kunjung selesai juga. Akan tetapi, ada kesempatan terbuka yang dapat Anda manfaatkan di kala wabah pandemi covid 19 ini. Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut, yaitu dengan mencoba macam-macam bisnis online.

Bisnis online merupakan sebuah usaha untuk menghasilkan uang yang dapat dilakukan secara mandiri maupun bekerja sama dengan orang lain. Bisnis online juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, macam-macam bisnis online dapat diklasifikasikan berdasarkan kategori produk, lokasi penjualan, dan sasaran dari bisnis online tersebut.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang makin pesat juga memberikan peluang bagi Anda yang ingin berbisnis secara online. Jejaring online yang makin meluas juga membuat banyak opsi bisnis yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Berikut ini ada macam-macam bisnis online menjanjikan yang dapat menjadi pilihan Anda. 

Sebelum Anda memulai untuk berbisnis secara online, Anda perlu memahami etika-etika dalam menjalankan suatu bisnis. Walaupun ada macam-macam bisnis online yang bisa Anda lakukan sendiri, tetapi etika ini perlu Anda tuangkan dalam setiap langkah ketika sedang berbisnis. 

Di bawah ini ada macam-macam etika dalam berbisnis yang perlu Anda pahami, yaitu:

  1. Prinsip Otonomi

Orang yang berperan sebagai pelaku macam-macam bisnis online harus berprinsip otonomi. Orang tersebut bebas memilih bisnisnya sesuai dengan kemampuan dan kapasitas diri yang dimiliki.  Dengan begitu bisnis yang akan dijalani dapat berkembang sesuai dengan targetnya. 

  1. Berjiwa Jujur

Dalam melakukan macam-macam bisnis online harus menerapkan jiwa kejujuran. Dengan menerapkan jiwa kejujuran dalam berbisnis online, tentu saja akan meningkatkan reputasi Anda sebagai pelaku bisnis. Sehingga Anda akan selalu dipercaya oleh konsumen maupun rekan bisnis Anda. Selain itu, tidak akan merugikan pihak lain ketika memperoleh keuntungan.

  1. Menerapkan Keadilan

Tujuan utama dalam melakukan macam-macam bisnis online tentu saja untuk memperoleh keuntungan. Akan tetapi, perlu berlaku adil terhadap pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis Anda seperti pelanggan maupun kompetitor bisnis. Dalam berbisnis online juga harus selalu berlaku sportif.

Setelah Anda mengetahui etika-etika dalam berbisnis, sekarang Anda dapat menentukan metode bisnis online mana yang diinginkan. Metode ini dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas diri yang dimiliki. Berikut ini macam-macam bisnis online berdasarkan pada metode operasinya, yaitu:

  1. Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu macam-macam bisnis online. Bisnis online ini memiliki metode operasi di mana Anda tidak perlu mempunyai barangnya terlebih dahulu ketika berjualan. 

Nantinya, Anda tinggal meneruskan pesanan ke pihak pemasok lalu pihak pemasok akan mengirimnya langsung ke pelanggan Anda. Jadi harga yang Anda tawarkan ke pelanggan dapat bervariasi sesuai keinginan Anda.

Metode dari macam-macam bisnis online ini tidak perlu membuat Anda menyimpan banyak produk yang ingin Anda jual. Sehingga modal yang dibutuhkan dapat ditekan seminimal mungkin. Selain itu, risiko dalam menguji produk yang akan dijual juga lebih kecil. Maka dari itu Anda tidak perlu menangani produk yang ingin dijual secara langsung.

Metode dropshipper juga dapat dilakukan oleh siapa saja. Tidak perlu keahlian khusus untuk menjalankan bisnis online ini. Anda hanya memerlukan sedikit modal dan mulai menjalankan macam-macam bisnis online tersebut. Salah satunya adalah dropshipper.

 

  1. Reseller

Salah satu macam-macam bisnis online lainnya yang menjanjikan adalah reseller. Metode satu ini melibatkan Anda untuk membeli produknya terlebih dahulu lalu menjualnya kembali. Jadi, Anda perlu menyimpan produk tersebut sebagai stok sebelum dijual kembali kepada pelanggan.

Reseller merupakan salah satu peluang dari macam-macam bisnis online yang bisa Anda manfaatkan. Menjadi seorang reseller juga tidak membutuhkan keahlian khusus. Bagi Anda yang tidak mempunyai waktu dan pengetahuan memproduksi barang penjualan sendiri, reseller bisa menjadi pilihan Anda. Ada juga reseller yang menjual produk bekas sendiri yang tidak diperlukannya lagi.

 

  1. Self-Manufacturing

Self-Manufacturing atau metode memproduksi sendiri juga termasuk dalam macam-macam bisnis online. Lebih tepatnya, yaitu Anda harus melakukan seluruh kegiatan bisnis dari awal sampai akhir. Mulai dari kapasitas produksi, kegiatan distribusi, strategi pemasaran, dan yang lainnya.

Bagi seorang pelaku bisnis ini, tentu saja membutuhkan keahlian khusus untuk menunjang salah satu macam-macam bisnis online ini. Apabila produk terjual dengan sukses, maka keuntungan bersih yang diperoleh akan lebih besar. Akan tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah biaya dan waktu produksinya.

Pastikan metode operasi yang telah Anda tentukan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas diri yang dimiliki. Selanjutnya, Anda tinggal menentukan tempat berjualan yang paling cocok menurut situasi dan kondisi Anda. Ada macam-macam bisnis online berdasarkan dengan tempat penjualannya, antara lain:

  1. Media Sosial

Media sosial dapat Anda manfaatkan sebagai tempat penjualan produk macam-macam bisnis online. Berjualan di sini bisa dibilang yang paling mudah dan paling sederhana untuk dilakukan. Anda tinggal membuat akun di berbagai platform media sosial yang dapat digunakan untuk berjualan. Kemudian, Anda tinggal langsung memasarkan produk-produk yang akan ditawarkan. 

Selain itu, jangkauan dari pemasaran melalui media sosial sangatlah luas sehingga cocok untuk usaha macam-macam bisnis online. Anda hanya perlu membuat akun bisnis dengan konten yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk membeli di media sosial Anda. Mudah sekali bukan?!

 

  1. Website Milik Sendiri

Dalam melakukan kegiatan macam-macam bisnis online ini, bisa promosi melalui website milik sendiri. Anda dapat mengembangkan website tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. 

Dengan melalui website milik sendiri, memungkinkan Anda untuk mengontrol semuanya yang berhubungan dengan aktivitas pembelian, iklan, hingga keamanan dalam pembayaran. Akan tetapi, terkadang website yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan error yang menghambat aktivitas bisnis online ini.

 

  1. E-commerce

E-commerce dapat menjadi pilihan platform kegiatan untuk berjualan macam-macam bisnis online Anda. Melalui platform online marketplace ini, Anda tidak usah memikirkan pembuatan websitenya maupun keamanan dalam transaksinya. Hal tersebut telah diatur oleh platform online marketplace yang Anda pilih. Sehingga Anda bisa langsung menggunakan platform tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Di sisi lain, menggunakan e-commerce sebagai platform bisnis online juga memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu jangkauan pasar terbatas karena dipengaruhi oleh jumlah pengguna yang menggunakan platform tersebut. Selain itu, dipengaruhi juga oleh kompetitor sejenis yang sama-sama menggunakan platform tersebut. Akan tetapi, Anda dapat membuat strategi jitu untuk bersaing dengan kompetitor lainnya agar usaha macam-macam bisnis online Anda sukses.

Dari uraian di atas, Anda telah mengetahui macam-macam bisnis online dan tata cara pengelolaannya. Pastikan Anda memilih opsi bisnis online yang paling sesuai dengan kemampuan dan kapasitas diri Anda. Hal ini bertujuan agar bisnis online yang Anda jalankan tidak terhambat di kemudian hari karena ketidaktahuan Anda mengenai opsi tersebut. Selamat mencoba!

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Ruth
Author
Ruth
Bagikan