Bisnis Onlinemu Belum Jadi Juara? Yuk, Collab dengan Content Creator

Ruth
1 tahun lalu
Ecommerce
Alasan menggunakan content creator untuk bisnis

Content creator adalah orang yang berprofesi membuat konten dengan tujuan promosi bisnis. Dengan sejumlah variasi alasan menjadi content creator, Indonesia adalah gudang berbagai selebritas media sosial yang tidak ada habisnya.

Ada banyak jenis bisnis content creator, seperti menghasilkan konten, kolaborasi, review produk, iklan, dan lain sebagainya. 

Sebagai seller online, Anda dapat menggunakan berbagai jenis konten tersebut untuk menjadi sarana pemasaran bisnis.

Seorang content creator membuat konten sesuai dengan tujuan tertentu. Salah satu tujuan yang umum ditemui adalah meningkatkan brand awareness sebuah brand di media sosial.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, seorang content creator harus memberikan informasi, relevansi, dan persona yang menarik di mata audiensnya.

Saat mencari content creator sebagai sarana marketing, maka Anda harus memahami sejumlah faktor.

KiriminAja mencoba membantu Anda memahami dan mengurai lebih lanjut bagaimana content creator mengejar exposure dan hubungannya dengan kebutuhan marketing Anda. Yuk, kita pahami semuanya di sini.

Alasan Menjadi Content Creator

Setelah memahami apa itu content creator, mari kita pahami kenapa banyak orang tertarik jadi content creator.

Selama beberapa tahun belakangan, tren mencari penghasilan dari membuat konten digital meningkat pesat. Pandemi Covid-19 membuat tren tersebut makin meroket.

Sebagai contoh ekstrim, makin mudah menemukan anak kecil yang bercita-cita jadi seleb TikTok daripada mencari anak kecil yang bercita-cita jadi ilmuwan.

Ada banyak keuntungan menjadi content creator. Keuntungan itu didapatkan dari berbagai aspek terkait konten, seperti jasa membuat konten, pendapatan iklan, endorse, atau collab dengan brand. 

Berbagai keuntungan dan keunggulan tersebut akhirnya berubah sebagai motivasi atau alasan menjadi content creator.

Berikut ini sejumlah alasan ingin menjadi content creator:

  • Content creator tidak punya atasan sehingga ia mandiri dan bebas mengatur strategi kerjanya sendiri
  • Menjadi content creator bisa dilakukan sebagai kerja sampingan
  • Menjadi content creator berarti bisa kerja di mana saja dan kapan saja
  • Content creator punya kebebasan membuat persona atau membahas topik apa pun sesuai keinginannya
  • Content creator bisa memberikan informasi dan atau fakta baru ke publik
  • Tidak dibutuhkan pengalaman teknis/spesialisasi tertentu untuk jadi content creator.

Dengan berbagai alasan tersebut, content creator punya fleksibilitas lebih tinggi dibanding sarana/platform periklanan lain. Kabar baiknya, dengan fleksibilitas tinggi tadi, tarif content creator jauh lebih murah dibanding platform periklanan lain.

Maka, keahlian seorang content creator bisa membantu Anda menjalankan strategi digital marketing dengan harga terjangkau. Adanya konten berkualitas, tepat sasaran, dan punya harga terjangkau akan lebih memudahkan Anda memasarkan suatu produk.

Manfaat Content Creator untuk Promosi Bisnis

Di bawah ini dipaparkan alasan perlunya content creator untuk kebutuhan promosi bisnis, terutama Anda yang mengandalkan strategi content marketing. Berikut penjelasan mengenai alasan tersebut:

Memudahkan Membuat Konten Menarik

Anda membutuhkan konten yang menarik juga berkualitas untuk menjalankan strategi content marketing. Konten diperlukan untuk memenuhi beberapa aspek, seperti SEO dan target audiens.

Realitanya terdapat 65% perusahaan  kesulitan dalam memproduksi konten yang menarik, namun dengan bantuan peran content creator, kamu bisa memproduksi konten menarik secara konsisten.

Memiliki Ide yang Kreatif

Konten menarik dan orisinil biasanya lahir dari ide kreatif. Tidak hanya menarik, konten juga penting untuk perlu sesuai dengan tujuan bisnis anda. Jadi hasil promosi konten yang Anda buat bisa sukses sesuai target. Maka dari itu, penting sekali seorang content creator memiliki kreativitas yang baik.

Kemampuan Riset yang Baik

Mendapat konten yang baik bisa didapatkan melalui berbagai cara, salah satunya dengan melakukan riset, langkah ini akan membuat konten Anda sesuai dengan yang dibutuhkan target pembaca.

Maka dari itu, seorang content creator perlu memiliki kemampuan riset yang baik. Terdapat banyak cara untuk bisa melakukan riset, seperti tools dari Google atau laporan dari dashboard KiriminAja.

Menguasai Tools Pendukung

Tools pendukung penting untuk mendukung skill dan pemahaman yang baik agar hasil karya lebih maksimal. Contohnya, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik dan dapat menarik pelanggan.

Seorang content creator setidaknya juga dapat  menguasai beberapa tools analytics seperti Google Analytics untuk memantau, mengevaluasi, serta memaksimalkan kinerja konten.

Kemampuan Komunikasi Baik

Content creator adalah ia yang berhasil dan memiliki kemampuan komunikasi unggulan. Skill ini penting supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam berkoordinasi dengan Anda. Jadi, project yang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik.

Memahami SEO

Menjadi content creator juga harus memahami teknik SEO supaya strategi content marketing berjalan maksimal. Teknik SEO bisa membantu konten lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Anda juga perlu memberitahu tujuan bisnis Anda kepada pelanggan untuk menghasilkan konten yang sesuai.

Divisi Content Creator Adalah Senjata Ampuh dengan Harga Terjangkau

Jika bisnis Anda ingin memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness, maka sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk memiliki divisi content creator dalam tim pemasarannya. Mari kita bahas alasan memilih divisi content creator.

Konten yang bagus, kreatif, konsisten, dan sesuai dengan branding bisnis Anda adalah salah satu cara terbaik menjangkau konsumen secara online.

Tujuannya jelas, agar konten yang dibuat oleh divisi content creator dapat meningkatkan engagement dan interaksi bisnis Anda dengan konsumen.  Ujungnya, jangkauan itu akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan begitu, memiliki divisi content creator di bisnis Anda adalah kunci perusahaan menghasilkan konten yang menarik, relevan, meningkatkan traffic, dan menaikkan engagement di berbagai platform marketing bisnis.

Sehingga, bisnis Anda dapat memperluas jangkauan pasar serta memberi citra positif pada aktivitas branding.

Kerja Sama dengan Content Creator untuk Sukseskan Bisnis Anda

Memiliki divisi content creator memang menguntungkan. Akan tetapi ada beberapa alasan memilih content creator bisa jadi pilihan terbaik bagi bisnis Anda.

Content creator, dengan berbagai citra positif yang dimilikinya, sangat dibutuhkan dalam strategi marketing bisnis Anda. Bekerja bersama content creator tidak hanya menguntungkan bisnis Anda tapi juga mendatangkan profit bagi sang pembuat konten.

Hanya saja, Anda perlu memastikan sejumlah faktor di kontrak kerja sama. Setidaknya, Anda harus bisa mengkolaborasikan tujuan content creator dengan tujuan Anda. Karenanya, ada sejumlah faktor yang harus jadi fokus utama Anda.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait kerja sama dengan content creator:

  • Tentukan tujuan kerja-samanya. Anda perlu menetapkan sejumlah indikator yang masuk akal dan berbasis data untuk menentukan tujuan tersebut.
  • Buatlah daftar berisi berbagai nama content creator yang sesuai dan potensial dengan bisnis Anda.
  • Buatlah kisaran harga yang sesuai dengan dana marketing Anda. Ada banyak content creator di Indonesia dengan tarif yang berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu menetapkan harga terlebih dulu.

Anda juga perlu memperhatikan platform content creator itu eksis. Sebagai contoh, content creator di TikTok akan lebih potensial mendulang engagement dan exposure.

Untuk itu, Anda juga perlu memahami TikTok bagi bisnis Anda. Referensi KiriminAja ini membahas bagaimana dan kenapa TikTok adalah platform yang tepat untuk marketing bisnis Anda.

Cukup klik tautan di atas, lalu dipahami, dan kolaborasikan dengan bagaimana Anda menggaet content creator. Tujuannya agar praktik marketing Anda tidak sia-sia dan hanya membuang uang.

Dengan memahami wawasan di atas, Anda bisa lebih strategis memilih content creator sesuai kondisi bisnis.

KiriminAja sangat merekomendasikan kolaborasi dengan para pembuat konten. Karena content creator adalah kunci menjangkau pasar baru yang belum dijangkau bisnis Anda. Selamat mencoba…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.