Inilah Bedanya Cash On Delivery dan Sistem Transfer Untuk yang Suka Belanja Online

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
158
Inilah Bedanya Cash On Delivery dan Sistem Transfer Untuk yang Suka Belanja Online

Saat ini semua orang sudah menyukai belanja online karena lebih praktis tanpa harus ke luar rumah, dan yang sering belanja online pasti sudah familier bahkan mungkin sudah paham adanya berbagai metode pembayaran yang terdapat dalam transaksi belanja online. Macam-macam pembayaran untuk belanja online adalah seperti kartu kredit, transfer lewat ATM, debit online, virtual account, dan cash on delivery atau biasa disingkat COD.Yang paling biasa digunakan adalah transfer lewat ATM dan sistem cash on delivery.

 

Perbedaan COD dan Transfer

COD adalah sebuah metode pembayaran yang memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran secara tunai saat barang pesanan sudah diantar oleh kurir. Awalnya, sistem ini merupakan sebuah solusi untuk pembeli yang belum familier dengan pembayaran secara online sekaligus untuk mendapatkan kepercayaan pembeli karena barang sudah sampai terlebih dahulu di tangan baru membayar.

Sedangkan transfer lewat ATM juga biasa disebut dengan cash before delivery, yaitu sistem pembayaran yang dilakukan oleh pembeli sebelum barang dikirim oleh penjual. Dilihat dari penjelasannya, memang cash on delivery lebih disukai oleh para pembeli, namun bukan berarti transfer bank tidak digunakan lagi, nyatanya masih banyak orang yang menggunakan sistem pembayaran transfer bank saat belanja online. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan dari kedua sistem tersebut agar yang belanja online pemula familier.

 

Jadi, dari pengertian di atas sudah diketahui bahwa perbedaan dari kedua sistem pembayaran ini adalah dari segi sistem pembayarannya, di mana sistem transfer pembayaran dilakukan sebelum barang dikirim, transfer biasanya dilakukan secara cashless dan lewat apa saja, bisa lewat mobile banking atau internet banking.

Sedangkan dalam sistem cash on delivery pembayaran dilakukan saat barang sudah tiba di alamat tujuan. Jika diperhatikan, COD memang lebih disukai karena lebih terpercaya karena pembeli bisa memeriksa dulu keadaan barang yang sampai sebelum melakukan pembayaran dan juga dinilai lebih aman.