Instagram vs TikTok, Mana yang Ampuh Buat Bisnis Online?

Akhmad Ilham Cahyono
2 bulan yang lalu
Teknologi Bisnis
Instagram dan TikTok, ampuh mana?

Kamu lagi galau memilih mana antara Instagram atau TikTok cocok buat naikin level bisnismu? Mungkin kamu ingin membandingkan Instagram vs TikTok agar tahu mana nih yang cocok buat binis online ataupun pemula.

Gausah khawatir, di sini kita bakal urai satu per satu biar kamu bisa yakin dengan pilihanmu. Yuk, kita mulai pembahasannya di bawah ini:

Mengenal Instagram

Bayangin Instagram itu seperti sebuah majalah digital yang tiap halamannya penuh dengan foto dan video yang estetik.

Dari fitur postingan reguler yang bisa berupa foto atau video, sampai Instagram Stories yang cuman bertahan 24 jam, platform ini emang dirancang buat kamu yang suka berbagi momen atau cerita secara visual.

Terus ada IGTV dan Reels, nih, yang bikin kamu bisa eksplor konten video lebih panjang atau yang lebih singkat dan dinamis.

Apa Sih Keuntungan Menggunakan Instagram untuk Bisnis Online?

Beberapa keuntungan dari Instagram adalah:

Audiensnya Luas Banget

Gak peduli target pasarmu remaja, dewasa, atau siapa pun, mereka ada di Instagram. Ini kesempatan emas buat kamu buat jangkau mereka. Jumlah pengguna Instagram juga banyak banget loh, ini bisa jadi pasar yang sangat luas buat bisnismu.

Fitur Bisnis yang Canggih

Instagram kasih kamu akses ke berbagai tools buat ngukur performa kontenmu. Dari sini, kamu bisa tau strategi mana yang works dan mana yang perlu dipoles lagi.

Ada juga fitur business di mana kamu bisa cek segala aktivitas seperti reach, engagement dan lain sebagainya yang berhubungan dengan performa bisnismu.

Branding yang Kuat

Dengan foto dan video yang menarik, brand kamu bisa lebih mudah dikenal dan diingat oleh audiens. Sekalinya kontenmu viral, kamu akan bisa menarik banyak calon pelanggan nih.

Mengenal TikTok

Kalau Instagram itu majalah digital, maka TikTok bisa dibilang panggungnya kreator video singkat.

Dengan segudang efek dan filter, ditambah fitur duet dan challenge, kamu bisa bikin konten yang unik dan berpotensi viral.

Apa Keuntungan Menggunakan TikTok untuk Bisnis Online?

Sekarang mari kita lihat benefit dari TikTok jika digunakan sebagai media promosi dan build bisnis:

Potensi FYP yang Tinggi

Gak perlu waktu lama, konten kamu bisa dilihat oleh jutaan orang, asal kamu tau cara bikin yang menarik. Ada cara-cara agar kamu bisa masuk di FYP. Dan kamu bisa membuat itu jadi senjata utama nih.

Audiens Muda yang Aktif

Generasi Z dan millennial dominasi TikTok. Kalau mereka target pasarmu, kamu berada di tempat yang tepat. Ini cocok buat kamu yang menjual produk-produk yang disenangi sama gen Z dan milenial.

Engagement yang Luar Biasa

Orang di TikTok gak cuma scroll dan nonton. Mereka aktif berinteraksi, yang artinya kesempatan buat brand kamu buat bangun koneksi. Membangun hubungan bisa kamu jalin dari sini, pastinya kamu harus aktif agar audiens merasa dekat denganmu.

Perbandingan Instagram vs TikTok

Ini adalah beberapa perbandingan Instagram vs Tiktok:

Audiens dan Demografi

Instagram menawarkan variasi audiens yang lebih luas, sementara TikTok lebih fokus ke generasi muda yang energik. Kuncinya adalah mengerti siapa yang mau kamu jangkau.

Jenis Konten dan Engagement

Di Instagram, visual yang indah dan estetik adalah raja. Sementara di TikTok, originalitas dan kreativitas dalam video yang berkuasa. Setiap platform punya 'bahasa'nya sendiri dalam berkomunikasi dengan audiens.

Fitur Bisnis dan Iklan

Meski keduanya menawarkan opsi untuk iklan, Instagram lebih ke arah targeting yang spesifik, sedangkan TikTok mengutamakan jangkauan dan engagement.

Penting buat menyesuaikan strategi iklanmu dengan karakteristik platform.

Memilih Platform yang Tepat untuk Bisnismu

Kamu harus memilih platfrom yang paling tepat dengan cara:

Menentukan Tujuan Bisnis

Apa sih yang lagi kamu kejar? Mau bangun kesadaran merek atau langsung kejar penjualan? Jawaban dari pertanyaan ini akan menuntunmu ke platform yang tepat.

Sumber Daya dan Kapabilitas

Realistis dengan apa yang bisa kamu lakukan juga penting. Pertimbangkan kemampuanmu dalam membuat konten yang menarik dan berkesinambungan.

Tips Sukses di Instagram dan TikTok

• Di Instagram: Fokuslah pada pembuatan visual yang ciamik dan interaksi dengan pengikutmu. Jangan lupa manfaatkan hashtag untuk meningkatkan jangkauan.

• Di TikTok: Berani bereksperimen dengan tren terkini dan jadilah autentik. Viralitas seringkali datang dari konten yang paling tidak terduga.

Memilih antara Instagram dan TikTok bukan tentang mana yang lebih baik secara umum, tapi tentang mana yang lebih cocok untuk bisnismu, tujuanmu, dan kemampuanmu dalam berkomunikasi dengan audiens.

Dengan memahami karakteristik masing-masing platform, kamu bisa lebih strategis dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaranmu.

Ingat, kesuksesan di media sosial bukan hanya tentang keberuntungan. Dibutuhkan pemahaman yang mendalam tentang platform yang kamu gunakan, kreativitas dalam membuat konten, dan konsistensi dalam berinteraksi dengan audiens.

Nah sekarang kamu sudah tahu gimana perbedaan Instagram vs Tiktok, kamu bisa menggunakan keduanya jika ada waktu dan mampu. Atau memilih salah satunya dan memaksimalkan itu.

Kalau promosi bisnismu sukses, pastinya akan banyak pesanan dan banyak pengiriman dong? Nah cara mengatasinya gimana nih biar kamu ga kerepotan?

Gampang kok, daftar sekarang di Dashboard KiriminAja, karena banyak fitur yang memudahkan kirim paketmu. KiriminAja adalah aplikasi kirim paket cepat yang bisa kamu andalkan, dengan fitur pick up kamu jadi ngga perlu repot buat antar ke ekspedisi, cukup duduk manis dan tunggu.

Yuk pakai KiriminAja sekarang!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.