Penting Lho Mengenali Istilah Pengiriman dalam Marketplace Berikut, Biar Bisnis Tak Kukut!

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
isitlah-pengiriman-di-marketplace

Sebagai seller online, menggunakan marketplace menjadi salah satu strategi yang bisa menaikkan penjualan. Namun, Anda mungkin pernah melihat beberapa istilah pengiriman dalam marketplace yang masih terasa asing.

Istilah tersebut muncul karena marketplace memiliki sistem yang juga bisa memberitahukan bagaimana status paket yang sedang Anda kirimkan ke pelanggan.

Mengetahui arti masing-masing istilah yang terlihat asing tersebut bisa menjadi tambahan wawasan dan ilmu bagi bisnis Anda. Dengan demikian Anda akan selalu update dengan perkembangan dan terlihat profesional di depan konsumen jika ada yang bertanya.

Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir sebab KiriminAja akan menjelaskan istilah-istilah tersebut beserta keterangannya di bawah ini.

Beberapa Istilah Pengiriman yang Ada di Dalam Marketplace

Marketplace saat ini banyak digunakan karena dinilai mudah dalam melakukan penjualan dan mendukung bisnis online baik itu bagi pemula maupun yang sudah berkecimpung lama di dalamnya.

Anda pasti sudah tahu jika terdapat beberapa istilah pengiriman yang tercantum selama proses transaksi. Namun ada juga beberapa istilah asing yang mungkin jarang kita dengar karena beberapa marketplace kadang menggunakan istilah yang berbeda-beda.

Istilah di bawah ini mungkin tak berbeda banyak dengan istilah-istilah pengiriman barang pada umumnya. Anda bisa membaca tentangnya di tautan tersebut untuk mencari perbedaan dan persamaannya supaya terhindar dari kesalahpahaman.

Berikut ini adalah list dari istilah pengiriman yang ada di dalam marketplace:

Ongkos Kirim

 Ini adalah biaya yang harus dibayar pembeli untuk pengiriman barang dari penjual ke alamat tujuan.

Estimasi Waktu Pengiriman

Perkiraan waktu yang diperlukan untuk pengiriman barang dari penjual ke alamat tujuan pembeli. Estimasi waktu pengiriman ini tergantung pada jarak antara penjual dan pembeli, metode pengiriman yang dipilih, dan juga kondisi cuaca.

Kurir

Individu yang bertanggung jawab untuk mengantarkan barang dari penjual ke pembeli hingga sampai ke alamat tujuan.

Metode Pengiriman

Cara atau pilihan pengiriman yang tersedia untuk dipilih oleh pembeli. Misalnya, pengiriman reguler, ekspres, atau pengambilan sendiri di toko offline.

Asuransi Pengiriman

Sebuah pilihan tambahan yang ditawarkan oleh beberapa marketplace untuk melindungi pembeli dari kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Atau bisa disebut garansi.

Resi Pengiriman

Berupa nomor atau huruf unik yang diberikan oleh jasa ekspedisi sebagai bukti pengiriman barang. Dengan nomor ini, status pengiriman barang bisa dipantau.

Dropship

Proses pengiriman barang yang dilakukan oleh penjual tanpa menyimpan barang di gudangnya. Ketika ada pembeli, penjual akan membeli barang tersebut dari supplier dan mengirimkannya langsung ke alamat pembeli.

COD (Cash on Delivery)

Metode pembayaran yang memungkinkan untuk membayar secara tunai saat barang sudah sampai di alamat tujuan.

Pick Up Point

Lokasi tempat pengambilan barang oleh pembeli, biasanya berupa cabang dari perusahaan kurir yang dipilih oleh pembeli.

Shipping Address

Ini berupa alamat lengkap yang memuat informasi seperti tujuan, nama, nomor telepon dan digunakan sebagai tanda atau acuan pengiriman barang.

Handling Time

Handling time adalah waktu yang diperlukan oleh untuk memproses pesanan Anda sebelum dikirim ke alamat tujuan. Handling time biasanya termasuk waktu verifikasi pembayaran, waktu packing, dan waktu pengepakan barang.

Delivery Time

Delivery time merupakan waktu yang diperlukan untuk proses pengiriman barang ke alamat tujuan. Pengiriman biasanya membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung pada jarak dan metode pengiriman yang dipilih

Biasanya metode pengiriman yang ekspress akan lebih cepat dari yang reguler. Ada pula metode same day yang artinya barang bisa sampai dalam satu hari, namun metode ini memiliki syarat maksimal jarak.

Free Shipping

Ini adalah istilah yang mengacu pada pengiriman barang tanpa biaya tambahan. Namun, biasanya free shipping memiliki syarat tertentu seperti minimum pembelian atau penggunaan metode pengiriman tertentu.

Biasa juga dikenal sebagai gratis ongkir dengan harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Bisa berupa minimum pembelian, follow toko dan berlaku pada produk tertentu saja.

Shipping Label

Sebuah label yang ditempelkan pada paket sebagai identitas pengirim dan penerima barang. Shipping label biasanya berisi alamat pengiriman, nomor resi pengiriman, dan nama pengirim dan penerima barang.

Di dalam marketplace shipping label biasanya dapat dicetak secara otomatis dengan barcode yang menunjukkan nomor resi. Anda pun tak perlu repot dan tinggal menempelkan di pesanan pembeli.

Shipment

Istilah paling umum yang mengacu pada proses pengiriman barang dari penjual ke alamat pembeli.

Signature Confirmation

Konfirmasi tanda tangan yang diperlukan ketika paket telah diterima oleh penerima. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya penipuan atau klaim barang tidak sampai.

Signature confirmation biasanya terjadi dalam metode COD. Jika pembayaran online biasanya hal ini akan muncul di bagian pesanan bertuliskan “selesaikan pesanan”.

Secara umum istilah di atas terdapat pada berbagai macam marketplace. Penting bagi Anda sebagai seller online untuk mengetahui artinya seperti penjelasan di atas. Hal ini berguna untuk membuat bisnis Anda tetap update dan berjalan lancar.

Anda juga bisa mempelajari sejumlah istilah pengiriman lain yang lebih luas. Untuk itu, KiriminAja sudah menyiapkan panduan dan kamus istilah shipping yang berguna untuk Anda sebagai online seller.

Dengan mempelajari kamus istilah shipping tersebut, Anda punya informasi status pengiriman paket yang lebih komprehensif.

Jika Anda merasa repot menggunakan marketplace karena manajemen produk yang ribet, kami punya solusinya untuk hal tersebut. Yaitu dengan KiriminAja.

Apa itu KiriminAja? Ini adalah platform agregator logistik yang memungkinkan Anda memberikan layanan berharga murah dengan kualitas pengiriman tetap reliable.

Tanpa marketplace Anda bisa mulai berjualan di sini dengan online store yang kami sediakan. Melalui online store tersebut, Anda bisa bebas lho mengatur margin profit dan manajemen produk. Ini akan membuat arus kas atau cash flow bisnis tetap aman.

Kabar baiknya, Anda tak perlu effort besar untuk itu, cukup daftar saja secara gratis di dashboard KiriminAja, maka semua masalah bisnis dan pengiriman bisa teratasi.

Segera buka online store Anda bersama KiriminAja di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.