Puasa Sehat, Bisnis Sehat Karena Jualan Produk Kesehatan di Ramadan

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
bisnis produk kesehatan ramadan

Produk kesehatan memiliki peluang yang cukup besar untuk dipasarkan di bulan Ramadhan. Karenanya, bisnis jual produk kesehatan ramadhan masih punya ceruk pasar yang tinggi. 

Pasalnya, umat Muslim yang berpuasa seharian pasti akan lebih memperhatikan kebugaran tubuhnya.

Peluang tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mencoba peruntungan di bulan Ramadhan ini. Siapa tahu ini bisa menjadi awal bisnis Anda untuk seterusnya lho.

Ada berbagai jenis peluang menjual produk kesehatan. Anda dapat memilih peluang yang paling memungkinkan, atau juga mengkombinasikan beberapa peluang.

Ini Dia Beberapa Peluang Bisnis Produk Kesehatan

KiriminAja telah merangkum peluang bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai usaha produk kesehatan. Berikut penjelasannya:

Produk yang Menunjang Puasa

Selama bulan Ramadhan, orang-orang akan mencari produk yang dapat membantu mereka berpuasa dengan nyaman. Misalnya, produk vitamin, mineral, atau suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan.

Produk yang Menunjang Aktivitas Fisik

Selama bulan Ramadhan, biasanya orang-orang akan menyesuaikan kembali jadwal aktivitas yang berkaitan dengan fisik. Misalnya olahraga di malam hari.

Untuk itu, produk-produk yang berkaitan dengan aktivitas fisik akan banyak diminati. Seperti makanan atau minuman penambah energi.

Produk Kesehatan untuk Penyeimbang Gula Darah

Di Indonesia, umumnya puasa dilakukan selama sekitar 14 jam setiap harinya. Hal tersebut  dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Anda dapat menawarkan produk-produk yang membantu menjaga keseimbangan gula darah. Misalnya makanan rendah gula, minuman penurun gula darah, dan sebagainya.

Produk Kebersihan dan Kebugaran

Agar stamina tubuh tetap terjaga, orang yang berpuasa akan lebih memperhatikan kebersihan dan kebugaran badan. Produk-produk seperti hand sanitizer, sabun cuci tangan, hingga masker dapat menjadi pilihan untuk jualan di bulan Ramadhan.

Produk Kesehatan yang Laku di Bulan Ramadhan

Setelah mempelajari peluangnya, selanjutnya Anda dapat menentukan produk apa saja sih yang mau dijual. Sehingga, Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan produk.

Berikut beberapa produk kesehatan yang KiriminAja rekomendasikan untuk dijual di bulan Ramadhan:

Vitamin dan Suplemen Kesehatan

Selama bulan Ramadhan, beberapa orang mungkin mengalami kekurangan nutrisi karena pola makan yang terbatas. Suplemen dan vitamin dapat membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi tubuh.

Suplemen yang cukup populer dicari orang yang berpuasa biasanya vitamin D dan suplemen zat besi. 

Air Mineral dan Minuman Elektrolit

Mengkonsumsi air yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. Air mineral dan minuman elektrolit dapat membantu menjaga hidrasi dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh

Produk Kebersihan dan Sanitasi

Setelah pandemi COVID-19, kebersihan dan sanitasi menjadi lebih diperhatikan. Anda dapat menjual produk kebersihan dan sanitasi, seperti sabun, hand sanitizer, dan disinfektan. 

Madu

Madu memiliki beberapa manfaat untuk orang yang berpuasa. Misalnya, sebagai sumber energi yang baik, mengurangi sakit tenggorokan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjadi gula alami yang sehat.

Apalagi, dalam riwayatnya Nabi Muhammad SAW juga suka mengkonsumsi madu. Pasti peluang menjual madu untuk orang yang berpuasa cukup besar.

Kurma

Selain madu, kurma juga merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Bahkan Beliau selalu mengkonsumsi kurma untuk membatalkan puasa.

Kurma sendiri memiliki banyak manfaat seperti sumber energi, menjaga kesehatan pencernaan, mengandung vitamin dan mineral penting, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Tips Agar Bisnis Produk Kesehatan di Bulan Ramadhan Sukses

Meskipun memiliki peluang bisnis yang baik, tetapi Anda perlu menyusun strategi agar usaha yang dijalankan berjalan lancar. Berikut beberapa tips yang telah KiriminAja rangkum untuk Anda:

Pelajari Tren Pasar

Pelajari tren pasar selama bulan Ramadhan terkait produk kesehatan. Seperti popularitas produk sejenis, preferensi konsumen, dan kebiasaan konsumen selama berpuasa.

Misalnya, kebiasaan buruk makan dan minum saat berbuka atau sahur. Sehingga Anda dapat menawarkan produk untuk memberikan solusi terbaik bagi mereka.

Riset Produk

Setelah mempelajari pasar, Anda dapat menentukan produk yang hendak dijual. Kemudian cari supplier yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Promosi

Buatlah rencana promosi yang maksimal. Anda dapat memanfaatkan berbagai media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Buatlah konten menarik yang berisi informasi dan kelebihan produk. Jangan lupa untuk menekankan manfaat apa saja yang diperoleh dari produk tersebut.

Menawarkan Produk yang Bervariasi

Produk yang bervariasi membuat konsumen memiliki banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, mereka akan lebih memilih belanja di toko Anda.

Kualitas Produk

Pastikan kualitas produk Anda selalu terjaga dan sesuai dengan standar kesehatan yang diperlukan. Hal ini akan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

Kerja Sama dengan Mitra

Bekerja sama dengan mitra atau influencer yang relevan dengan produk Anda dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas jangkauan pasar.

Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Hubungan baik dengan konsumen dapat menstabilkan angkat penjualan. Buatlah interaksi dengan konsumen di media sosial dengan responsif.

Respon pertanyaan atau keluhan konsumen terhadap produk dengan cepat dan profesional. Sehingga konsumen  tetap mempercayai produk Anda.

Berikan Layanan Pengiriman yang Baik

Untuk meningkatkan kepuasan berbelanja konsumen, Anda perlu memberikan layanan pengiriman yang optimal. Misalnya dengan memberikan penawaran dari berbagai jenis ekspedisi.

Hal tersebut dapat memungkinkan untuk konsumen memilih pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan. Seperti pengiriman cepat, pengiriman, hemat, dan lainnya.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu effort banyak untuk layanan optimal seperti itu. Cukup daftarkan bisnis Anda secara gratis ke dashboard KiriminAja.

Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Terus evaluasi dan perbaiki produk serta strategi bisnis Anda. Jangan takut untuk melakukan perubahan jika diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan keberhasilan bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.