Seller Online Wajib Tahu: 20+ Istilah Terlengkap dalam Kamus Jual Beli Online

Akhmad Ilham Cahyono
3 bulan yang lalu
Bisnis
Istilah COD

Tidak bisa dipungkiri bahwa maraknya jual beli online memunculkan bahasa-bahasa baru, dan akhirnya terkumpullah kamus istilah jual beli online.

Istilah dalam kamus jual beli online ini beberapa pasti sudah kamu kenal karena memang sudah umum, namun mungkin ada beberapa istilah yang terbilang unik namun make sense di gunakan.

Nah supaya tidak kudet, kita akan bersama-sama menjelajahi kamus istilah jual beli online agar transaksi berjalan mulus tanpa kebingungan.

Yuk simak di bawah ini:

Kamus Istilah Jual Beli Online Terlengkap

Berikut ini adalah beberapa istilah dalam kamus jual beli online yang harus kamu tahu:

Istilah COD (Cash On Delivery)

Siapa yang tak tahu istilah ini kan? COD atau Cash On Delivery adalah metode pembayaran yang dilakukan saat barang sudah sampai di tangan pembeli. Jadi, pembeli membayar saat menerima barang, tanpa harus transfer terlebih dahulu.

Ongkir (Ongkos Kirim)

Ongkir juga istilah yang sudah terkenal, ini adalah biaya pengiriman barang yang harus pembeli bayar. Pastikan kamu tahu ongkirnya sebelum memutuskan untuk bertransaksi agar tidak ada kejutan tak mengenakkan di kemudian hari.

Agan atau Gan

"Agan" atau "Gan" adalah sebutan yang digunakan untuk memanggil/menyapa sesama penjual atau pembeli. Asal kata agan adalah ‘juragan’. Jadi kata agan ini mirip dengan panggilan lain seperti “kak”, “mas”, “sis”, dan “bro”.

Nego

Nego berasal dari kata negosiasi atau tawar menawar. Nah, ini nih yang sering menjadi seni tersendiri di dunia jual beli online. Pembeli biasanya mencoba nego harga barang dengan penjual untuk mendapatkan penawaran terbaik.

No Afgan No Rosa

Jangan khawatir, ini bukan berita artis! Istilah ini sebenarnya mengacu pada penolakan untuk tawar-menawar. Jadi, kalau sudah ditetapkan harga, sebaiknya jangan mencoba untuk tawar lagi.

Maksud istilah itu adalah agar pembeli tidak menawar dengan harga yang ‘sadis’ seperti judul lagu dari penyanyi di atas.

Rekber (Rekening Bersama)

Rekber adalah jasa pihak ketiga yang bertindak sebagai perantara pembayaran antara penjual dan pembeli. Ini membantu mengurangi risiko penipuan. Banyak dipakai biasanya pada Facebook, jika kamu mencari rekber pastikan yang terpercaya ya.

Dropship

Jika kamu tidak memiliki stok barang, kamu bisa mencoba menjadi dropshipper. Artinya, kamu hanya perlu menjual barang tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. Stok dan pengiriman ditangani oleh pihak lain.

Reseller

Berbeda dengan dropshipper, reseller memiliki stok barang sendiri. Mereka membeli produk dengan harga lebih murah untuk dijual kembali dengan keuntungan.

OS (Official Store)

Jangan tertipu! Official Store adalah istilah yang digunakan untuk toko resmi dari brand tertentu. Pastikan kamu bertransaksi di official store untuk mendapatkan produk asli.

Mint Condition/Like New

Jika kamu melihat istilah ini, berarti barang tersebut dalam kondisi baik, seperti baru atau hanya sesekali digunakan saja. Namun kualitasnya masih sangat oke.

Refurbished

Refurbished merujuk pada barang yang pernah rusak tapi sudah diperbaiki dan dijamin kembali berfungsi dengan baik. Namun tidak semua barang refurbished berfungsi dengan baik, jadi pastikan untuk selalu cek lebih dulu ya.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

OEM mengacu pada barang yang diproduksi oleh pabrik yang sama dengan produk asli. Namun, seringkali tanpa merek atau label brand.

BU (Butuh Uang)

Istilah ini menandakan bahwa penjual butuh segera menjual barangnya, jadi bisa jadi ada peluang untuk nego harga lebih baik. Butuh uang ini biasanya sangat dicari karena negonya tidak akan susah.

BT (Barter)

Jika kamu tidak ingin membayar dengan uang, kamu bisa mencoba barter, yaitu menukarkan barang dengan barang lainnya.

PO (Pre-Order)

Jika suatu barang sedang dalam status PO, berarti penjual menerima pesanan terlebih dahulu sebelum barangnya tersedia.

WTS (Want to Sell), WTB (Want to Buy), WTA (Want to Ask)

Ini adalah singkatan yang sering digunakan untuk menyatakan niat penjual atau pembeli dalam sebuah forum jual beli online. WTS berarti ingin menjual, WTB ingin membeli, dan WTA ingin bertanya. Kadang WTA bisa berarti want to auction yang artinya ingin melelang.

DM atau PM

Ketika kamu melihat istilah ini, berarti kamu diharapkan untuk mengirimkan pesan pribadi atau direct message untuk berkomunikasi lebih lanjut. DM adalah singkatan dari direct message dan PM adalah singkatan dari private message.

BNIB (Brand New In Box) dan BNOB (Brand New Open Box)

BNIB artinya barang masih baru dan tersegel dalam kotaknya. Sedangkan BNOB berarti barang baru, tapi kemasan sudah dibuka. Namun biasanya BNOB tak pernah dipakai berkali-kali jadi masih terbilang aman.

Hit and Run

Bukan kecelakaan lalu lintas, istilah ini merujuk pada pembeli atau penjual yang tiba-tiba menghilang setelah kesepakatan transaksi tercapai.

Sold Out

Jika barang yang kamu incar sudah sold out, berarti stoknya sudah habis terjual. Segera cari alternatif lain! Tapi tunggu dulu, kalau kamu seller online, alangkah baiknya deh kalo baca dulu mengenai arti sold out dan strateginya berikut ini, biar pelanggan enggak langsung pergi!

Nett

Ketika harga barang sudah ditandai dengan "nett", berarti harga tersebut sudah final dan tidak bisa ditawar lagi. Ini adalah bentuk harga final yang tidak menerima nego.

Real Pict (Real Picture)

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah foto itu asli seperti produknya. Penting untuk melihat gambar asli dari produk yang akan kamu beli agar tidak ada kekecewaan ketika barang sampai.

PnP (Plug and Play)

Jika barang dianggap PnP, berarti barang tersebut mudah digunakan tanpa memerlukan instalasi atau konfigurasi yang rumit. Biasanya setelah dibeli bisa langsung dipakai.

DP (Down Payment)

Down Payment adalah pembayaran muka yang harus dibayarkan terlebih dahulu sebelum barang dikirim.

TS (Thread Starter)

Istilah ini biasanya digunakan dalam forum jual beli online untuk menyebutkan pembuat thread atau topik.

Dengan mengenal kamus istilah jual beli online di atas, kamu sekarang memiliki bekal untuk menjelajahi dunia e-commerce dengan lebih percaya diri.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati, cermat, dan tentu saja, nikmati pengalaman jual beli onlinemu.

Setelah mengenal istilah di atas, sekarang kamu lebih bisa mengerti lagi tentang dunia jual beli online.

Tapi, nggak hanya dunia jual beli online yang harus dimengerti, konsumen juga harus dimengerti loh. Caranya? Dengan mewujudkan keinginan mereka berupa pengiriman paket cepat.

Kami bisa membantu mewujudkannya kok karena KiriminAja adalah aplikasi kirim paket #1 di Indonesia yang akan membuat pengiriman paketmu jadi cepat.

Tidak hanya itu, dengan daftar gratis di Dashboard KiriminAja kamu bisa melakukan manajemen order dan segala hal yang berhubungan dengan paket. Bahkan ada fitur COD advance lho. Segera daftar yuk biar #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.