Panduan Mengembangkan Konsep Digital Branding untuk Growth Optimal

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Konsep Digital Branding

Branding merupakan salah satu strategi marketing yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Dengan maraknya penggunaan media digital, maka muncul juga konsep digital branding.

Konsep ini banyak dipakai oleh para pelaku bisnis yang baru merintis usaha atau para pelaku bisnis online. Selain karena lebih ekonomis, digital branding memiliki efektivitas yang cukup tinggi.

Untuk itu, sebagai teman bisnis Anda, KiriminAja akan mengulas tentang digital branding. Sehingga, aktivitas marketing Anda jadi lebih menonjol di antara ribuan iklan dan promosi yang menghampiri mata konsumen.

Sejauh Mana Anda Memahami Tentang Digital Branding?

Sebelum berbicara tentang digital branding, mari kita bahas dulu tentang branding itu sendiri. Apa sih branding itu?

Branding merupakan suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan citra atau kesan baik di hadapan konsumen tentang produk Anda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan agar terjadi penjualan.

Cara untuk melakukan proses branding diantara membuat iklan, campaign, meningkatkan kualitas produk, membuat konten di berbagai media sosial.

Lalu, Apa itu Digital Branding?

Digital branding adalah proses branding yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Misalnya melalui situs website, sosial media, aplikasi, dan sebagainya.

Tujuan dari digital branding sama halnya dengan branding pada umumnya. Yaitu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda agar terjadi penjualan.

Banyak pelaku bisnis yang menggunakan konsep digital branding untuk usaha mereka. Kemudahan dan keefektifan membuat konsep ini digandrungi.

Dengan maraknya penggunaan media sosial, banyak masyarakat yang berseluncur dalam dunia online. Maka dari itu, proses branding melalui media digital dapat membangun koneksi dengan konsumen agar lebih dekat.

Selain itu, konsep digital branding juga dinilai lebih praktis daripada branding secara konvensional. Sehingga Anda tidak membutuhkan banyak pengeluaran untuk kegiatan branding.

Melalui digital branding, diharapkan bisnis Anda dapat lebih mudah memasuki dunia digital. Sehingga konsumen dapat lebih menjangkau dan bisnis Anda pun semakin berkembang.

Apa Perbedaan Digital Branding dan Digital Marketing?

Digital marketing adalah serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan.

Sedangkan digital branding merupakan salah satu strategi marketing yang lebih menitikberatkan pada interaksi dengan konsumen.

Walaupun pada dasarnya tujuan akhirnya keduanya sama, yaitu meningkatkan penjualan. Akan tetapi, digital branding fokus pada membangun citra atau nama baik bisnis.

Kadang kala, elemen digital marketing dan digital branding saling tumpang tindih. Sebagai contoh, logo bisnis Anda yang bisa dieksplorasi di praktik digital marketing dan digital branding.

Logo menjadi elemen identitas unik sebuah brand dalam praktik digital marketing dan digital branding.

Karena peran krusialnya inilah, Anda tidak bisa sembarangan membuat logo. Oleh karena itu, untuk mempelajari lebih jauh soal logo, Anda dapat mengunjungi artikel KiriminAja yang membahas tentang pentingnya logo profesional untuk bisnis.

Sejauh Mana Manfaat Branding untuk Bisnis Anda?

Digital branding memiliki peran penting dalam strategi marketing bisnis Anda. Melalui konsep ini, Anda dapat membangun kedekatan dengan konsumen secara langsung.

Komunikasi melalui media sosial dengan konsumen membuat bisnis Anda lebih mudah dijangkau konsumen. Sehingga loyalitas terhadap produk yang Anda tawarkan lebih tinggi.

Dengan demikian angka penjualan pun akan meningkat. Secara tidak langsung bisnis Anda juga akan terus berkembang

Selain itu, digital branding juga memberikan manfaat lain yang tak kalang penting. Berikut penjelasannya.

Membuat Produk Anda Lebih Kompetitif

Salah satu strategi digital branding adalah menunjukkan keunikan produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian, produk Anda akan dinilai memiliki keunggulan daripada kompetitor.

Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat lain dari proses branding ialah meningkatnya brand awareness produk Anda. Karena saat produk sudah kompetitif, secara tidak langsung konsumen sudah mengingat produk Anda.

Brand awareness sendiri adalah kemampuan konsumen dalam memahami produk Anda dengan baik.

Misalnya konsumen akan langsung teringat produk Anda jika sedang membutuhkannya. Atau jika sedang membicarakan jenis produk, konsumen akan langsung teringat brand Anda.

Meningkatnya brand awareness dengan konsep digital branding dapat terjadi karena promosi melalui media sosial dapat lebih mudah diingat oleh konsumen. 

Membangun Interaksi Lebih Dekat dengan Pelanggan

Konsep digital branding memberikan peluang lebih banyak untuk Anda menjangkau pelanggan lebih dekat. Misalnya, melalui konten-konten sederhana yang interaktif, tetapi juga informatif.

Sehingga, selain mudah menarik perhatian penonton, konten juga memberikan informasi produk dengan jelas. Konsumen akan lebih mudah mengenal produk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur direct message. Sehingga interaksi dengan pelanggan lebih dekat dan aktual.

Memperluas Koneksi/Word of Mouth/Gethok Tular

Strategi digital marketing yang berhasil, akan membuka peluang untuk bisnis Anda dalam memperluas koneksi. Apalagi dengan memanfaatkan kemudahan komunikasi lewat media sosial.

Anda dapat mengidentifikasi bisnis lain yang memiliki visi misi serupa. Kemudian ajak mereka bekerjasama agar bisnis Anda dapat lebih berkembang.

Membuat Potensi Viral Makin Besar

Semenjak kata viral muncul, banyak pihak yang diuntungkan ketika mereka viral atau dikenal masyarakat luas. Maka, banyak pelaku bisnis yang ingin usahanya viral agar lebih dikenal masyarakat secara umum.

Dapat dikatakan bahwa viral merupakan keberuntungan. Akan tetapi, Anda tetap dapat mencobanya dengan konsisten membuat postingan.

Usahakan konten Anda menarik dan mengikuti trend. Sehingga banyak audiens yang akan menonton konten Anda. Atau bahkan turut membagikan konten Anda hingga viral.

Jangan lupa, dalam menyusun konten, Anda juga perlu mempertimbangan konsep marketing yang telah dimiliki. Sehingga, saat viral produk dan bisnis Anda ikut dikenal juga.

Kesimpulan dari pembahasan tentang konsep digital marketing di atas adalah Anda perlu mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Sehingga produk bisnis Anda dapat terus berkembang.

Kami masih melengkapi artikel ini dengan penjelasan tambahan digital branding. Klik saja tautan artikel tersebut. Tujuannya, agar Anda punya pemahaman lebih komprehensif soal digital branding.

Bagaimana Cara KiriminAja Mendukung Digital Branding Anda?

KiriminAja bisa membantu bisnis Anda makin reliable di mata konsumen dengan menyediakan layanan ekspedisi logistik yang hemat, cepat, tenang, dan aman.

Dengan begitu, setiap konsumen membeli produk di tempat Anda, mereka percaya dengan kualitas pengiriman yang baik dengan harga terjangkau.

Ingat, dalam banyak kasus transaksi online, faktor ekspedisi, terutama biaya ongkos kirim, jadi pertimbangan konsumen yang cukup krusial. Bahkan, kadang konsumen membatalkan transaksi karena ongkir yang mahal.

KiriminAja hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Dengan ongkir masuk akal dan kualitas layanan prima, konsumen Anda jadi lebih mantap berbelanja.

Kabar baiknya lagi, Anda hanya cukup mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan bisa langsung menikmati berbagai layanan.

Yuk, pakai KiriminAja agar bisnis jadi tenang, konsumen makin percaya, dan cash flow makin aman.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.