Konten Adalah Cara Berjualan Sekaligus Jadi Seleb. Yuk, Bahas Caranya

Danusantoso
10 bulan yang lalu
Ecommerce
Cara membuat konten

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “konten” bukan?! Saat ini, konten adalah kunci penting dalam marketing sebuah bisnis.

Selain untuk menjual produk bisnis, konten juga merupakan metode paling mudah bagi siapa saja untuk meniti karir jadi artis.

Iya, konten memungkinkan Anda melakukan marketing produk bisnis sekaligus membuat personal branding tertentu.

Lalu, bagaimana sih konten untuk promosi itu? Yuk pelajari tentang definisi, jenis, dan cara membuat konten promosi yang berkualitas dan menarik!

Definisi Konten Serta Perannya untuk Promosi

Konten adalah segala jenis materi yang dipublikasikan secara digital. Bentuknya bisa berupa teks, gambar, video, audio, maupun kombinasinya.

Konten biasanya dibuat untuk tujuan spesifik, seperti untuk memberikan informasi, menghibur, atau mempromosikan produk.

Promosi produk melalui konten merupakan bagian dari strategi digital marketing, dimana metode tersebut menjadi strategi yang sangat menjanjikan saat ini.

Selain biayanya yang lebih murah, promosi dengan konten juga dapat meningkatkan visibilitas, engagement, dan konversi bisnis secara online.

Mengapa menjalankan bisnis secara online sangat menjanjikan? Sebab, masyarakat sekarang banyak menghabiskan waktu di media sosial, termasuk untuk belanja.

Makannya, mulai sekarang Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan konten sebagai sarana promosi agar bisnis semakin dikenal.

Jenis Konten yang Umum Digunakan

Konten merupakan produk digital yang memiliki banyak bentuk. Seperti teks, gambar, audio, video, hingga kombinasi beberapa bentuk.

Biasanya, bentuk konten disesuaikan dengan kebutuhan dan platform yang akan digunakan untuk publikasi. Misalnya, konten video untuk platform YouTube dan konten audio untuk platform Spotify.

Nah, berikut beberapa jenis konten yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk:

Gambar

Konten gambar untuk promosi bisa berupa foto produk, testimoni, keterangan pemakaian, atau informasi menarik lainnya tentang produk tersebut.

Biasanya, konten gambar digunakan untuk promosi di berbagai platform, seperti Instagram, Website, Marketplace, Twitter, dan lainnya.

Video

Video merupakan konten visual yang lebih interaktif dan bisa memberikan informasi secara lebih detail. Melalui video, Anda dapat menyampaikan materi promosi dengan gambar, gerakan, suara, dan emosi.

Konten video dapat dipublikasi di berbagai platform media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, WhatsApp, dan lainnya.

Teks

Teks adalah jenis konten tertulis yang biasanya dibuat oleh seorang copywriter untuk menarik audiens agar mau berinteraksi dengan brand ataupun melakukan transaksi pembelian.

Konten teks dapat dipublikasikan di website resmi bisnis Anda, serta di kolom keterangan konten lainnya, seperti di konten gambar, video, dan audio.

Karena sering digunakan dalam jenis konten lainnya, konten teks menjadi salah satu senjata yang perlu Anda pertajam untuk strategi digital marketing.

Untuk memahami penulisan konten teks, Anda dapat mengunjungi uraian tentang cara menulis konten viral dan unik berikut sebagai informasi tambahan.

Audio

Audio adalah jenis konten suara yang bisa berupa podcast, lagu, ataupun iklan radio. Konten jenis ini dapat dipublikasikan di berbagai platform seperti Spotify, Noice, YouTube, dan lainnya.

Infografis

Infografis adalah jenis konten visual yang menampilkan informasi dalam bentuk grafik, tabel, dan diagram. Konten ini dapat Anda aplikasikan di konten gambar maupun video.

Cara Membuat Konten yang Menarik

Setiap jenis konten memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam digital marketing.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten yang berkualitas dan menarik:

Tentukan Tujuan Konten

Sebelum mulai membuat konten, tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai dari dibuatnya konten tersebut. Apakah ingin meningkatkan brand awareness, engagement, atau konversi.

Dengan mengetahui tujuan yang jelas, Anda akan lebih mudah untuk membuat konten yang tepat dan efektif.

Kenali Audiens

Setiap jenis audiens memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, kenali audiens yang dituju agar dapat membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Preferensi terkait audiens ini bisa bersangkutan dengan target pasar. Jadi, pastikan bisnis Anda sudah memiliki target pasar yang jelas ya.

Gunakan Bahasa yang Menarik dan Mudah Dipahami

Pastikan Anda menggunakan bahasa yang interaktif dan mudah dipahami oleh audiens. Dalam hal ini, Anda juga dapat menerapkan strategi copywriting di berbagai jenis konten.

Buat Konten yang Relevan dan Unik

Buatlah konten yang relevan dengan topik atau niche yang dituju. Selain itu, konten yang unik dan orisinal juga akan lebih menarik perhatian audiens.

Gunakan Media yang Tepat

Pilih media yang tepat untuk mempublikasikan konten yang dibuat. Misalnya, jika ingin menampilkan konten visual, gunakan platform media sosial yang tepat seperti Instagram atau Pinterest.

Sertakan Call-To-Action (CTA)

Sertakan CTA pada konten yang dibuat agar audiens dapat melakukan tindakan yang diinginkan setelah melihat konten.

Pada dasarnya CTA adalah hal yang sederhana. Akan tetapi, jika strategi marketing bisnis Anda tidak integral, CTA adalah sesuatu yang menyulitkan.

KiriminAja sudah menyiapkan panduan khusus untuk Anda memahami bagaimana konten marketing bisa berpadu-padan dengan CTA yang tepat.

Gunakan Data dan Analisis

Gunakan data dan analisis untuk mengukur efektivitas konten yang dibuat. Hal ini dapat membantu untuk membuat konten yang lebih baik dan efektif.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan konten yang Anda buat bisa lebih berkualitas dan efektif untuk strategi digital marketing.

Sehingga, brand awareness bisnis Anda bisa meningkat dan tentunya juga akan mendatangkan penjualan dan profit yang menguntungkan.

Berikan Layanan Reliable

Salah satu layanan yang perlu ditonjolkan dalam sebuah konten marketing adalah servis logistik. 

Bagi konsumen, layanan kirim paket ini sangat dipertimbangkan. Bahkan, konsumen bisa memutuskan jadi melakukan transaksi atau tidak hanya karena pertimbangan layanan logistik yang digunakan online seller.

Iya, banyak konsumen yang berharap mendapat jasa kirim paket reliable dengan harga terjangkau. Sayangnya, soal servis kirim paket ini sering diabaikan oleh pebisnis online.

Untuk itulah, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang siap meng-handle urusan ekspedisi produk-produk bisnis online.

Artinya, Anda bisa mencantumkan di setiap konten yang dibuat bahwa bisnis Anda memakai Kiriminaja sebagai servis ekspedisi.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengelola pesanan dan pengiriman.

Dengan memilih KiriminAja sebagai mitra bisnis di sektor logistik, Anda akan mendapatkan layanan manajemen ekspedisi paket yang punya biaya efisien dan reliable.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, Anda tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjaga #CashFlowAman.

Ini artinya, KiriminAja memberikan kontrol penuh atas sistem logistik bisnis, memungkinkan Anda untuk mengatur margin keuntungan, serta menjaga cash flow bisnis tetap stabil.

Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis, seperti menjangkau pelanggan baru tanpa takut adanya error berlarut-larut.

Berita baiknya, untuk mendapatkan semua manfaat dan layanan premium ini, Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman Anda, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.