Rahasia Sukses Online Seller: Konten Digital yang Bikin Jadi Milyarder

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Konten digital bisa menjadi kunci sukses bisnis

Sebenarnya, manfaat konten digital untuk jualan sudah bisa dilihat dan dirasakan sejak beberapa tahun silam. Hanya saja, sejak pandemi, makin pesatnya penggunaan media sosial, dan munculnya generasi Z membuat konten digital makin tumbuh signifikan.

Saat ini, konten digital menjadi salah satu sumber marketing sebuah bisnis. Baik konten yang dibuat sendiri oleh tim marketing, maupun bekerjasama dengan para kreator konten. 

Content creator sendiri adalah orang yang menciptakan dan memproduksi konten berupa gambar, video, atau tulisan yang disebarkan melalui berbagai platform digital seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan sebagainya.

Saat bisnis Anda bekerjasama dengan content creator, maka muncullah peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, tentu masih banyak manfaat lain yang mereka berikan untuk bisnis Anda.

Dalam artikel berikut ini dijelaskan pentingnya menggunakan kreator konten untuk mengembangkan bisnis Anda. Kunjungi dan pelajari sebagai pertimbangan untuk bekerjasama dengan kreator konten sebagai media promosi.

Karena bagaimanapun canggihnya tim marketing Anda, berkolaborasi dengan content creator adalah sebuah kewajiban di dalam aktivitas marketing. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana karakteristik dan cara memilih kreator konten yang tepat. 

Setelah memahami lebih jauh tentang pentingnya content creator dalam bisnis, selanjutnya kita bahas tentang konten digital. Yaitu konten yang dibuat sebagai media promosi produk maupun layanan.

Apa itu Konten Digital?

Konten digital adalah informasi yang tersedia secara elektronik dan dapat diakses melalui internet dengan perangkat digital. Misalnya menggunakan ponsel, tablet, komputer, dan sebagainya. 

Bentuk konten ini dapat berupa teks, audio, gambar, video, animasi, film, dan sebagainya. Tujuan dibuatnya biasa beragam, seperti untuk hiburan, informasi, pendidikan, hingga promosi.

Nah, dalam dunia bisnis, konten digital dimanfaatkan sebagai salah satu media promosi. Dimana konten tersebut memuat informasi dan penawaran menarik tentang suatu produk.

Apa Saja Bentuk Konten Digital?

Konten digital menjadi media promosi yang menarik karena bentuknya yang beragam. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri karena audiens tidak akan mudah bosan melihatnya.

Berikut beberapa bentuk konten digital yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis Anda. 

Infografis

Bentuk konten digital yang pertama berupa representasi visual yang menarik dan memuat informasi tentang produk atau layanan. Infografis ini biasanya dibuat agar konsumen mudah memahami tentang produk.

Oleh karenanya perlu dibuat dengan jelas dan mudah dipahami.  Selain itu, infografis juga harus memiliki tampilan yang menarik.

Jika Anda ingin tahu cara membuatnya atau ingin tahu lebih dalam lagi tentang infografis, ada baiknya Anda membaca tentang seluk beluk infografis di sini. Di link tersebut kami sediakan informasi lengkap mengenai infografis.

Video Produk

Bentuk selanjutnya adalah video produk. Yaitu video yang menyajikan tampilan visual produk maupun layanan dengan dilengkapi informasi dan penawaran menarik.

Dengan konten digital bentuk ini, audiens akan lebih mudah memahami tentang produk. Selain itu juga dapat meningkatkan penjualan jika visualisasi dan penawaran dibuat semenarik mungkin.

Ulasan Produk

Ulasan produk merupakan informasi yang diberikan oleh pengguna produk atau layanan. Biasanya berisi ulasan manfaat dan kualitas produk yang dikemas semenarik mungkin.

Tujuannya agar audiens lebih tertarik dan mengambil keputusan pembelian. Sebab, mereka dapat melihat pengalaman orang lain menggunakan produk terkait.

Panduan Produk

Bentuk selanjutnya berupa panduan penggunaan produk. Konten ini dibuat untuk membantu pelanggan memahami cara menggunakan produk dengan benar dan memanfaatkan seluruh fiturnya dengan optimal.

Tautan Pembelian

Tautan pembelian adalah link yang dibuat khusus untuk mempermudah proses pembelian. Link ini biasanya disebarluaskan melalui berbagai konten seperti dalam video produk, ulasan, produk, dan sebagainya.

Dengan menekan link tersebut, audiens dapat langsung terhubung dengan transaksi pembelian. Biasanya link tersebut dihubungkan ke website, marketplace, atau platform lainnya. 

Formulir Pembelian

Konten digital yang selanjutnya berupa formulir pembelian. Yaitu berupa formulir yang perlu diisi konsumen jika hendak membeli produk atau layanan agar proses belanja lebih mudah dan cepat.

E-Book

E-Book merupakan buku panduan sederhana yang menyajikan informasi tentang produk atau layanan secara detail. Hal ini dibuat untuk pelanggan yang ingin mempelajari produk lebih lanjut.

Konten Live

Konten live merupakan siaran langsung dalam platform tertentu dengan tujuan mempromosikan produk. Melalui live ini, audiens dapat berinteraksi langsung dengan penjual untuk menanyakan tentang produk.

Webinar

Webinar adalah seminar online untuk membantu menyajikan informasi dan pemahaman tentang produk secara interaktif kepada audiens.

Apa Saja Sih Manfaat Konten Digital untuk Jualan Bisnis Anda?

Berikut beberapa manfaat jika Anda menggunakan konten digital untuk media promosi.

Mengenalkan Produk

Salah satu manfaat konten digital untuk jualan adalah pengenalan produk dan brand awareness. Apapun bentuk konten digital pada dasarnya memuat informasi menarik tentang produk. Oleh karenanya, dapat membantu memperkenalkan produk ke audiens yang lebih luas dan membantu mereka memahami apa yang ditawarkan.

Membangun Kepercayaan

Konten digital yang berkualitas dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek Anda. Sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah pembelian.

Meningkatkan Efektivitas Penjualan

Konten digital seperti tautan pembelian, formulir, dan ulasan produk membantu mempermudah proses pembelian dan meningkatkan efektivitas penjualan.

Memberikan Informasi Tambahan

Konten digital seperti FAQ, ulasan, dan panduan produk membantu memberikan informasi penting kepada pelanggan. Hal tersebut menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan pembelian.

Personalisasi

Konten digital dapat menyampaikan pesan yang sangat terarah dan personal ke audiens yang disasar. Misalnya dengan memanfaatkan data demografi dan perilaku mereka.

Meningkatkan Discoverability

Konten digital yang berkualitas dan teroptimasi untuk mesin pencari (SEO) dapat membantu produk Anda ditemukan oleh pelanggan potensial melalui mesin pencari.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa konten digital merupakan salah satu strategi marketing yang dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis Anda.

Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Punya Tim Logistik yang Reliable

Mari bahas bagaimana KiriminAja bisa menjadi bagian penting dari konten digital marketing bisnis.

KiriminAja, sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, bisa menjadi salah satu fitur penting yang dipromosikan di konten digital marketing bisnis Anda. 

Dengan KiriminAja, konsumen Anda jadi tahu untuk tidak perlu khawatir tentang pengiriman paket. Karena saat memakai KiriminAja, konsumen Anda tahu bahwa paket sedang berada di tangan yang handal dan hemat.

KiriminAja adalah solusi pengiriman paket yang terintegrasi, aman, dan terpercaya, untuk Anda dan para online seller lainnya. Tujuannya, agar Anda lebih bisa fokus pada pengembangan bisnis.

Jadi, Anda hanya perlu membuat konten yang menunjukkan kemampuan kehandalan logistik bisnis Anda.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan KiriminAja sebagai bagian penting dari konten digital marketing bisnis Anda. 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai manfaatkan KiriminAja dengan cara mendaftar gratis di dashboard KiriminAja

Sehingga, Anda bisa benar-benar merasakan manfaat konten digital untuk jualan saat memakai KiriminAja.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.