Bagaimana Cara Kubus Rubik Menjadi Produk Laris Sepanjang Masa?

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Kubus Rubik Produk Paling Laris

Tahukah Anda bahwa kubus rubik merupakan salah satu jenis produk laris di dunia. Mengapa bisa demikian? Bagaimana kubus rubik menjalankan strategi pemasarannya? Apa saja faktornya?

KiriminAja merangkum sejarah kubus rubik, penyebarannya, dan bagaimana strategi pemasarannya hingga bisa seperti saat ini.

Tentu saja, Anda bisa menjadikan pembahasan ini sebagai inspirasi dan ide baru untuk dipraktikkan di bisnis..

Sejarah Kubus Rubik

Pencipta kubus rubik adalah seorang profesor bernama Erno Rubik. Ia mempelajari arsitektur dan desain di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan pada akhir tahun 1960-an.

Rubik bekerja sebagai instruktur di Departemen Desain Interior Academy of Applied Arts and Crafts di Budapest. Dalam mengajar, ia memiliki cara cukup menarik. Ia lebih menyukai pembelajaran menggunakan model nyata yang terbuat dari kertas, kayu, karton, plastik, dan sebagainya.

Cara tersebut ia pakai agar memudahkan dalam menjelaskan idenya kepada mahasiswa. Selain itu, dengan metode tersebut juga dapat membuat mahasiswa mudah mengingat pelajarannya.

Ide awalnya terciptanya permainan rubik sebenarnya bukan hanya dari Erno sendiri. Melainkan ada seorang bernama Larry D. Nichols yang telah menciptakan permainan serupa.

Pada tahun 1970,  Nichols menemukan inovasi puzzle 2x2x2 yang dapat diputar secara bersamaan dengan menggunakan magnet penyambung. Ia pun mengajukan paten ke Kanada untuk penemuannya.

Nicholas berhasil memperoleh paten untuk inovasi puzzlenya dengan nomor U.S. Patent 3,655,201.

Kemudian, Erno Rubik yang pada saat itu masih mengajar juga ternyata telah membuat model serupa tetapi dengan struktur 3x3x3. Model tersebut ia pakai dalam mengajarkan berbagai mata kuliah kepada mahasiswanya.

Kubus rubik sendiri terdiri dari potongan kubus yang saling berkaitan dan dapat diacak secara horizontal maupun vertikal. Jumlah potongan kubusnya ada sembilan dengan warna kuning, putih, orange, biru, merah, dan hijau.

Cara memainkannya adalah dengan mengacak-acak warna yang awalnya mengelompok pada satu sisi. Kemudian teka-tekinya untuk merapikan kembali potongan yang berantakan tersebut ke model awal.

Berdasarkan catatan, Erno Rubik sendiri membutuhkan waktu sampai satu bulan untuk menyelesaikan teka-teki tersebut. Namun sekarang, rekor tercepatnya orang yang dapat menyelesaikan dalam 4 detik. 

Pada tahun 1974, Erno Rubik berhasil menyelesaikan prototype model rubik tersebut. Kemudian pada tahun 1975 ia mendaftarkan paten ke badan paten Hongaria.

Apa itu prototype? Kenapa prototype ini bisa menjadi titik kebangkitan Erno Rubik dan produknya? Kami sudah menyiapkan panduan memahami prototype untuk Anda di tautan tersebut.

Penemuan yang  diberi nama “Magic Cube” tersebut berhasil dipatenkan pada 30 Januari 1975 dengan nomor paten HU170062.

Kemudian Magic Cube dijual masal pertama kali pada tahun 1977. Namun penjualannya masih terbatas dan hanya dijual di toko mainan di Budapest. Akan tetapi,  permainan ini menjadi populer saat itu di Budapest.

Hingga seorang pekerja Hungaria yang bekerja di Wina menemukan mainan ini saat berkunjung ke Budapest. Ia pun berusaha menemukan makelar yang membuat Magic Cube di Jerman.

Bukannya bertemu Erno, pekerja tersebut malah bertemu dengan Tom Kremer. Yaitu penemu mainan yang terlahir di Hungaria dan berkantor di London.

Mereka berdua akhirnya membuat rencana bersama untuk mengembangkan pemasaran Magic Cube. Akhirnya, mereka pun memperoleh persetujuan dari salah satu eksekutif perusahaan mainan dan langsung memesan satu juta Magic Cube.

Meskipun iklan dan campaign untuk promosi masih belum maksimal, tetapi penjualan pertama mereka cukup meledak dan populer di Eropa.

Pada tahun 1980, barulah Magic Cube memasuki pasar Amerika dan kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan julukan Rubik’s Cube. Kemudian berdirilah Rubik’s Cube yang masih berjalan sampai sekarang.

Mengapa Kubus Rubik Produk yang Laris?

Setelah mengetahui sejarahnya, dapat kita lihat bahwa permainan Kubus Rubik memang cukup menarik. Tak heran jika banyak orang yang memainkan permainan ini.

Lalu sebenarnya kenapa sih banyak orang memainkan Kubus Rubik. Berikut beberapa alasan yang telah KiriminAja rangkum:

Kubus Rubik Sebagai Terapi

Kubus rubik bukanlah permainan biasa yang hanya untuk menghabiskan waktu luang. Tetapi ia memiliki manfaat untuk mereka yang mengidap masalah fokus atau kecemasan. Misalnya autism atau ADHD.

Selain itu, Kubus Rubik juga dapat membantu melatih motorik. Sehingga permainan ini juga cocok untuk terapi stroke.

Permainan yang Menantang

Sifat alamiah manusia adalah menyukai tantangan. Permainan Kubus Rubik dinilai menantang karena kesulitannya untuk memecahkan teka-teki.

Memiliki Stereotip Permainan Orang Cerdas

Karena tingkat kesulitannya, orang yang dapat memecahkan teka-teki Kubus Rubik seringkali dianggap cerdas dan memiliki IQ tinggi.

Membuat Kecanduan

Berhasil menyelesaikan teka-teki Kubus Rubik akan sangat memuaskan. Apalagi dengan stereotype di atas, orang-orang akan merasa senang jika berhasil memecahkannya. Maka tak heran jika banyak orang yang kecanduan ingin terus memainkan Kubus Rubik ini.

Pengaruh Publikasi dan Pemasaran

Memiliki produk yang bagus tidaklah cukup jika tidak dibantu dengan adanya publikasi dan pemasaran. Gencarnya pemasaran yang dilakukan Rubik’s Cube membuat permainan ini masih laris sampai sekarang.

Selain melakukan publikasi dan pemasaran, tentunya Rubik’s Cube juga memperhatikan aspek lain seperti manajemen distribusi. 

Apalagi untuk pemasaran yang menjangkau seluruh dunia. Pastinya mereka memiliki manajemen distribusi yang baik. Karena itu, manajemen logistik tidak bisa diabaikan dan dianggap hal sepele. 

Untuk Anda yang baru memulai usaha dan ingin memiliki manajemen bisnis yang baik, tidak ada salahnya mencoba KiriminAja.

Sebagai partner bisnis, KiriminAja berkomitmen memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis yang baru merintis mendapatkan layanan manajemen logistik prima dengan harga masuk akal.

Anda hanya perlu mendaftar gratis di Dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan bisa langsung memulai layanan logistik yang reliable di Indonesia.

Untuk itu kami menyediakan berbagai fitur seperti manajemen order, management staff, manajemen inventory, dan sebagainya, yang dapat memudahkan bisnis Anda.

Saat memakai KiriminAja, Anda akan lebih mudah mengatur margin profit, menjaga cash flow aman, fokus menjangkau konsumen baru, sehingga bisnis jadi tenang. 

KiriminAja selalu siap mendukung Anda menjadi seller online baru andalan Indonesia. Yuk, coba KiriminAja sekarang dan dapatkan banyak manfaatnya.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.