Prototype Adalah Momen Evaluasi Produk Bisnis Anda Jadi Oke & Perfect

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Fungsi Prototype

Saat baru menjalankan bisnis, prototype adalah metode Anda memahami relasi produk dengan konsumen. Kenapa begitu? Apa itu prototype?

Perlu diketahui bahwa prototype adalah suatu model awal dalam pengembangan produk yang dibuat untuk menguji dan mengevaluasi fitur dan fungsionalitas produk sebelum diproduksi secara massal.

Salah satu pertanyaan tentang prototype yang juga sering dibahas adalah bagaimana peran prototype dalam menghasilkan produk.

Karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian prototipe produk, fungsi, metode, tahapan-tahapannya. Kami juga akan jelaskan mengeni evaluasi prototipe dan contoh penggunaan prototype dalam pengembangan produk demi bisa menghasilkan produk layak jual.

Apa Itu Prototype?

Prototype produk adalah sebuah model awal dari produk atau sistem yang akan dikembangkan. Prototype dibuat untuk menguji dan mengevaluasi fitur dan fungsionalitas produk sebelum diproduksi secara massal.

Dengan membuat prototype, developer dapat mengidentifikasi masalah dan kekurangan pada produk dan melakukan perbaikan sebelum produk diproduksi secara massal.

Fungsi Prototype

Prototype memiliki beberapa fungsi penting dalam pengembangan produk bisnis online, antara lain:

  • Menguji fungsionalitas produk: Prototype digunakan untuk menguji fungsionalitas produk secara menyeluruh. Hal ini akan membantu developer untuk mengidentifikasi masalah dan kekurangan pada produk sebelum diproduksi secara massal.
  • Evaluasi desain: Prototype juga digunakan untuk mengevaluasi desain produk. Dengan melihat prototype, developer dan tim desain dapat menilai apakah desain produk sudah sesuai dengan yang diharapkan atau masih perlu perbaikan.
  • Meminimalkan risiko: Dengan membuat prototype, developer dapat meminimalkan risiko dalam pengembangan produk.

Dengan menguji dan mengevaluasi prototype, developer dapat mengidentifikasi masalah dan kekurangan pada produk sebelum diproduksi secara massal, sehingga risiko kegagalan produk dapat diminimalkan.

Apa Saja Metode Prototype?

Berikut ini adalah metode prototype:

Prototyping Cepat

Metode prototyping cepat dilakukan dengan membuat model kasar dan sederhana dalam waktu singkat. Metode ini sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.

Prototyping Inkremental

Metode prototyping incremental melibatkan pembuatan prototype secara bertahap. Prototype awal dibuat untuk menguji fitur dasar, dan kemudian ditingkatkan untuk menguji fitur yang lebih kompleks.

Prototyping Evolusioner

Metode prototyping evolusioner melibatkan pembuatan prototype yang terus ditingkatkan dan diperbaiki berdasarkan feedback dari pengguna dan tim pengembang.

Apa Saja Tahapan Prototype?

Setelah memahami apa itu prototype, mari kita bahas beberapa tahapan dalam metode prototype. Setidaknya, ada 6 tahapan dasar prototype, yaitu:

Requirements Gathering and Analysis (Analisis Kebutuhan)

Tahapan pertama dari model prototype adalah analisis kebutuhan. Dalam tahap ini, kebutuhan sistem didefinisikan dengan rinci. Klien dan tim developer akan bertemu untuk mendiskusikan detail sistem seperti apa yang diinginkan oleh pengguna.

Quick Design (Desain Cepat)

Tahap kedua adalah pembuatan desain sederhana yang memberi gambaran singkat tentang sistem yang ingin dibuat, berdasarkan hasil analisis kebutuhan di tahap sebelumnya.

Build Prototype (Bangun Prototipe)

Setelah desain cepat disetujui, selanjutnya adalah pembangunan prototipe sebenarnya yang akan dijadikan acuan tim programmer untuk pembuatan program atau aplikasi.

User Evaluation (Evaluasi Pengguna Awal)

User evaluation atau tahap evaluasi prototype adalah proses penilaian terhadap prototype suatu produk untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

Proses evaluasi ini perlu dilakukan demi memastikan bahwa prototype produk Anda suda memenuhi kebutuhan pengguna serta dapat dikembangkan menjadi produk layak jual.

Refining Prototype (Memperbaiki Prototipe)

Jika klien memiliki catatan revisi untuk prototipe yang dibuat, maka tim harus memperbaiki prototipe tersebut sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. Proses ini dapat terus berulang hingga klien setuju dengan sistem yang akan dikembangkan.

Implement Product and Maintain (Implementasi dan Pemeliharaan)

Pada tahap akhir, produk akan dibuat oleh para programmer berdasarkan prototipe akhir. Selanjutnya, sistem diuji dan diserahkan pada klien. Tahap pemeliharaan juga dilakukan untuk memastikan sistem berjalan lancar tanpa kendala.

Contoh Prototype

Berikut adalah beberapa contoh prototype bisnis:

Paper Prototype

Merupakan metode prototype yang menggunakan kertas sebagai media untuk menyampaikan rancangan produk.

Bagian penting yang diharapkan dari pembuatan prototype kertas adalah memberikan beberapa opsi terkait kekurangan dari sisi tampilan maupun fungsionalitas produk.

Low-Fidelity Prototype

Merupakan bentuk prototype berupa sketsa-sketsa dari produk yang menunjukkan alur atau flow dalam menggunakan produk tersebut dan menampilkan tampilannya.

Walaupun kekurangannya terletak pada tampilannya yang masih berupa sketsa dengan warna dominan abu-abu atau hitam saja.

Dalam tahapan penggunaan prototype, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari pembuatan prototype tersebut.

Setelah itu, tentukan metode prototype yang akan digunakan dan buatlah rancangan produk berdasarkan konsep yang telah dirancang sebelumnya.

Setelah selesai membuat rancangan, uji prototype tersebut dengan mengumpulkan feedback dari pengguna, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan penyempurnaan pada produk tersebut.

Dalam pengembangan produk, penggunaan prototype sangat penting untuk menghindari risiko kegagalan produk pada tahap produksi.

Maka dari itu, alangkah baiknya juga Anda membaca juga mengenai pengembangan produk untuk bisnis online berikut ini.

Sebab, prototype dan pengembangan produk jadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan saat Anda merancang suatu bisnis.

Cara KiriminAja Jadi Bagian Prototype Bisnis Anda

Prototype adalah ide produk yang dapat diuji secara lebih akurat sehingga dapat dikembangkan menjadi produk yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Hanya saja, dalam sebuah bisnis, Anda juga perlu menambahkan strategi lain selain prototype. Karena sebuah bisnis tidak bisa mengandalkan 1 strategi di 1 sektor saja.

Maka dari itu Anda membutuhkan strategi yang bisa menuntun bisnis Anda tetap menarik di mata konsumen.

Salah satu strategi krusial dalam bisnis online adalah memakai layanan kurir reliable. Apalagi banyak konsumen yang berharap mendapat jasa kirim paket reliable dengan harga paling murah.

Karena, kecenderungan konsumen sebelum memutuskan jadi check out atau tidak adalah seberapa reliable layanan ekspedisi yang dimiliki toko online tersebut.

Sayangnya, soal servis kirim paket ini sering diabaikan oleh pebisnis online. Untuk itulah, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang siap meng-handle urusan ekspedisi produk-produk bisnis online.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menghadirkan kemudahan dalam mengelola pesanan dan proses pengiriman.

Artinya, Anda tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak.

Bisnis jadi tenang dan hidup Anda lebih stress-free. Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Kabar baiknya lagi, demi semua manfaat dan layanan premium di atas, Anda hanya perlu registrasi gratis di dashboard KiriminAja.

Setelah itu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Bergabunglah dengan KiriminAja sekarang demi menjaga #CashFlowAman, memberi servis logistik memuaskan, menjangkau konsumen baru, memaksimalkan keuntungan, serta menciptakan suasana bisnis jadi tenang dan terkendali.

Bersama KiriminAja, Anda tidak perlu pusing dengan urusan kirim paket sehingga pertanyaan apa itu prototype bisa berkembang jadi pertanyaan bagaimana menjangkau konsumen luar negri.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.