Apa Itu Kwitansi Pembayaran dan Kenapa Penting Dalam Manajemen Bisnis?

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Contoh kwitansi pembayaran

Kwitansi pembayaran adalah dokumen yang memberikan perincian dan memberikan bukti terjadinya sebuah transaksi keuangan. 

Pada dasarnya, kuitansi adalah selembar kertas yang didapatkan dari penjual sebagai bentuk konfirmasi bahwa mereka menerima uang Anda. 

Kuitansi dikeluarkan dalam banyak jenis transaksi untuk memastikan ada catatan tertulis tentang apa yang telah terjadi. 

Sejauh ini, bentuk penerimaan yang paling umum adalah penjualan. Kwitansi menguraikan deskripsi terperinci tentang penjualan, atau pembayaran yang telah diterima.

Umumnya, kwitansi berisi rincian seperti tanggal transaksi, harga produk/layanan, jumlah yang dibayarkan, produk/layanan mana yang dibeli , kuantitas, dan nama perusahaan.

Kenapa Kwitansi Pembayaran Penting?

Untuk berbagai jenis bisnis dengan variasi ukurannya, menyimpan catatan transaksi atau kuitansi adalah hal yang sangat penting. Tapi kenapa?

Alasannya karena kuitansi berfungsi sebagai catatan dan bukti pembayaran atau penukaran antara produk dengan uang.

Tanpa kuitansi, pembeli, penjual, atau perusahaan Anda tidak dapat menunjukkan bukti pembayaran atau transaksi bisnis yang telah terjadi. 

Ujung-ujungnya, Anda tidak bisa memberi validasi tertulis atas sebuah transaksi. Sehingga, bisnis Anda sangat berisiko untuk mengalami penipuan atau hal negatif lainnya.

Format dan Isi Kwitansi Pembayaran

Seperti yang kita ketahui, kwitansi pembayaran adalah bukti pembayaran yang sah. Oleh karena itu, kesahan ini harus didukung dengan isi dan format yang jelas. Dan berikut adalah isi format dari kwitansi:

Nomor Kwitansi atau Tanda Terima

Secara umum, penulisan huruf dan angka disesuaikan dengan pihak penjual sebagai pembeda dengan jenis kwitansi lainnya.

Nomor Kwitansi ini menjadi semacam identitas dan biasanya digantikan dengan tanda terima atau nama penerima supaya lebih mudah.

Tempat Serta Tanggal Pembuatan

Hal lain yang ada dalam kwitansi adalah tempat serta tanggal dibuatnya kwitansi pembayaran. Biasanya dicantumkan di bagian atas atau pinggir dari kwitansi supaya terlihat dengan jelas.

Gunanya adalah jika dibutuhkan pemeriksaan untuk pencatatan atau konfirmasi akan lebih mudah ditemukan.

Nama Pemberi dan Penerima Kwitansi

Nama adalah hal penting lainnya karena menjadi bukti kuat dan jelas tentang siapa pemberi dan penerimanya.

Anda harus mencantumkan nama ini supaya jika terjadi sesuatu dapat dipertanggung jawabkan ke depannya.

Produk Dalam Kwitansi

Informasi penting lainnya yang harus ada dalam kwitansi adalah produk yang dijadikan transaksi. Biasanya berupa jenis produk, harga, dan lain sejenisnya.

Nominal Pembayaran atau Jumlah Uang

Ini adalah esensi dari kwitansi pembayaran sebab menggunakan uang. Oleh karena itu nominal uang atau pembayaran harus dicantumkan di dalamnya.

Tujuan Pembayaran dan Tanda Tangan

Hal terakhir yang harus ada dalam kwitansi pembayaran adalah tujuan dan tanda tangan. Tujuan dituliskan untuk mengetahui transaksi apa yang dilakukan antara kedua pihak.

Selain itu ada tanda tangan sebagai bukti bahwa kwitansi telah diterima dan pembayaran telah dilakukan. Ini juga menunjukkan bahwa transaksi telah disetujui kedua belah pihak.

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

Jika Anda ingin membuat kwitansi pembayaran, ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya mencari contoh format atau bentuknya dari internet. Di internet sudah banyak sekali contoh dari kwitansi pembayaran.

Anda juga bisa membuat kwitansi pembayaran secara manual di microsoft word atau alat semacamnya. Anda tinggal menyematkan format yang sudah disebutkan di atas pada posisi-posisi yang sesuai.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Excel. Ini juga membuat proses pembuatan kwitansi menjadi lebih mudah menggunakan tabel-tabel di dalamnya.

Jika dalam waktu tertentu Anda tak sempat membuat kwitansi seperti cara di atas, cara lainnya bisa dilakukan dengan tulis tangan secara manual. Yang penting Anda tidak boleh melewatkan format penting dalam kwitansi.

Cara Mengisi Kwitansi Pembayaran

Cara mengisi kwitansi ini cukup mudah, karena bentuknya yang sederhana. Jika sudah ada kwitansi di tangan Anda, maka cara mengisinya seperti ini:

  • Masukkan nomor kwitansi atau tanda khusus pada kolom nomor.
  • Setelah itu tuliskan nama penerima dan pemberi.
  • Selanjutnya masukkan tanggal dan tempat ketika transaksi dilakukan.
  • Masukkan jumlah uang yang ditulis dengan angka dan huruf.
  • Tuliskan deskripsi atau tujuan pembayaran.
  • Terakhir bubuhkan tanda tangan dari pihak penerima dan pemberi.

Elemen format di atas perlu diisi dengan jelas supaya tidak terjadi kesalahan dan salah paham. Selain itu, hal ini bisa membuat Anda lebih mudah mengidentifikasi jenis transaksi.

Contoh-contoh Kwitansi Pembayaran

Ada banyak contoh kwitansi pembayaran. Misalnya adalah kwitansi pembayaran kosong, kwitansi jual beli, kwitansi pembayaran sewa rumah, dan lain sebagainya.

Contoh dari kwitansi di atas memiliki format yang hampir sama. Anda bisa mencarinya di internet untuk melihat contoh-contoh dari kwitansi pembayaran.

Tentu saja, tahun 2023 ditandai dengan semakin mudahnya membuat kwitansi pembayaran. Seperti yang dilakukan KiriminAja dalam di aktivitas manajemen logistik. Anda tidak perlu membuat kwitansi pembayaran.

Sebab, KiriminAja sudah membuat kwitansi pembayaran secara otomatis untuk Anda. Iya, otomatis dan terkomputasi.

Seiring bertumbuhnya bisnis Anda, seringkali pengiriman barang yang tidak teratur dapat menyulitkan dalam menyusun kwitansi pembayaran. 

Karena itulah, KiriminAja hadir sebagai solusi bagi Anda dan para online seller lain yang ingin memiliki laporan keuangan yang baik dan akurat. KiriminAja adalah sebuah platform pengiriman yang bertindak sebagai agregator logistik. 

Dengan menjadi member KiriminAja, Anda bisa mengakses dashboard KiriminAja yang lengkap dengan berbagai fitur manajemen logistik. 

Anda bisa melihat berbagai transaksi pengiriman yang telah dilakukan, biaya pengiriman, dan pengeluaran bisnis Anda lainnya dengan mudah.

Selain itu, sebagai agregator logistik, KiriminAja menawarkan berbagai pilihan jasa pengiriman berkualitas dengan harga yang bersaing. 

Anda bisa memilih jasa pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga pengiriman barang menjadi lebih teratur.

Dengan demikian, pengiriman barang Anda akan semakin praktis dan tidak merepotkan. Sehingga kwitansi pembayaran bisa teratur, #CashFlowAman, dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.