Langkah Penting dan Efektif Untuk Menarik Traffic Pengunjung ke Situs Blog

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
192
Langkah Penting dan Efektif Untuk Menarik Traffic Pengunjung ke Situs Blog

Bisa dikatakan jika blog saat ini menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menggiurkan. Dengan monetize konten blog seperti memasang iklan Google AdSense, affiliate marketing dan lainnya, keuntungan bisa didapatkan. Hanya saja, guna mendapatkan keuntungan yang besar, Anda perlu menemukan cara menarik trafik pengunjung ke situs blog yang tepat.

Ya, dalam bisnis blog, traffic adalah salah satu hal yang sangat penting. Semakin tinggi traffic, maka engagement dengan pengunjung akan semakin baik. Tentu, traffic yang tinggi dengan engagement yang baik tersebut nantinya akan berimbas pada banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan.

Namun, mendapatkan traffic yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Banyak blog yang akhirnya gugur karena tiadanya traffic yang memadai. Oleh karenanya, perlu pengetahuan yang dalam tentang cara untuk meningkatkan traffic pada blog yang Anda kelola tersebut.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa langkah penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung menuju blog yang Anda kelola demi mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Apa saja langkah tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Sumber Traffic yang Perlu Diketahui

Sebelum membahas tentang langkah yang tepat untuk meningkatkan traffic pada blog atau monetized website yang Anda kelola, ada beberapa sumber traffic yang perlu diketahui sebelumnya. Adanya beragam sumber pengunjung ini tentu bisa memberikan inspirasi dan ide bagi Anda untuk memaksimalkan.

Beberapa sumber traffic tersebut adalah sebagai berikut:

1) Traffic langsung, yaitu ketika pengunjung secara langsung berkunjung ke website yang Anda kelola dengan cara mengetikkan alamat URL website ke browser yang digunakan

2) Traffic referral, yaitu pengunjung melakukan klik tautan di situs website lain untuk berkunjung ke website yang Anda kelola. Tautan yang dimaksud bisa berada di dalam konten dari situs website tersebut

3) Traffic berbayar, yaitu ketika pengunjung masuk atau tiba ke website yang Anda kelola dikarenakan mereka mengklik iklan berbayar seperti iklan bergambar ataupun iklan penelusuran

4) Traffic email, yaitu pengunjung yang masuk ke website Anda melalui tautan yang ada pada salah satu pesan email yang Anda kirimkan

5) Traffic media sosial, yaitu pengunjung yang datang melalui tautan website Anda yang ada di media sosial yang Anda gunakan

6) Traffic organic, yaitu pengunjung yang datang ke website yang Anda kelola melalui penelusuran yang ia lakukan menggunakan mesin pencari, seperti Google dan konten yang Anda buat muncul sebagai hasil. Pengunjung mengklik tautan dari hasil penelusuran tersebut di mana membawa mereka menuju ke website yang Anda kelola.

Dari beberapa poin di atas, ada beberapa sumber traffic yang sebenarnya bisa dijadikan acuan. Tentu, Anda nantinya bisa memetakan strategi yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung atau visitor untuk website tersebut.

Hanya saja, jika Anda mengelola website baru, maka target utama yang dituju sebaiknya adalah organic visitor atau traffic organic. Hal ini dikarenakan jenis traffic ini membuktikan jika seseorang secara aktif melakukan penelusuran pada informasi yang mereka kehendaki. Hal inilah yang bisa membuat mereka terlibat lebih jauh pada konten yang dikelola.

Langkah Penting dan Efektif Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

Seiring dengan pentingnya traffic pada eksistensi website yang dikelola, sebagaimana disinggung di awal, berusaha menemukan formula yang tepat untuk menarik trafik pengunjung ke situs blog adalah hal yang sangat penting. Selain itu, Anda pun perlu menerapkan formula tersebut secara konsisten dan tidak goyah karena waktu.

Beberapa langkah penting dan efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan visitor pada website demi eksistensi website yang lebih terjaga dan keuntungan yang lebih besar diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Mengenali dan Memahami Audiens atau Calon Visitor

Salah satu langkah yang sangat penting untuk berusaha meningkatkan visitor website adalah dengan mengenali serta memahami calon visitor Anda. Tentu, ketika hendak membuat konten website, Anda sudah memikirkan siapa saja yang menjadi target pengunjung, bukan?

Pemahaman pada calon visitor adalah kunci. Tentu, dengan memiliki pemahaman yang baik, maka Anda nantinya bisa menghadirkan konten yang cenderung tepat dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Konten tersebut tidak hanya memberikan informasi semata, melainkan juga memberikan tambahan referensi dan inspirasi bagi para visitor.

Sebenarnya, ada cukup banyak cara yang bisa diaplikasikan untuk berusaha mengenali dan memahami audient. Namun, salah satu cara yang tepat adalah menyimak kebiasaan. Anda bisa melakukan pengamatan pada beberapa forum, webinar, konten grup media sosial dan lainnya yang berhubungan dengan konten dan target visitor guna menilai perilaku mereka.

2) Melakukan Riset Kata Kunci

Kata kunci atau keyword merupakan elemen yang sangat penting guna memaksimalkan traffic organic pada sebuah website. Keyword sendiri merupakan kata atau frase yang diketik oleh pengguna di mesin pencari. Selain itu, keyword juga sering menjadi titik awal terkait bagaimana pengunjung nantinya bisa menemukan situs website Anda.

Nah, dengan melakukan riset, Anda bisa menemukan beragam kata kunci atau keyword dengan volume pencarian yang tinggi. Tentu, volume pencarian yang tinggi tersebut bisa menjadi modal awal untuk mendapatkan traffic, terutama untuk konten website yang viral dan up to date.

Namun, bukan berarti keyword dengan hasil pencarian sedikit tidak bisa dijadikan pilihan. Anda bisa memaksimalkan keyword ini untuk mendapatkan traffic yang tinggi dengan persaingan yang cenderung minimal.

3) Membuat Strategi Pada Konten

Agar traffic pengunjung website naik, Anda juga harus membuat strategi pada konten. Poin ini termasuk langkah yang begitu esensial untuk dilakukan.

Memang, ada banyak sekali strategi yang bisa diterapkan pada konten yang hendak Anda buat. Hanya saja, poin penting pada strategi tersebut adalah eksplorasi yang tepat pada keyword yang sudah didapatkan sebelumnya.

Cobalah untuk melihat hasil pencarian keyword yang akan Anda gunakan di mesin pencari. Cek 10 hasil teratas untuk melakukan analisis dari susunan konten yang dibuat. Dengan demikian, tentu nantinya Anda bisa membuat konten yang tepat dan berkualitas.

4) Susun Sub-Topic

Perlu diketahui bahwa mayoritas pembaca menginginkan informasi yang jelas dan cenderung padat. Artinya, informasi yang diberikan secara terperinci dan dibahas dengan dalam adalah salah satu ciri konten yang banyak dicari.

Nah, terkait hal tersebut, mulailah untuk menyusun sub-topic dari keyword yang hendak digunakan. Tidak mengapa jika Anda menuliskan konten dengan banyak sub-topic. Hal tersebut justru bagus untuk memberikan informasi yang cenderung lebih detail. Selain itu, hindari membuat konten dengan memanfaatkan satu topik yang dibahas secara panjang.

Beberapa langkah di atas bisa menjadi solusi untuk meningkatkan traffic, terutama organic dengan tepat. Namun, tentu saja, menarik trafik pengunjung ke situs blog tidak hanya berkutat pada konten semata. Anda tentu juga harus melakukan optimasi pada konten dan website yang dikelola. Pasalnya, algoritma mesin pencarian senantiasa berubah dari waktu ke waktu.