Nih Cara-cara Ampuh Maksimalkan Penjualan di E-Commerce Biar Bisnis Banyak Cuan!

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
manfaatkan email marketing

Ketika Anda ingin membeli earphone, headset dan barang sejenis atau lainnya, Anda tak perlu lagi pergi ke counter atau toko barang elektornik, cukup buka aplikasi e-commerce lalu scroll-scroll dan checkout, Anda pun tinggal menunggu barang pesanan sampai di tangan.

Hal itu adalah salah satu kemajuan teknologi di bidang bisnis, yang awalnya dari bentuk tradisional antara penjual dan pembeli yang bertemu, maka sekarang hal itu tak perlu dilakukan lagi.

E-commerce merupakan salah satu bentuk bisnis online yang semakin berkembang pesat di era digital saat ini. Ini adalah peluang emas bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis tanpa membuka toko fisik.

Namun, untuk dapat bersaing dan mendapatkan keuntungan dalam bisnis e-commerce, memiliki produk atau jasa yang berkualitas dan menarik saja tidak cukup, Anda juga perlu memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan bisnis e-commerce Anda adalah penjualan. Penjualan merupakan tolok ukur kinerja bisnis Anda, baik secara finansial maupun non-finansial.

Maka dari itu, Anda memerlukan beberapa tips jitu yang bisa memaksimalkan penjualan di e-commerce agar dapat meraup banyak keuntungan.

Lalu, apa saja sih yang harus diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut? Mari kita simak ulasan lengkapnya dan pembahasannya di bawah ini!

Optimalkan SEO (Search Engine Optimization) Website

SEO adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan website Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google atau Bing.

Gampangnya, jika Anda menerapkan SEO maka produk atau jualan Anda akan muncul di halaman pertama dan bisa dilihat banyak orang. Dengan demikian, ketertarikan para calon pelanggan dan kecenderungan untuk membeli produk dari jualan Anda akan semakin meningkat.

Agar SEO bisa optimal untuk pencarian produk Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Memilih kata kunci yang relevan dan populer untuk produk atau jasa Anda.

Kata kunci atau keywords adalah istilah yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi atau solusi di mesin pencari.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, website Anda akan lebih mudah muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Membuat konten website yang informatif dan menarik bagi pengunjung

Konten website adalah teks, gambar, video, atau audio yang disajikan di website untuk memberikan informasi atau solusi kepada pengunjung.

Anda harus menyelaraskan konten website agar sesuai dengan kata kunci yang dipilih, hal ini akan memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Membuat tampilan website yang rapi dan mudah digunakan bagi pengunjung

Tampilan website adalah susunan halaman-halaman dalam website agar mudah dipahami oleh pengunjung. Struktur website harus memiliki menu utama dan sub-menu yang jelas dan logis. Selain itu Anda perlu menyusunnya sedemikian rupa agar lebih mudah untuk dimengerti.

Membuat tautan internal dan eksternal ke website lainnya

Tautan internal adalah tautan dari halaman dalam website Anda ke halaman lain dalam website tersebut. Tautan eksternal adalah tautan dari halaman dalam website Anda ke halaman lain di luar website tersebut.

Tautan internal dan eksternal dapat membantu meningkatkan relevansi dan otoritas website Anda bagi mesin pencari.

Dengan menerapkan SEO seperti cara di atas, maka traffic organik ke website Anda akan meningkat secara signifikan.

Manfaatkan Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial atau eksisting secara langsung dan personal.

Bisa dibilang juga ini adalah langkah promosi kepada para calon konsumen potensial yang sekiranya bisa tertarik dengan produk Anda.

Ada beberapa keunggulan dari email marketing yaitu:

• Dapat membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

• Meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan.

• Membantu meningkatkan konversi penjualan dengan menyampaikan informasi produk atau jasa secara detail dan persuasif.

• Email marketing dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan dengan memberikan layanan purna jual atau promosi khusus.

Namun, perlu diketahui bahwa email marketing yang tidak dilakukan dengan benar malah akan berbahaya karena bisa saja dianggap sebagai spam. Untuk melakukan email marketing dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Membuat subjek email yang menarik dan relevan

Buat subjek email yang menarik agar menyedot perhatian dan minat pelanggan untuk membuka dan membaca email Anda. Dengan demikian, para pelanggan pun bisa saja memutuskan untuk membeli produk yang Anda jual.

Membuat konten email yang informatif dan persuasif

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah membuat subjek email yang relevan dan memberikan informasi atau solusi yang bermanfaat bagi pelanggan. Konten email juga harus mengajak pelanggan untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan, seperti membeli produk, mengunjungi website, atau mendaftar program.

Membuat desain email yang profesional dan menarik

Desain email adalah tampilan atau layout dari email yang Anda kirim. Desain email harus mudah dibaca dan dinavigasi oleh pelanggan. Desain email juga harus sesuai dengan identitas merek dan tema bisnis Anda.

Membuat jadwal pengiriman email yang tepat

Jadwal pengiriman email adalah waktu atau frekuensi dari pengiriman email yang Anda lakukan. Jadwal pengiriman email harus disesuaikan dengan preferensi dan perilaku pelanggan.

Jadwal pengiriman email juga harus mempertimbangkan hari dan jam yang paling optimal untuk mendapatkan respons yang tinggi dari pelanggan.

Dengan melakukan email marketing secara optimal, maka penjualan di e-commerce Anda bisa perlahan namun pasti menyedot banyak calon pelanggan potensial.

Pakai Jasa Agregator Logistik yang Reliable dan Terpercarya

Agregator logistik adalah platform atau aplikasi yang menyediakan layanan pengiriman barang dari berbagai penyedia jasa logistik dan ekspedisi dalam satu tempat. Agregator logistik dapat membantu Anda memilih jasa logistik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Agregator logistik sangat penting untuk meningkatkan penjualan di e-commerce karena:

• Agregator logistik dapat membantu Anda menjangkau pelanggan di berbagai wilayah dengan lebih mudah dan cepat.

• Agregator logistik dapat membantu Anda menghemat biaya pengiriman barang dengan membandingkan dan memilih jasa logistik yang paling murah dan terpercaya.

• Agregator logistik dapat membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan informasi yang akurat dan transparan tentang status pengiriman barang.

• Agregator logistik dapat membantu Anda mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan barang dengan memberikan asuransi dan garansi pengiriman barang.

Memilih agregator logistik terpercaya adalah salah satu kunci agar bisnis e-commerce Anda berjalan lancar. Mengapa demikian? Sebab dengan agregator logistik yang tepat, pesanan yang harus Anda kirim ke pelanggan bisa sampai dengan tepat, aman dan cepat.

KiriminAja sebagai agregator logistik yang reliable sangat bisa membantu Anda dalam mewujudkan hal tersebut. Selain itu, KiriminAja juga menyediakan online store yang akan membantu Anda dalam mengatur margin profit dan manajemen produk.

Tak hanya itu, dengan daftar gratis di Dashboard KiriminAja, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Ada pula macam-macam fitur yang bisa bantu Anda semakin lincah dalam berjualan. Segera daftar dan rasakan manfaatnya sekarang juga biar penjualan di e-commerce makin meningkat, #Cashflowaman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.