Pentingnya Roadmap Bisnis untuk Tingkatkan Repeat Order: Meet & Share Bandung

Yanuar
1 tahun lalu
Info KiriminAja
Pentingnya Roadmap Bisnis untuk Tingkatkan Repeat

Cukup banyak pelaku UMKM menyadari bahwa dirinya dituntut mampu menciptakan strategi after sales yang mampu mempengaruhi keputusan pelanggan melakukan pembelian ulang.

Kesadaran tersebut menjadi tantangan tersendiri, karena masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami strategi jitu dalam menjalankan manajemen after sales.

Aang Permana, founder Sipetek & Mentor UMKM, menekankan pentingnya manajemen purna jual ini.

“Dalam repeat order, setiap bisnis harus tahu dulu jangka waktu pemakaian produknya. Ada yang mingguan, ada yang bulanan, atau malah per 3 bulan. Jadi, kita sebagai pebisnis bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk follow up customer kita lagi. Nah, ini yang kita sebut peran pentingnya ada di customer relationship management,” ucap Aang.

Memahami Manajemen Fundamental UMKM dalam Roadmap

Pada Kamis, 27 Juli 2023 yang lalu, didukung oleh SAPX, KiriminAja sukses mengadakan acara bertajuk Meet & Share Bandung.

Acara yang digelar di Point Lab Coworking Space Bandung ini menyajikan topik mengenai bagaimana upgrading roadmap bisnis dan manajemen after sales untuk mencapai repeat order.

Pembicara utama pada acara tersebut Aang Permana serta Rocky Pramana. Perlu diketahui bersama Rocky Pramana adalah CEO Cleora Beauty & Azrina Beauty.

Business sharing dari kedua pembicara tersebut dimoderatori oleh Cindy Valerie dari The Local Enablers Ecosystem.

Kedua pembicara tersebut berfokus pada bagaimana upgrading roadmap bisnis pelaku UMKM sebagai fundamental krusial dalam membangun manajemen after sales yang efektif. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara mencapai bisnis sustainability, ketika bisnis bertahan maka roadmap bisa dijalankan.

Sehingga manajemen purna jual ini nantinya jadi peran kunci menciptakan pelanggan yang loyal dan mendorong pembelian berulang.

“Kalau bicara soal roadmap bisnis, tidak ada ilmu yang pasti. Sebagai business owner, harus bisa jadi problem solver. Baca peluang, perluas jangkauan pasar lewat riset sederhana, dan jangan lupa kunci supaya brand kita dipercaya customer adalah dengan interaksi. Baik, interaksi dengan audiens di media sosial, serta interaksi dengan customer lewat metode customer relationship management,” tutur Aang Permana menjelaskan soal roadmap bisnis.

Berbagai tantangan, kendala, dan solusi dibicarakan bersama dalam business sharing ini. Apalagi para peserta yang hadir sama-sama berfokus pada konsumen di area Jawa, khususnya Jawa Barat.

Menambah Perspektif Pemilik UMKM dalam Manajemen After Sales

KiriminAja Meet & Share Bandung berfokus pada para pengusaha Bandung yang berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah Jawa Barat.

Karena itu jugalah, KiriminAja didukung oleh SAP Express yang sama-sama berfokus mendukung bisnis sustainable bagi perekonomian Jawa Barat.

Dukungan SAP Express bagi pebisnis Bandung ditunjukkan oleh Abdul Haris, SPV Retail Development SAP Express, dalam diskusinya dengan peserta Meet & Share.

Sehingga, para peserta Meet & Share diharapkan mendapat support system yang reliable untuk mengubah paradigma, menciptakan strategi after sales yang efektif, meningkatkan repeat order, mendapatkan pelanggan loyal, dan mengembangkan ekonomi Bandung.

Pada akhirnya, para business person ini jadi lebih reliable dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif sebab punya roadmap yang jelas dalam setiap langkah dan keputusan bisnisnya.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Yanuar
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.