Membuat Foto Menarik dengan Menggunakan Smartphone

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
72
Membuat Foto Menarik dengan Menggunakan Smartphone

Di era digital seperti saat ini, menjadi seorang pebisnis haruslah serba bisa. Apalagi bagi kamu pebisnis yang sedang merintis usaha. Selain berperan sebagai pemilik bagi usahamu sendiri, kamu juga dituntut untuk mampu bergerak sebagai CEO, sebagai manager, sebagai marketing, sebagai admin, bahkan sebagai fotografer.

 

Beruntungnya karena saat ini serba digital, kamu tidak perlu pusing untuk memiliki dan membeli kamera yang super canggih. Cukup menggunakan smartphone saja, kamu sudah bisa menghasilkan foto yang bagus. Namun dengan catatan, kamera smartphonemu sudah memiliki standar megapixel yang bagus juga ya.

 

Bagaimana dengan cara pengambilan foto? Jangan khawatir, kamu bisa juga mempelajarinya via internet. Walaupun nanti hasilnya tidak seindah hasil karya fotografer profesional pada umumnya, namun setidaknya fotomu sudah bisa digunakan sebagai senjata untuk berjualan.


Ini dia trik membuat foto yang menarik hanya dengan menggunakan smartphone :

1. Membuat studio mini sendiri

Studio mini ini bukan berarti kamu harus membuat studio layaknya studio foto pada umumnya ya. Cukup mengambil sudut di suatu tempatmu, bisa berupa meja, dan sulap sudut itu menjadi studio yang cukup dan mampu mengambil foto produkmu secara layak.

2. Ada model dalam fotomu

Daya tarik objek manusia memang tidak bisa dibohongi. Foto akan terlihat lebih hidup dan menarik dengan adanya model didalamnya. Tidak punya budget menyewa model? Kamu bisa meminta tolong pada teman-temanmu untuk beraksi.

3. Pencahayaan yang mumpuni

Tentunya ini merupakan point wajib yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto. Cahaya yang cukup akan memberikan efek terang pada foto produkmu. Usahakan menggunakan sumber cahaya foto terbaik yaitu matahari ya. Perhatikan jam-jam terbaik sinar matahari mengeluarkan cahaya indahnya. Namun jika foto itu dilakukan pada malam hari, gunakan lampu dan tempatkan pada sudut yang menghasilkan refleksi terbaik ke foto produkmu.

4. Memiliki tema dalam pengambilan foto

Kadang hal ini sering terlupakan, padahal dengan menentukan tema foto, kita jadi tau dan paham untuk bereksplorasi dalam pengambilan barang. Jika kamu kesulitan menentukan tema fotomu, cobalah membuka pinterest sebagai bahan referensimu.

5. Menggunakan aplikasi foto edit

Tersedia berbagai macam aplikasi edit foto yang mampu menyempurnakan hasil fotomu. Tinggal kamu pilih saja yang sesuai dengan kebutuhanmu. Adobe photoshop, lightroom, corel hinggal aplikasi bawaan bisa kamu gunakan.

 

Dalam usaha bisnis, foto produk merupakan salah satu komponen krusial. Tanpa foto produk tentunya konsumen akan mengalami kesulitan membayangkan produk apa yang kamu jual. Namun jangan terlalu terburu-buru untuk menyewa jasa fotografer. Jika kamu masih memiliki bugdet yang terbatas, tidak ada salahnya kamu mencoba tips diatas. 


Previous article Tips Memulai Bisnis Online
Next article Tips Promosi Online