Menaikkan Engagement Secara Real di Instagram

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
86
Menaikkan Engagement Secara Real di Instagram

Timeline Instagram akhir-akhir ini dipenuhi dengan konten-konten menarik yang merupakan implementasi dari marketing campaign. Fiturnya yang lengkap saat ini memudahkan  tersebut mengajak pengguna Instagram untuk mengunggah konten video multiklip berdurasi 15-30 detik yang dapat digunakan untuk menaikkan engagement secara real.

 Hal ini dikarenakan fitur tersebut memudahkan para pengguna Instagram untuk dapat merekam & menyunting video, menambahkan teks, efek atau filter, dan menambahkan audio  dengan alat kreatif yang tersedia yang dapat merevolusi brand bisnis Anda dalam membangun engagement.

Jadi, dapat dikatakan bahwa instagram menjadi salah satu media sosial yang recomended untuk dijadikan sebagai media bisnis yang kekinian. Tentu saja, dapat memperluas jangkauan bisnis Anda asalkan Anda memiliki engagement konten yang tinggi.

 

Tips Untuk Menaikkan Engagement dengan Instagram

Ketahui beberapa tips untuk menaikkan engagement menggunakan akun instagram dengan mudah, Yuk ketahui penjelasannya di bawah ini.

1. Posting di Waktu Terbaik

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan engagement instagram yaitu silahkan posting konten di waktu yang terbaik. Dari beberapa survey ternyata waktu yang bagus untuk posting yaitu jam 7 pagi dan 10 malam. 

Tak hanya  itu, posting di hari weekend juga sangat direkomendasikan dibandingkan di hari weekdays karena para pengguna akan lebih meluangkan waktunya membuka instagram di hari libur.

Saat engagement postingan konten Anda bagus maka jumlah konsumen juga akan bertambah secara pesat dalam waktu yang cepat.

2. Konsisten Posting

Berikutnya, cara agar engagement naik secara real di instagram yaitu Anda disarankan untuk melakukan posting konten secara konsisten. Anda dapat menggunakan fitur Reels sebagai sebagai ruang menampilkan sisi “natural” suatu brand dengan durasi hanya 15 sampai 30 detik saja.

Sampaikan konten (video) dengan materi yang singkat, padat dan jelas bagi audiens. Biasakan untuk mempersiapkan jadwal unggah konten secara rutin. Anda sebaiknya mempunyai gambaran terkait tema konten bisnis Anda.

Hal tersebut tentunya berpotensi menjaring audiens dengan ketertarikan terhadap tema  konten dalam skala yang lebih luas. 

3. Memiliki Brand Personality

Anda juga harus mempunyai brand personality karena hal tersebut merupakan salah satu karakteristik dari brand atau bisnis Anda. Nah, adanya brand personality tersebut dapat membantu brand untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan target konsumen.

Saat Anda mengunggah konten di media sosial maka harus mampu menjadi representasi dari brand personality. Pastikan, tema yang Anda pilih mempunyai karakteristik pembeda antara brand Anda dengan kompetitor.

Jangan lupa untuk mengembangkan hubungan antara bisnis Anda dengan audiens secara nyata dengan mengunggah konten yang menarik dan unik.

4. Thumbnail Menarik

Ketahuilah pemilihan thumbnail atau cover yang menarik juga dapat meningkatkan engagement bisnis Anda loh. Sebaiknya, Anda memilih thumbnail dengan kombinasi visual yang menarik sehingga akan membuat audiens menjadi penasaran terhadap konten yang Anda buat.

Apabila terdapat teks dalam thumbnail atau cover maka Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

perpaduan warna teks yang mudah terbaca

hindari penggunaan teks yang terlalu panjang

tonjolkan kata kunci unik sebagai headline.

pastikan thumbnail atau cover mampu mewakili materi konten secara keseluruhan.

5. Gunakan Waktu dengan Efisien

Anda juga disarankan untuk menggunakan waktu secara efisien, biasanya video diupload dengan durasi 15 dan/atau 30 detik sehingga Anda harus memanfaatkan durasi tersebut secara efisien.

Sebaiknya, Anda juga mengalokasikan 3 detik pertama untuk menarik perhatian para audiens mulai dari menyajikan fakta unik yang berkaitan dengan tema konten bisnis Anda. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengemas materi konten secara “padat” sehingga pesan dapat tersampaikan secara tepat meskipun dengan durasi yang singkat.

6. Gunakan Warna yang Kuat

Saat mengupload konten maka Anda juga harus menggunakan pilihan warna yang kuat sehingga tampilan kontennya unik, bahkan berbeda dengan konten kompetitor yang dapat menarik perhatian dalam sekejap.

Biasanya, gambar yang didominasi dengan satu warna maka akan terlihat lebih unggul dibandingkan dengan gambar tanpa adanya dominasi warna.

7. Gunakan Fitur Teks untuk Mengajak

Anda juga sebaiknya menggunakan fitur teks untuk mengajak pengguna instagram melakukan sesuatu seperti membeli produk ataupun ajakan untuk melihat video Anda sampai selesai.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menuliskan kata-kata atau kalimat yang menarik sehingga dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Dengan demikian memang konten yang di upload ke akun instagrammu dapat dijadikan sebagai media promosi yang kuat.

Jangan gunakan kalimat yang berbelit-belit karena hal tersebut justru membuat pengguna instagram tidak suka untuk melihatnya.

8. Mendorong followers untuk berdiskusi

Anda juga disarankan untuk mendorong followers untuk berdiskusi, ketahuilah bahwa ajakan yang kuat memang akan mendorong tingkat keterlibatan yang tinggi sehingga Anda dapat menuliskan sebuah pendapat yang kuat.

Biasanya, pendapat yang kuat tersebut akan mengundang sudut pandang kontras dari para pengikut di media sosial sehingga akan mendorong mereka untuk sekedar bertanya.

Ketahui, tujuan dari membuat pengikut instagramu bertanya adalah membuat engagement secara real di akun instagram dengan mendapatkan banyak komentar dan diskusi dari banyak orang di dalamnya.

9. Gunakan hashtag yang tepat

Apabila Anda menggunakan hastag dengan tepat maka hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mencapai visibilitas yang lebih tinggi untuk postingan yang dibuat. Ketahuilah bahwa orang yang menggunakan hashtag untuk menemukan gambar sesuai dengan tema konten Anda.

Hastag apapun yang Anda gunakan memang akan memberikan peluang yang cukup besar untuk ditampilkan dalam hasil penelusuran tersebut.

Tetapi, sebaiknya Anda juga berhati-hati saat menggunakan hastag karena saat tidak tepat memilih hastagnya maka bisa kehilangan followers bahkan tidak ada interaksi dari para penggunanya.

10. Menyertakan wajah

Anda juga disarankan untuk menyertakan wajah sebagai salah satu tempat pertama untuk membuat orang lain semakin percaya dengan bisnis yang kita jalankan. Ketahuilah bahwa emosi yang kuat dari dalam diri maka akan membentuk kesan yang kuat sehingga dapat dengan mudah meningkatkan engagement secara real.

Oleh karena itu, wajah dalam gambar di postingan Anda akan lebih memudahkanmu untuk mendorong lebih banyak koneksi sosial dengan followers Anda sehingga akan tercipta engagement yang baik.

11. Strategi caption Anda

Ketahuilah bahwa teks berupa caption mempunyai efek yang kuat untuk interaksi followers Anda sehingga harus tetap memusatkan konten dengan gambar. Perhatikanlah, saat menulis caption sebaiknya jangan terlalu panjang.

Pilihlah kata-kata dengan intonasi yang mempengaruhi jumlah suka dan komentar pada postingan Anda sehingga dapat menaikkan engagement postingan.

12. Gunakan Fitur InstaStory

Anda juga dapat menaikkan engagement secara real dengan menggunakan fitur instastory yang sampai saat ini menjadi salah satu media promosi yang sangat luar biasa efeknya. Sebaiknya, Anda juga jangan melupakan manfaatnya karena Anda pasti akan terkejut dengan hasil yang didapatkan.

 

Demikianlah ulasan mengenai cara menaikkan engagement secara real melalui akun media sosial instagram yang cepat dan mudah.