Menerapkan Konsep 5A Marketing Di Dalam Bisnis Online

Kinanthi Haksari
15 September 2021
44
Menerapkan Konsep 5A Marketing Di Dalam Bisnis Online

Konsep 5A marketing ini merupakan salah satu strategi dalam dunia marketing yang menjelaskan konsep tentang perilaku konsumen berdasarkan 5A. Apa sajakkah itu ?


Mengenal Konsep 5A Marketing

Secara sederhana konsep 5A marketing ini adalah jenis pemasaran yang berorientasi terhadap manusia berdasarkan daya tarik akan sebuah merek tertentu. Pada mulanya customer path ini mempunyai konsep 4A. Di sebabkan perilaku berbelanja seseorang lebih bersifat ke dinamis yang memiliki artian mereka lebih suka belanja dengan rekomendasi seorang teman, sehingga terdapat penambahan Advocate dan jadilah konsep 5A seperti sekarang.

 

Konsep 5A Dalam Dunia Marketing Online

1. Awareness

Pada tahap yang pertama konsumen mulai sadar akan produk milikmu yang berasal dari teman, keluarga atau bahkan bisa saja dari iklan online di media sosial milikmu. Pada tahap ini kamu harus bisa memberikan iklan yang bisa menarik perhatian sehingga mereka bisa tertarik untuk mengunjungi toko milikmu.

2. Appeal

Di tahapan ini mereka sudah tertarik untuk mencari tahu sehingga biasanya akan mengunjungi website maupun media sosial. Jadi jangan lupa untuk selalu memberikan update karena salah satu strategi konsep 5A marketing adalah mengandalkan media sosial, website dan juga e-commerce untuk berjualan.

3. Ask

Tahapan yang satu ini para konsumen suda tertarik dengan toko online yang kamu miliki sehingga nantinya mereka pastinya akan menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan produk yang ada di toko milikmu. Artinya strategi marketing yang kamu lakukan di media sosial berhasil.

4. Act

Tahap ini yang paling ditunggu-tunggu karena konsumen sudah masuk ke dalam tahapan memesan dan juga melakukan pembayaran. Pada tahap ini tetap saja kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen karena nantinya mereka bisa saja bertanya status pengiriman maupun produk.

5. Advocate

Konsumen mendapatkan produk, mencoba dan merasa puas dengan produk yang kamu jual tersebut, mereka akan berada dalam tahap rekomendasi. Terutama jika mereka menilai produk milikmu dengan baik. Konsep 5A marketing yang terakhir ini adalah mereka akan memberikan rekomendasi ke teman-temanya sehingga lebih dapat meningkatkan penjualan.



KiriminAja
Jangan malu untuk bertanya