Mengenal Apa Itu Retur Penjualan Dan Retur Pembelian

Kinanthi Haksari
15 September 2021
38
Mengenal Apa Itu Retur Penjualan Dan Retur Pembelian

Proses retur barang ini sangat sering terjadi pada saat jual-beli, ada dua jenis retur yang harus kamu tahu yaitu retur penjualan dan pembelian. Saat ini kita akan membahas perbedaan dari kedua jenis retur tersebut.

Apa Itu Retur ?

Ketika berada di dalam proses jual-beli sebuah barang di dalam suatu perdagangan wholesale, pastinya akan mengenal yang namanya retur atau biasa disebut dengan pengembalian barang kepada para pihak penjualan. Hal ini bisa terjadi karena adanya ke tidak sesuai akan pesan barang tersebut atau bisa juga barang datang dalam keadaan yang rusak. Prosedur retur barang baru akan terjadi jika dalam proses jual-beli tersebut sudah terselesaikan.

Retur Penjualan

Retur penjualan adalah proses penerimaan barang dari pihak pembeli ke pihak penjualan karena adanya sebuah alasan barang tidak seperti apa yang pembeli inginkan maupun barang yang sudah di kirim tersebut mengalami kerusakan sehingga pembeli melakukan retur barang.

Adanya retur di dalam penjualan ini akan memberikan dampak tagihan atau piutang dari pihak penjual terhadap pihak pembeli berkurang. Retur penjualan ini juga dibagi ke dalam tiga jenia yaitu :

Retur penjualan yang akan berdampak terhadap pengurangan piutang pembeli.

Retur penjualan yang mengembalikan pembayaran terhadap pembeli nantinya.

Retur penjualan untuk proses penggantian barang yang rusak berasal dari pihak pembeli dengan barang yang baru kepada pihak pembeli juga yang biasa disebut dengan klaim untuk melakukan retur barang.

Retur Pembelian

Jenis retur yang satu ini adalah pengembalian barang dari pihak pembeli ke penjual karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan keinginan atau deskripsi yang sebelumnya sudah disebutkan. Adanya retur pembelian ini bisa mengurangi hutang dari pihak penjual maupun pemilik barang. Pemotongan ini memiliki dua tipe :

· Retur pembelian tunai, pengembalian barang yang sudah dibeli secara tunai kepada penjual yang sebelumnya sudah ada perjanjian jika barang yang akan di retur akan disertai dengan pengembalian pembayaran.

· Retur pembelian kredit, pengembalian barang ke penjual terhadap transaksi yang belum lunas. Saat dilakukan retur barang otomatis bisa mengurangi hutang pembelian ke penjual. 



KiriminAja
Jangan malu untuk bertanya