Mobile Marketing: Tujuan, Fungsi & Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
tujuan mobile marketing

Mobile marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang mengoptimalkan penggunaan media mobile untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Strategi yang digunakan biasanya berupa optimasi situs web untuk perangkat mobile, konten promosi yang mobile friendly, membuat aplikasi mobile, dan sebagainya.

Strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan besar karena dinilai lebih efektif. Pasalnya, 80% pengguna internet memiliki smartphone dan 60% mengaksesnya melalui mobile.

Jadi, langsung saja yuk pelajari selengkapnya tentang Mobile Marketing dalam artikel ini.

Mobile Marketing Adalah Pemasaran di HP

Dalam buku berjudul The Book of Digital Marketing, Gunawan Chakti mendefinisikan mobile marketing sebagai sebuah strategi digital marketing multi-saluran yang bertujuan untuk menjangkau target audiens melalui media mobile.

Seperti audiens yang menggunakan smartphone, tablet, atau perangkat seluler lainnya. Biasanya, strategi ini dilakukan melalui email, SMS, media sosial, situs web, atau pun aplikasi. 

Tujuan Mobile Marketing

Berikut adalah beberapa tujuan dari Mobile Marketing:

Memanfaatkan Teknologi Seluler

Mobile Marketing merupakan strategi pemasaran yang mengoptimalkan penggunaan teknologi perangkat seluler. Mulai dari SMS, email, media sosial, situs web, dan lainnya.

Meningkatkan Penjualan Produk

Dengan membuat strategi digital marketing yang tepat, akan mempengaruhi target audiens untu melakukan pembelian. Apalagi, saat ini kebanyakan orang melakukan transaksi melalui media mobile.

Menentukan Strategi Marketing

Dengan Mobile Marketing, Anda juga akan lebih mudah untuk melihat interaksi antara konsumen dengan bisnis. Apalagi, berbagai platform digital juga biasanya memiliki fitur bisnis yang dapat melihat data tersebut secara otomatis.

Fungsi dan Manfaat Mobile Marketing

Strategi Mobile Marketing ini memiliki berbagai fungsi dan manfaat untuk bisnis Anda. Berikut diantaranya:

Fungsi Mobile Marketing

  • Mobile Sales Promotion
  • Mobile Advertising
  • Mobile Direct Marketing
  • Mobile CRM (Customer Relation Management)

Manfaat Mobile Marketing:

  • Proses marketing lebih cepat tersampaikan karena lebih dari 80% pengguna internet menggunakan media mobile untuk mengangkses.
  • Aktivitas marketing dapat lebih terukur karena data yang didapatkan secara realtime dan otomatis.
  • Meningkatkan interaksi secara langsung dengan konsumen.
  • Mudah menentukan strategi yang relevan dengan kebutuhan konsumen.
  • Menghemat biaya iklan.

Jenis Mobile Marketing

Terdapat dua jenis Mobile Marketing yang dapat digunakan sesuai dengan target audiens, anggaran, dan jenis industrinya. Berikut pembahasan lebih lanjutnya:

App-Based Marketing

App-Based merujuk pada strategi marketing yang menggunakan aplikasi mobile sebagai sarana utama untuk berinteraksi dengan target audiens dan mempromosikan produk atau  layanan.

In-Game Mobile Marketing

Berbeda dengan jenis sebelumnya, In-Game lebih spesifik menggunakan mobile game sebagai media untuk melakukan promosi. Contohnya seperti pop-up banner, iklan gambar satu halaman penuh, atau iklan video yang muncul saat loading.

Cara Kerja Mobile Marketing

Memahami cara kerja Mobile Marketing berguna untuk mempelajari penggunaan berbagai saluran dan teknik pemasaran yang optimal untuk perangkat mobile.

Langsung saja  yuk, ini dia cara kerja Mobile Marketing yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Situs Web yang Responsif

Ini artinya, tampilan situs web bisnis Anda perlu dirancang agar sesuai dengan tampilan perangkat mobile. Sehingga, pengunjung akan merasakan pengalaman yang baik saat mengakses situs web Anda.

Memanfaatkan Fitur untuk Perangkat Seluler

Ada berbagai fitur untuk perangkat seluler yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna. Seperti penargetan pengguna berdasarkan lokasi, QR Code yang dapat mengarahkan ke halaman lain, dan sebagainya.

Konten yang Mobile Friendly

Buatlah konten yang dapat menyesuaikan ukuran layar smartphone, sehingga audiens akan lebih nyaman saat mengangkses. Selain itu, hindari paragraf yang terlalu panjang. Buat konten secara ringkas dengan menonjolkan keunggulan produk yang ditawarkan.

Optimalisasi Email Marketing

Anda juga perlu menyesuaikan email marketing agar mobile friendly. Pasalnya, lebih dari 46% email dibuka melalui smartphone.

Setelah mempelajari cara kerja Mobile Marketing, selanjutnya Anda dapat menentukan ide promosi yang akan dilakukan untuk campaign. 

Tak perlu khawatir, ada banyak ide promo menarik yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Untuk itu, kami sudah menyiapkan panduan lengkap ide promo menarik yang bisa Anda jalankan untuk bisnis Anda sendiri.

Contoh Mobile Marketing

Karena dinilai efektif, banyak perusahaan besar yang menggunakan Mobile Marketing sebagai salah satu strategi pemasaran mereka. Salah satunya ialah merek teknologi yang cukup dikenal, yaitu Samsung.

Saat rilis ponsel Galaxy S6, Samsung melakukan kerjasama dengan perusahaan teknologi asal India, InMobi. Tujuan dari kolaborasi ini adalah mengembangkan iklan mobile yang interaktif.

Tema besar yang ingin disampaikan ialah “Kemampuan Samsung mengisi daya baterai super cepat”. Oleh karena itu, iklan seluler dirancang agar muncul ketika baterai akan habis. Sehingga mendorong konsumen untuk membeli ponsel yang baru dirilis tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Marketing

Kelebihan:

  • Terdapat beragam pilihan platform yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.
  • Memungkinkan untuk menjangkau audiens di mana saja dan kapan saja.
  • Mobile Marketing dapat dipersonalisasikan, sehingga lebih mempererat hubungan dengan pelanggan.
  • Biaya lebih mudah dibandingkan pemasaran secara tradisional.

Kekurangan:

  • Membutuhkan persetujuan pengguna terlebih dahulu sebelum menawarkan mobile marketing.
  • Tren dalam Mobile Marketing terus berubah, sehingga harus selalu mempelajari tren yang sedang berkembang.
  • Ulasan atau pengalaman buruk pelanggan dapat menjadi viral.

Nah, itu dia pembahasan terkait mobile marketing dari KiriminAja. Selanjutnya, Anda perlu menambahkan strategi lain agar iklan dengan mobile marketing dapat mendatangkan konversi yang banyak.

Misalnya, Anda memberikan penawaran menarik berupa pengiriman dari berbagai ekspedisi dengan harga hemat dan berkualitas reliable. 

Kabar baiknya, tidak diperlukan effort banyak untuk pelayanan prima seperti itu. Anda hanya perlu melakukan registrasi secara gratis di Dashboard KiriminAja.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengatur pengiriman dengan kebebasan menentukan margin profit. Jadi, #CashFlowAman, bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.