Operator Packing Adalah Dia yang Tiap Hari Bersahabat Bubble Wrap

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
cara-packing-paket

Packing adalah proses pengemasan barang atau produk dengan bahan khusus. Tujuannya untuk meminimalisir kerusakan barang selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Aktivitas packing ini sangat penting karena dapat menentukan apakah barang sampai ke tangan penerima dalam keadaan baik atau tidak.

Namun, karena penanganan setiap barang biasanya berbeda, mungkin Anda masih kesulitan menentukan bahan kemasan dan cara packing yang benar.

Untuk hal ini, sebenarnya ada solusi praktis, yaitu memanfaatkan operator packing yang tersedia di berbagai jasa pengiriman.

Dalam artikel ini, akan KiriminAja bahas tentang definisi packing, operator packing, tugas operator packing, dan cara melakukan packing yang baik. 

Apa itu Proses Packing?

Packing adalah proses pengemasan barang atau produk untuk persiapan pengiriman ke konsumen atau penyimpanan di gudang.

Proses ini meliputi aktivitas memilih kemasan yang sesuai, melindungi paket dari kerusakan selama pengiriman, dan menyusun barang dengan rapi dan aman dalam kemasan.

Tujuan proses packing yaitu meminimalisir kerusakan barang selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Siapakah Operator Packing Itu?

Operator packing merupakan jenis layanan yang ditawarkan oleh jasa pengiriman untuk proses packing atau pengemasan barang yang akan dikirim.

Layanan ini ditawarkan oleh jasa pengiriman agar mempermudah pelanggan yang mungkin tidak memiliki pengalaman mengemas barang dengan benar. Selain itu juga untuk pengemasan barang yang membutuhkan penanganan khusus.

Jika menggunakan layanan ini, Anda perlu membayar biaya tambahan. Besarnya biaya tersebut tergantung jenis dan ukuran barang yang akan dikirim.

Untuk itu, sebelum menggunakan jasa packing, akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu tingkat keamanan dan harga yang ditawarkan.

Anda bisa memahami bagaimana skema bisnis jasa packing dan pengaruhnya ke bisnis Anda. Atau, untuk meringkasnya, Anda bisa membaca uraian bagaimana cara mendapat jasa packing yang berkualitas dan terjangkau.

Dengan begitu, Anda akan punya standar tertentu mendapat jasa packing. Efeknya, Anda tahu bahwa sedang memakai jasa packing yang aman bagi paket, nyaman bagi konsumen, dan terjangkau bagi bisnis Anda sendiri.

Tugas Operator Packing

Tugas utama seorang operator packing adalah mengemas barang dengan baik dan aman agar tidak terjadi kerusakan selama proses pengiriman atau penyimpanan.

Untuk menunjang tugas utama tersebut, seorang operator packing memiliki beberapa tugas antara lain:

Menganalisis Jenis dan Jumlah Barang yang Akan Dikirim

Sebelum melakukan pengemasan, operator packing menganalisis terlebih dahulu jenis dan jumlah barang yang akan dikirim untuk menentukan jenis dan jumlah bahan kemasan yang dibutuhkan.

Memilih Bahan Kemasan yang Tepat

Setelah mengetahui jenis barang yang akan dikirim, operator packing memilih bahan kemasan yang tepat untuk melindungi barang dari kerusakan selama pengiriman atau penyimpanan.

Mengemas Barang

Selanjutnya, operator packing mengemas barang dengan cara yang aman dan efisien, mengikuti standar pengemasan yang telah ditetapkan oleh jasa pengiriman.

Memberikan Label

Operator packing memberikan label pada paket dengan informasi yang diperlukan, seperti alamat pengirim, alamat penerima, nomor resi, dan instruksi pengiriman lainnya.

Menyusun Paket

Setelah barang dikemas dan diberi label, operator packing menyusun paket dengan rapi dan benar agar siap untuk dikirim.

Memberikan Saran

Selain melakukan tugas utama, operator packing juga dapat memberikan saran pada pelanggan tentang cara terbaik untuk mengemas barang agar aman selama pengiriman.

Dengan melakukan tugas-tugas di atas, operator packing dapat memastikan barang yang dikirim melalui jasa pengiriman akan tiba dengan aman dan tidak mengalami kerusakan selama perjalanan.

Cara Packing Paket yang Benar

Setiap jasa pengiriman biasanya telah menetapkan standar packing masing-masing. Namun, semuanya memiliki tujuan sama, yaitu melindungi barang dari kerusakan selama pengiriman.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk packing paket yang benar:

Pilih Bahan Kemasan yang Tepat

Pastikan bahan kemasan cocok untuk barang yang akan dikirim. Jika barang itu rapuh atau mudah rusak, gunakan bahan kemasan yang lebih kuat dan tahan banting seperti bubble wrap atau styrofoam. 

Lindungi Sudut dan Tepi

Lindungi sudut dan tepi barang dengan tambahan bahan kemasan. Hal ini dapat menghindari kerusakan yang bisa terjadi jika paket terjatuh atau terguncang selama pengiriman.

Gunakan Kotak yang Tepat

Gunakan bungkus kotak yang tepat untuk barang yang akan dikirim. Pastikan ukurannya sesuai dengan barang. Jika kotak yang terlalu besar, barang bisa bergeser dan rusak selama pengiriman.

Gunakan Bahan Pengisi

Jika ada ruang kosong dalam kotak, gunakan bahan pengisi seperti bubble wrap atau styrofoam untuk menghindari barang bergeser selama pengiriman.

Beri Label dengan Jelas

Pastikan label paket terlihat dengan jelas dan memuat informasi yang diperlukan, seperti alamat pengirim, alamat penerima, nomor resi, dan instruksi pengiriman lainnya.

Namun, untuk mencetak label dalam jumlah banyak dan pesanan yang beragam mungkin akan merepotkan. Apalagi jika pembuatan label masih dilakukan secara manual.

Kabar baiknya, Anda dapat mencetak banyak label sekaligus secara otomatis hanya melalui satu device printer lho. Caranya dengan menggunakan fitur management order yang tersedia di KiriminAja.

Untuk itu, Anda hanya perlu daftar gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga, melakukan sejumlah verifikasi dokumen, dan mulai menikmati layanan reliable aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jangan Lupa Asuransi

Jika barang yang dikirim memiliki nilai yang tinggi, pastikan untuk membeli asuransi pengiriman untuk melindungi barang dari kerusakan atau hilang selama pengiriman.

Periksa Kembali

Terakhir, periksa kembali paket dan pastikan tidak ada bagian yang rusak atau tidak aman sebelum dilanjutkan ke proses pengiriman.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat memastikan paket yang dikirim sampai ke tangan penerima dalam keadaan baik.

Selain untuk melindungi paket, packing juga berpengaruh pada kepuasan pelanggan lho. Packing yang berkualitas dan elegan akan lebih memberikan kesan belanja yang baik.

Untuk itu, Anda dapat mempelajari tips dan trik packing yang Berkualitas, aman dan elegan. Agar packaging produk Anda lebih menarik di mata pelanggan.

Bagi operator packing, menguasai tips dan trik packing di atas berarti memastikan paket aman dan memberi kenyamanan ke konsumen.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.