Sebelum Menggunakan Teknik ClickBait, Perhatikan Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya

Updated September 28, 2022 • Created 10 bulan yang lalu
Sebelum Menggunakan Teknik ClickBait, Perhatikan Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya

Jika anda memiliki website maupun konten video di Youtube, pastinya salah satu tujuan maupun keinginan anda adalah mendapatkan banyak pengunjung maupun penonton. Jika memang begitu, ada cara agar pengunjung website maupun penonton video meningkat.

Apa Itu?

Cara tersebut adalah Clickbait, namun anda jangan sampai menggunakan clickbait secara berlebihan karena akan merusak reputasi web maupun konten anda. 

Lalu clickbait yang seperti apa yang bisa meningkatkan traffic dan cocok untuk perkembangan strategi konten?

Yuk kita pelajari sama-sama mengenai clickbait secara lengkap dan hal itu juga termasuk mengenai cara membuat judul clickbait yang baik dan benar.

  1. Tentang Clickbait

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat clickbait yang baik dan benar, tak salahnya kita berkenalan terlebih dahulu dengan clickbait itu sendiri. 

Clickbait adalah sebuah teknik membuat judul untuk sebuah konten agar bisa lebih terlihat menarik dan tujuan dari clickbait ini untuk memancing orang agar mau klik terhadap konten yang anda buat. Sehingga anda akan mendapatkan jumlah klik yang banyak.

Clickbait bisa anda temukan dengan sangat mudah di berbagai macam jenis konten dari mulai postingan seseorang di blog, konten berita maupun video yang ada di Youtube. Dibawah ada beberapa ciri judul yang mengandung clickbait.

  1. Biasanya ClickBait akan berisikan judul yang bisa mengundang penasaran seseorang.

  2. Judul yang menggunakan clickbait juga biasanya mengandung emosi.

  3. Gambar thumbnail yang lucu dan juga mudah untuk diingat.

Di Indonesia juga ada beberapa platform berita maupun personal blog yang seringkali menggunakan judul yang mengandung clickbait untuk meningkatkan traffic mereka. Dan hal ini sah saja karena clickbait termasuk strategi konten marketing.

Tapi, meskipun clickbait adalah salah satu strategi konten yang ampuh untuk menarik orang untuk membuka konten, jika berlebihan dalam menggunakannya maka akan membuat audien kesan. Maka dari itu, jika anda ingin menggunakannya disarankan untuk lebih berhati-hati.

Meskipun menggunakan teknik pembuatan judul dengan menggunakan clickbait, anda harus tetap fokus kepada konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca dan juga informasi yang diberikan juga harus sesuai.

Jika salah langkah, reputasi bisnis maupun konten yang anda buat akan dipertaruhkan disini.

Itu tadi membicarakan mengenai resiko yang didapatkan jika menggunakan teknik clickbait secara berlebihan, apa sih kelebihannya? Dan pasti ada kekurangannya juga dong?

Tentu saja kedua hal tersebut ada di dalam teknik clickbait, teknik ini tidak sempurna. Simak baik-baik mengenai kelebihan dan juga kekurangannya.

  1. Kelebihan ClickBait

    1. ClickBait dapat Meningkatkan CTR 

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di awal bahwa Clickbait dapat mengundang audiens untuk melakukan klik. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena seperti cirinya bahwa clickbait mengandung rasa penasaran audiens, sehingga mereka akan melakukan klik karena penasaran.

Audiens melihat judulnya maka ia akan berharap untuk menemukan jawaban dari konten yang anda sajikan. Banyak orang yang sudah mengalaminya, bahkan ada sebuah riset yang mengatakan bahwa 8 dari 10 orang yang melihat judul clickbait, mereka akan melakukan klik.

Sehingga hal ini bisa meningkatkan CTR atau Click Through Rate, CTR yang tinggi tentu saja akan menjadi bukti bahwa konten yang anda buat lebih relevan dengan kebutuhan yang dicari Audiens.

  1. Meningkatkan PageViews

CTR naik itu artinya audiens tertarik dengan apa yang anda suguhkan dan melakukan klik. Maka secara otomatis, PageViews juga akan bertambah dan meningkat. Dengan begitu, mesin pencari Google akan menganggap bahwa konten tersebut relate dengan kebutuhan audiens.

Akhirnya, Google akan merekomendasikan di mesin pencari atau menaruhnya di halaman mesin pencari. Tidak hanya itu saja, anda juga akan mendapatkan pemasang iklan dengan lebih mudah, sehingga penghasilan dari konten juga meningkat.

Tentu hal itu akan terjadi jika anda menggunakan clickbait dengan sangat tepat.

  1. Berpotensi Meningkatnya Social Share

CTR dan PageViews meningkat itu artinya konten yang anda buat dengan teknik judul clickbait disukai oleh banyak audiens dan hal inilah yang akan meningkatkan social share. Potensi ini yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dari konten yang anda buat.

Jika anda telah berhasil membuat judul clickbait yang relevan dengan isi materi yang disampaikan maka social share berpotensi meningkat. Namun jika anda menggunakan clickbait secara berlebihan dan isi konten tidak sesuai. Maka jangan mengharapkan social share meningkat.

  1. Kekurangan Teknik ClickBait

Sebenarnya dalam hal kekurangan dari teknik clickbait ini sudah sedikit dibahas pada pembahasan tentang kelebihannya, namun dibawah ini akan dijelaskan lebih detail lagi. Simak pembahasannya :

  1. Traffic yang Tidak Sesuai Harapan

Memang, Clickbait bisa mendatangkan traffic yang tinggi karena audiens akan penasaran dengan isi kontennya. Akan tetapi, target audiens tersebut bisa saja bukan target audiens yang sesuai dengan apa yang direncanakan dalam pembuatan konten tersebut.

Sehingga tujuan anda dalam pembuatan konten tersebut hanya akan berakhir dari pembaca maupun penonton anda bertambah saja, tidak ada upaya meningkatkan penjualan maupun tujuan yang sudah anda rancang sebelumnya.

  1. Bounce Rate Akan Meningkat

Kekurangan lainnya adalah bounce rate akan meningkat sangat tinggi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena audiens mulai menyadari bahwa konten yang anda sajikan tidak sesuai dengan judul. Sehingga mereka akan meninggalkan konten anda lebih cepat.

Web dengan peningkatan bounce rate yang terlalu tinggi tidak disukai Google, karena hal itu mencerminkan tidak relevannya konten yang anda buat dengan kebutuhan audiens. Sehingga, Google tidak akan merekomendasikan ke pengguna lainnya di hasil pencarian.

  1. Dapat Merusak Brand Image

Jika anda menggunakan teknik clickbait dengan tidak sesuai seperti isi konten anda tidak sesuai dengan judul atau anda menawarkan promo produk untuk semua orang. Tapi, ketika audiens membacanya ternyata promo tersebut hanya untuk beberapa orang saja.

Tentu hal ini akan menjadi image negatif terhadap brand anda dan kepercayaan audiens akan menurun terhadap bisnis yang sedang anda jalankan.

Sekarang sudah paham bukan bagaimana cara menggunakan clickbait berdasarkan kelebihan dan juga kekurangannya. 

ClickBait adalah salah satu strategi konten marketing dengan tujuan mendapatkan klik banyak orang, clickbait yang bagus akan meningkatkan PageViews, CTR sampai social share. Sehingga hal itu akan memberikan dampak positif terhadap brand awareness.

Namun, hal ini akan sangat disayangkan jika anda menggunakannya terlalu berlebihan maka akan merusak bisnis maupun brand yang tengah anda bangun. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan ya untuk penggunaan ClickBaitnya.

Semoga pembahasan mengenai kelebihan maupun kekurangan dari teknik pembuatan judul ClickBait ini bisa membantu meningkatkan brand awareness yang sedang anda bangun dan tujuan pembuatan konten juga tepat sesuai dengan yang diharapkan.

Lain kali kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai ClickBait yang bisa anda terapkan secara langsung di bisnis maupun konten yang sedang anda kerjakan saat ini.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Ruth
Author
Ruth
Bagikan