Pentingnya Riset Pasar Dalam Memulai Bisnis

Dwika
1 tahun lalu
Bisnis
Kenapa perlu riset pasar dalam bisnis?

Riset pasar adalah proses menentukan kelayakan produk baru melalui survey/pendekatan/interaksi langsung dengan pelanggan potensial.

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui target pasar, pendapat, umpan balik dari konsumen potensial tentang minat mereka terhadap ide produk bisnis.

Tujuan dilakukan riset pasar sebelum membangun suatu usaha adalah untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen potensial atau dari kondisi pasar pada umumnya.

Harus diakui, bahwa pasti ada keraguan mengapa riset pasar perlu dilakukan dalam memulai wirausaha. 

Padahal, banyak pelaku bisnis online yang melewatkan proses riset pasar dan kelihatannya baik-baik saja.

Karena itulah, KiriminAja sudah menyiapkan artikel khusus yang memberi penjelasan kenapa untuk menguji kelayakan usaha diperlukan riset.

Hanya saja, jangan hanya terpaku pada riset saja. Sebagai faktor keberhasilan usaha, riset memang pondasi banget. Akan tetapi, masih banyak sejumlah faktor lain yang juga jadi pondasi bisnis Anda.

Makanya, kami juga menghadirkan panduan memahami berbagai faktor keberhasilan wirausaha untuk Anda. Sehingga Anda punya pandangan yang lebih komprehensif.

Anda sangat direkomendasikan membaca uraian di tautan tersebut agar mendapat pemahaman lebih clear tentang peran riset yang dibahas di sini dan korelasinya dengan identifikasi kelayakan usaha.

Riset Pasar Adalah Proses Krusial

Lalu mengapa Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum melakukan bisnis online?

Jawabannya adalah karena, dalam membangun bisnis, Anda perlu banget tahu calon konsumen yang akan menjadi target pasar produk. Mendapatkan karakteristik target pasar yang baik adalah dengan melakukan riset pasar.

Artinya, pentingnya riset pemasaran adalah untuk membangun fundamental target pasar nantinya. Berkembangnya sebuah bisnis akan sangat dipengaruhi oleh pasar karena di sanalah produk dan layanan akan ditawarkan kepada konsumen.

Untuk lebih detailnya, KiriminAja sudah membuat pemaparan tentang bagaimana dan sejauh apa tujuan riset pasar bagi pemilik bisnis:

Menambah Peluang Baru

Riset pasar dinilai mampu menambah peluang untuk mendapatkan omset serta keuntungan yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak melakukan riset pasar. Peluang baru yang dimaksud tidak hanya sebatas pada pasar lokal saja, namun juga kemungkinan besar akan merambah ke daerah lain maupun luar negeri.

Mempelajari Kebutuhan dan Permintaan Pasar

Dengan melakukan riset pasar, para pelaku usaha akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dalam jumlah yang cukup besar.

Hal tersebut bisa menjadi dasar dan peluang bagi perusahaan untuk menambah omset dan keuntungan. Dengan melakukan riset maka Anda dapat memastikan bahwa produk yang ditawarkan akan sesuai dengan kebutuhan.

Mempelajari Karakter Calon Konsumen

Apabila kebutuhan dan permintaan pasar sudah diketahui, maka pelaku usaha selanjutnya akan mengetahui lebih dalam mengenai karakter konsumen yang akan menjadi target pasar. Pengenalan konsumen ini berfungsi untuk membantu pelaku usaha maupun perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk memulai bisnisnya.

Mempelajari Strategi Kompetitor

Riset pasar dilakukan dalam rangka mempelajari dan menganalisis strategi yang digunakan oleh kompetitor dalam memasarkan dan menjual produk.

Pelaku usaha bisa mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan pada bisnisnya agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat lebih bersaing dengan kompetitor karena sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup.

Mempelajari/Mengetahui Kendala Serta Resiko

Alasan pentingnya riset pasar selanjutnya adalah bisa mengetahui dan mempelajari kendala serta resiko secara garis besar sebelum memulai usaha. 

Bisnis maupun usaha yang sudah diperhitungkan secara cermat terkait apa saja kendala dan resiko yang mungkin akan dihadapi, akan lebih mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan mereka yang tidak melakukan riset pasar.

Cara Riset Pasar yang Efektif

Setelah mengetahui pentingnya riset pasar, berarti Anda perlu tahu bagaimana cara praktik riset pasar yang efektif.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara melakukan riset pasar yang efektif, efisien, dan tepat sasaran. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ulasan mengenai cara riset pasar untuk meningkatkan keberhasilan bisnis Anda.

Menentukan Tujuan Utama Riset Pasar

Cara melakukan riset pasar tentunya harus diawali dengan penentuan tujuan utama dari riset pasar itu sendiri.

Apakah Anda ingin mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan akan bisa diterima oleh masyarakat? Atau apakah Anda justru bingung menentukan lokasi bisnis yang tepat?

Anda perlu menentukan tujuan terlebih dahulu agar Anda bisa lebih fokus dan mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi Anda tidak perlu melakukan riset berulang-ulang karena hasil yang didapatkan kurang sesuai dengan keinginan.

Jenis Riset yang Akan Digunakan

Untuk melakukan riset, ada 4 jenis yang digunakan dengan tujuan dan fungsi yang berbeda. Riset pasar yang akan digunakan adalah pengujian produk, segmen pasar, analisis kepuasan pelanggan, dan riset harga.

Faktor-faktor di atas perlu menjadi pertimbangan secara matang agar strategi yang diterapkan dalam bisnis dapat sesuai dengan target pasar. Dengan begitu akan berdampak pula terhadap pengembangan bisnis agar berjalan lebih lancar.

Tentukan Metode Pengumpulan Data

Setelah menentukan tujuan riset dan mengetahui jenis riset yang akan digunakan, Anda perlu menentukan metode yang akan digunakan untuk mengumpulkan data.

Terdapat 9 metode yang bisa dilakukan diantaranya kualitatif, kuantitatif, pengumpulan data primer lainnya, survei, wawancara, fokus grup, dan pengamatan.

Selain itu Anda juga bisa melakukan tes produk dengan memberikan sampel produk secara gratis kepada calon pembeli dan metode pengumpulan data sekunder. Keseluruhan pengumpulan data tersebut tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing.

Anda bisa melakukan beberapa metode pengumpulan data sekaligus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semakin lengkap data yang didapatkan akan membantu Anda untuk menentukan langkah yang harus diambil dalam memulai bisnis.

Pilihlah Sumber Pengumpulan Data

Untuk sumber pengumpulan data dapat dilakukan secara acak maupun secara keseluruhan. Pastikan Anda memilih sumber data yang relevan dan sesuai dengan target pasar agar bisa mempresentasikan tujuan bisnis yang Anda rencanakan dengan baik.

Sebagai contoh apabila Anda ingin mengembangkan produk kecantikan, berarti Anda harus memilih wanita baik remaja hingga dewasa sebagai responden. Begitu juga jika Anda akan mengembangkan produk untuk bayi maka bisa memilih ibu hamil atau ibu yang baru melahirkan sebagai responden.

Hindari memilih sumber pengumpulan data secara asal-asalan karena hanya akan menghasilkan strategi bisnis yang buruk. Hal ini kemudian akan berdampak pada produk Anda yang akan kurang diminati di pasaran.

Lakukan Analisis Data

Apabila Anda sudah berhasil mengumpulkan data, maka saatnya untuk melakukan analisis data. Untuk menganalisis data secara kuantitatif Anda bisa gunakan software khusus agar hasil yang didapatkan lebih akurat.

Sedangkan untuk menganalisis data secara kualitatif maka perlu dikembangkan metode analisis mandiri. Anda bisa menggunakan analisis SWOT atau analisis yang mencakup kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Temukan Rekomendasi Dari Hasil Riset Pasar

Poin utama riset pasar adalah mendapatkan rekomendasi/data bagaimana reaksi konsumen terhadap produk.

Perencanaan dan pengumpulan data tidak akan ada artinya jika tidak ada rekomendasi mengenai apa yang selanjutnya harus dilakukan.

Setelah melalui proses riset yang panjang, Anda tentu akan mengetahui kelayakan produk Anda apakah mampu bersaing di pasaran atau tidak.

Apabila Anda menemukan hasil analisis yang menunjukkan adanya kekurangan pada produk yang ditawarkan, maka segera lakukan penyesuaian untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Anda bisa menggantinya dengan produk lain yang sesuai dengan kebutuhan atau mencari target pasar baru apabila produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan pangsa pasar.

Anda harus bisa mengambil tindakan atau langkah selanjutnya berdasarkan hasil data yang dianalisis. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya riset pasar sebelum memulai suatu usaha agar kedepan tidak mudah goyah karena daya saing yang rendah.

Sebagai studi kasus di lapangan, Anda perlu membaca bagaimana praktik riset pasar untuk produk baju dan fashion muslim. KiriminAja sudah menyiapkan uraian tersebut.

Karenanya, Anda cukup klik tautan uraian riset pasar untuk produk baju ini. Setelah itu, bacalah dan coba pahami praktik-praktik riset pasarnya.

Lebih menariknya lagi, contoh kasus dan praktik riset pasar di atas bisa dilakukan oleh bisnis kecil, pelaku digital marketing baru, dan lain sebagainya.

Seiring dengan pentingnya riset pasar, Anda juga perlu memahami user research. Sebab dua hal tersebut bisa saling terkait dan mempengaruhi.

KiriminAja sudah menyiapkan uraian lengkap tentang user research untuk Anda. Cukup klik tautan uraian tersebut, pahami, dan elaborasikan dengan riset pasar untuk mendapatkan pemahaman komprehensif.

Melakukan riset pasar adalah proses panjang yang akan membantu Anda menjadi lebih siap dalam berbisnis. Sebab Anda sudah punya modal awal untuk menghadapi berbagai tantangan dan resiko yang mungkin dihadapi dalam berbisnis. Persiapan yang matang akan membawa Anda menjadi pengusaha sukses.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.