Penyebab Nomor Resi Tidak Bisa Dilacak dan Cara Mengatasinya

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Alasan nomor resi tidak bisa dilacak

Nomor resi merupakan kode unik untuk menandai setiap paket yang dikirimkan. Artinya, nomor resi adalah identitas serta bukti bahwa paket yang dikirimkan sudah diproses menuju ke alamat tujuan.

Ketika belanja online, seller dan pembeli akan menerima nomor resi. Dengan begitu, seller dan buyer bisa melacak lokasi dan status paket. Lebih jauh lagi, nomor resi juga dibutuhkan ketika Anda ingin melakukan komplain atau retur barang.

Masalahnya kemudian adalah  bagaimana jika nomor resi tidak bisa dilacak padahal barang sudah dikirim penjual tapi belum diterima buyer?

Meskipun saat ini jasa pengiriman sudah memanfaatkan teknologi digital, ada beberapa kondisi yang menyebabkan nomor resi tidak bisa digunakan. Entah karena kesalahan input data, sistem error, atau masalah lain yang terjadi di lapangan.

Nah tenang saja, KiriminAja bisa melacak paket Anda dan update status pengiriman paket di dalam Dashboard KiriminAja nih. Jika belum mendaftar yuk segera daftar sekarang. Anda bisa mengetahui cara lacak paket via KiriminAja pada tautan tersebut.

Situasi nomor resi yang tidak terlacak memang cukup menyulitkan. Kami percaya betapa panik dan bingungnya mengurus resi tidak bisa dilacak ini. Karena itu, tim KiriminAja menerangkan sejumlah tahapan dan cara mengatasi resi yang tidak terlacak.

Kenapa Nomor Resi Tidak Bisa Dilacak?

Nomor resi yang tidak bisa dilacak kerap membuat penerima paket merasa was-was terhadap kondisi barang. Tidak sedikit pula yang langsung melakukan komplain kepada penjual atau bahkan ke jasa ekspedisi secara langsung untuk meminta kejelasan.

Jika Anda mengalami hal ini, tidak perlu panik dan overthinking. Karena ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan nomor resi tidak bisa dilacak secara real time. Berikut beberapa contoh penyebabnya.

Salah Memasukkan Nomor Resi

Penyebab nomor resi tidak bisa dilacak yang paling sering terjadi adalah kesalahan input kode yang diberikan. Nomor resi biasanya terdiri dari beberapa digit kode angka unik, sehingga jika Anda salah memasukkan satu karakter saja, maka hasilnya akan error meski dicoba beberapa kali.

Kondisi ini lumrah terjadi bagi Anda yang gemar melakukan transaksi barang via WhatsApp atau media sosial. Pasalnya, kode resi pengiriman tidak dikirimkan secara otomatis ke pembeli, melainkan dikirim secara manual oleh penjual.

Selain itu, proses pengecekan status barang juga harus dilakukan dengan mengakses website jasa ekspedisi terkait. Alhasil peluang terjadinya typo atau salah ketik sangat besar karena kode resi harus diinput manual ketika ingin memeriksa status pengiriman.

Sistem Tracking Jasa Ekspedisi Sedang Bermasalah

Masalah pengecekan nomor resi biasanya juga terjadi karena sistem tracking jasa ekspedisi yang sedang error. Hal ini bisa disebabkan karena server terlalu banyak menerima kunjungan, adanya maintenance, atau koneksi internet yang buruk.

Error pada sistem real time tracking jasa ekspedisi biasanya terjadi jika Anda belanja online atau mengirimkan paket di hari-hari besar, seperti harbolnas, 12.12, atau black friday.

Apabila Anda mengalami hal ini satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menunggu 15-30 menit, kemudian mencoba melakukan pengecekan lagi. Jika nomor resi masih tidak bisa dilacak, ulangi pengecekan diluar jam sibuk seperti setelah jam makan siang atau setelah pulang kerja.

Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cek resi J&T Economy, klik saja link tersebut ya!

Status Nomor Resi Belum Diperbarui

Meski mayoritas sistem tracking sudah berbasis digital, namun di beberapa daerah proses input data masih dilakukan secara manual. Salah satu alasannya adalah keterbatasan akses jaringan internet serta tenaga operasional.

Alhasil, database status pengiriman dari jasa ekspedisi bisa mengalami delay atau penundaan hingga 1x24 jam, sebelum akhirnya status muncul dan dapat dipantau oleh seller maupun penerima barang.

Nomor Resi Palsu

Alasan lain yang menjadi penyebab nomor resi tidak bisa dilacak adalah karena kode yang diberikan palsu. Kejadian ini sering dilakukan oleh penjual nakal untuk mengelabui para korban. Nomor resi asli dan palsu sendiri akan sulit dibedakan ketika proses pengiriman, biasanya hal ini baru bisa terdeteksi setelah beberapa hari kode resi mengalami error atau tidak ada progress status di sistem pelacakan.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, pastikan Anda selalu melakukan transaksi dengan penjual terpercaya.

Pengirim Barang Salah Input Nomor Resi

Terakhir, ketika Anda menerima paket kiriman dari orang lain pastikan untuk melakukan konfirmasi terkait nomor resi yang diberikan. Kesalahan bisa saja terjadi dari pihak seller yang salah input kode, jadi jika terjadi error segera hubungi penjual untuk melakukan cek ulang.

Cara Mengatasi Nomor Resi Tidak Bisa Dilacak

Cek Resi di Layanan Pihak Ketiga

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi nomor resi tidak bisa diacak yakni dengan memanfaatkan layanan cek resi pihak ketiga. Ada banyak situs yang menyediakan fitur ini.

Menggunakan fitur cek resi pihak ketiga bisa menjadi solusi ketika website jasa ekspedisi sedang down atau mengalami error.

Konfirmasi Ulang ke Pengirim Barang (Seller)

Berikutnya Anda bisa mencoba melakukan konfirmasi kepada pengirim paket. Anda bisa menanyakan apakah nomor resi yang diberikan sudah sesuai atau justru tertukar dengan resi lain. Dengan banyaknya pesanan, pihak seller terkadang kewalahan dan melakukan kesalahan terkait hal ini.

Menghubungi Customer Service Jasa Ekspedisi Terkait

Menghubungi customer service jasa ekspedisi bisa menjadi cara lain ketika nomor resi tidak bisa dilacak. Anda bisa mengirimkan pesan via akun media sosial perusahaan ekspedisi, via email, atau telepon. Jika beruntung, Anda akan dibantu menyelesaikan kendala yang terjadi.

Datang Langsung ke Kantor Jasa Ekspedisi Terdekat

Cara ini memang tidak efisien, tapi cukup efektif jika Anda berada di daerah yang dekat dengan kantor jasa ekspedisi terkait. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) serta nomor resi pengiriman barang yang ingin dicek ya! Sampaikan permasalahan dan kronologi yang terjadi agar masalah Anda bisa segera ditangani.

Menggunakan Agregator Logistik

Untuk menghindari permasalahan resi yang sulit dilacak di masa depan, Anda bisa mulai memakai KiriminAja sebagai agregator logistik. Kenapa begitu?

Dengan agregator logistik KiriminAja, Anda mendapatkan berbagai pilihan jasa ekspedisi dengan harga terbaik dan fitur yang lebih mumpuni. Salah satu contoh fiturnya adalah adanya layanan customer service yang selalu siap untuk Anda. Jadi, Anda juga tidak perlu repot-repot menyelesaikan masalah teknis ke kantor jasa ekspedisi.

Anda bisa melakukan cek resi ID Express, J&T, JNE, dan berbagai jenis layanan kurir unggulan Indonesia di KiriminAja.

Cukup berhubungan dengan KiriminAja, maka masalah Anda akan segera dibereskan. Dengan begitu, tidak ada lagi istilah nomor resi tidak bisa dilacak. Yuk, pakai KiriminAja untuk semua kebutuhan jasa ekspedisi Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.