Peran Penting Key Opinion Leader dalam Usaha Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
KOL Adalah

Kehadiran Key Opinion Leader dalam sebuah usaha menjadi strategi marketing menarik yang perlu dipertimbangan bagi Anda yang ingin usahanya berkembang pesat. Mengapa demikian?

Laju teknologi yang semakin canggih memberikan banyak peluang dalam menemukan variabel strategi marketing.

Sebab, perkembangan teknologi menjadikan media sosial memiliki pengaruh besar dalam masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai media promosi.

Melalui media sosial, masyarakat dapat menemukan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh dalam bidang tertentu. Tokoh-tokoh inilah yang kemudian digaet dalam dunia marketing karena dianggap memiliki pengaruh yang besar. 

Istilah yang digunakan untuk menyebut mereka adalah Key Opinion Leader. Lalu siapa sih mereka?

Melalui artikel ini, kami akan membagikan informasi yang Anda butuhkan terkait Key Opinion Leader. Sebab, pada dasarnya KiriminAja memiliki kepedulian terhadap semua pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

Siapa itu Key Opinion Leader?

Key Opinion Leader atau yang kerap disingkat KOL, merupakan orang atau pihak yang dipercaya dapat memberikan dampak yang signifikan dalam mempromosikan sebuah brand atau produk.

Sebab, audiens atau target marketing lebih mempercayai statement yang disampaikan oleh seorang key opinion leader.

Pada dasarnya, kehadiran KOL dalam dunia marketing hampir sama dengan influencer. Hanya saja, seorang KOL biasanya memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang  tertentu yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Kredibilitas yang dimiliki KOL membuat pendapat dan rekomendasi yang diberikan olehnya lebih dipercaya masyarakat.

Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan jasa KOL untuk mempromosikan usaha yang Anda miliki.

Selain dapat digunakan sebagai media promosi, KOL juga dapat meningkatkan kredibilitas usaha Anda agar lebih dipercaya masyarakat.

Hal tersebut dapat terjadi karena masyarakat sudah memiliki kepercayaan terhadap tokoh yang dijadikan sebagai KOL, sehingga brand atau produk yang direkomendasikannya akan mendapat kepercayaan juga.

Seperti halnya memilih influencer yang tepat untuk usaha Anda, dalam memilih KOL juga memerlukan beberapa pertimbangan.

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan diantaranya audiens atau target pasar, relevansi dengan bisnis, kredibilitas, serta jumlah pengikut.

Sebelum memilih KOL, pastikan Anda sudah memiliki target pasar atau audiens yang jelas. Sehingga, Anda dapat dengan mudah menentukan KOL yang memiliki audiens sama atau relevan dengan usaha Anda.

Carilah KOL yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan usaha yang Anda miliki.

Misalnya, seorang dokter kulit yang sudah dikenal masyarakat, akan lebih dipercaya ketika mempromosikan produk body lotion.

Tak hanya sekadar relevan, Anda juga harus memastikan KOL yang akan Anda pilih memiliki kredibilitas yang jelas. Usahakan cari yang memiliki citra sama dengan usaha yang Anda miliki.

Kredibilitas KOL juga dapat dilihat dari jumlah pengikut dan engagement rate akun media sosial yang dimiliki.

Hal tersebut dapat menjadi identifikasi bahwa konten yang dibuat dipercaya dan dapat mempengaruhi publik.

Ketika promosi dan kredibilitas meningkat, dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan mengalami perkembangan. Anda hanya perlu memilih Key Opinion Leader dengan hati-hati dan bijak.

Tugas Key Opinion Leader

Sebagai salah satu partner marketing, KOL memiliki tugas untuk membantu produk atau brand Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

Salah satu yang dapat dilakukan seorang KOL adalah melakukan campaign brand atau produk yang Anda miliki. 

Campaign dapat dilakukan dengan membuat konten promosi di akun media sosial ataupun aktif dalam event promosi langsung. Keduanya juga dapat dilakukan secara bersamaan oleh seorang KOL.

Biasanya, seorang KOL telah memiliki branding yang kuat tentang keahlian atau pengetahuan tertentu.

Oleh karena itu, akun media sosial seorang KOL dapat digunakan sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk Anda.

KOL dapat membuat konten dengan materi yang dikaitkan keahlian atau pengetahuan khusus yang dimiliki. Sehingga, konten yang dibuat dapat lebih jelas deskripsinya dan dipercaya kredibilitasnya oleh masyarakat.

Selain itu, KOL juga dapat aktif melakukan campaign di berbagai event yang Anda buat dalam rangka mempromosikan produk atau brand. Seorang key opinion leader dapat diikutsertakan dalam sebuah seminar karena memiliki kredibilitas dalam bidang tertentu.

Kami juga sudah menyiapkan penjelasan detail tentang bagaimana memahami dan membangun kredibilitas bagi bisnis online Anda.

Harapannya, Anda tidak hanya fokus di membangun KOL saja. Karena masih ada sejumlah komponen lain yang juga perlu Anda berbarengan demi mendapat kredibilitas baik di mata konsumen.

Contoh Key Opinion Leader

Untuk memahami lebih lanjut terkait Key Opinion Leader, berikut kami sertakan salah satu contoh KOL yang ada di Indonesia adalah Chef Juna sebagai brand ambassador makanan.

Nama Chef Juna sudah tidak asing lagi di dunia masakan Indonesia. Popularitasnya menjulang berkat ajang kompetisi memasak di salah satu kanal televisi.

Selain itu, ia juga memiliki personal branding yang kuat sehingga kredibilitasnya dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, beberapa brand makanan menggaetnya menjadi brand ambassador.

Sebagai seorang chef yang memiliki citra perfeksionis, tentu ia dianggap selalu memilih bahan yang berkualitas dalam setiap masakannya. Dengan demikian, produk yang dipromosikan juga akan mendapat kredibilitas dari para audiensnya.

Oleh karena itu, beberapa brand mempercayakan Chef Juna sebagai key opinion leader dalam usaha mereka. Beberapa brand makanan tersebut yaitu produk agar-agar dan keju.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa dalam dunia usaha yang kompleks ini ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha Anda.

Anda perlu memperhatikan segala aspek dalam menjalankan usaha sampai ke dalam aspek-aspek terkecil. Sebab, seringkali aspek kecil yang terabaikan justru dapat menjadi hambatan bagi usaha Anda.

Memilih KOL memang bukan perkara mudah. Rasa-rasanya, memilih KOL hampir seperti memilih jasa ekspedisi. Semua jasa kurir punya banyak promo dan daya tariknya sendiri-sendiri.

Untungnya ada KiriminAja yang bisa membantu memilih jasa kurir terbaik untuk Anda. Iya, KiriminAja membantu Anda menjamin kegiatan distribusi usaha lancar.

Anda dapat mulai mencoba layanan yang disediakan di dashboard KiriminAja secara langsung.

Jadi, tinggal klik tautan dashboard tadi maka Anda akan bisa merasakan berbagai manfaat KiriminAja.

KiriminAja tahu besaran biaya hanya untuk ongkos kirim. Karenanya, KiriminAja hadir sebagai dukungan untuk Anda agar berani melangkah.

KiriminAja mendukung Anda memajukan bisnis di 2023. Dengan harga ekspedisi yang terjangkau, maka cashflow jadi aman, bisnis tumbuh secara konsisten, dan hati jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.