Perbedaan Tradisional Marketing dan Digital Marketing Paling Dasar

Kinanthi Haksari
15 September 2021
41
Perbedaan Tradisional Marketing dan Digital Marketing Paling Dasar

Strategi marketing merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan oleh para pemilik bisnis. Ada dua contoh strategi marketing yang bisa dilakukan untuk saat ini yaitu tradisional marketing dan digital marketing. Lalu apa beda keduanya ?

 

Digital Marketing

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh digital marketing :

1. Memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas

Strategi marketing yang satu ini memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan tradisional marketing bahkan tidak hanya di dalam kota saja tetapi bisa lebih mudah untuk menjangkau seluruh kota yang ada di Indonesia.

2. Lebih efektif dalam melakukan promosi

Melakukan evaluasi strategi marketing lebih cepat dan mudah, karena menggunakan kecanggihan teknologi sehingga menjadi lebih efektif.

3. Target pasar yang detail

Menggunakan digital marketing kamu akan lebih mudah untuk menyasar target pasarnya baik itu berdasarkan jenis kelamin, usia, dan pendidikan.

4. Ada interaksi langsung

Pada digital marketing kamu bisa melakukan interaksi langsung dengan konsumen baik itu yang berada di media sosial atau lewat pesan pribadi yang akan lebih bisa menarik konsumen.

 

Tradisional Marketing

Adanya strategi marketing dalam bentuk digital marketing bukan berarti akan membuat tradisional marketing terlihat lebih kuno karena ini masih efektif untuk beberapa konsumen.

1. Mudah dipahami

Lebih mudah untuk mencerna tradisional marketing daripada digital marketing misalnya adanya baliho yang mencolok dengan diberikan kata-kata yang mudah untuk dipahami orang lain. Walaupun hanya melihat dengan sepintas saja karena kamu sudah mengerti yang ingin disampaikan dalam baliho.

2. Memiliki sifat yang permanen

Pada tradisional marketing strategi yang dilakukan lebih bersifat dalam bentuk fisik sehingga akan bersifat permanen dan tidak mudah hilang begitu saja. Jika promosi lewat media cetak koran maupun yang lain akan hilang jika sudah berada dalam proses mendaur ulang.

3. Akan lebih berkesan

Para konsumen akan lebih mudah untuk mengingat materi promosi yang dilakukan secara langsung, bisa jadi konsumen juga akan lebih fokus untuk perhatikan promosi yang kamu lakukan. Strategi marketing seperti ini akan berbeda jika kamu melakukan promosi di media sosial yang hanya bisa terlihat sekilas dan segera dilupakan. 



KiriminAja
Jangan malu untuk bertanya