Bisnis Dukun Online yang Banyak Gimmick Saja Pakai Prinsip Manajemen

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Prinsip-prinsip manajemen

Untuk menjalankan bisnis dengan organisasi yang baik, perlu adanya manajemen yang tersistem. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui berbagai prinsip manajemen sebelum merancangnya.

Berikut telah KiriminAja rangkum pembahasan tentang prinsip-prinsip manajemen untuk Anda. Yuk simak penjelasannya!

Apa Itu Prinsip Manajemen?

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan prinsip-prinsip manajemen sendiri adalah seperangkat aturan dan norma yang digunakan sebagai panduan bagi para manajer dalam melakukan  tugas dan tanggung jawab mereka.

Panduan tersebut menjadi dasar untuk membuat keputusan dan mengatasi masalah dalam segala aktivitas bisnis. Sehingga, dapat membantu manajer untuk menentukan strategi yang tepat dan memastikan kinerja organisasi berjalan dengan efisien dan efektif.

Apa Saja Prinsip-Prinsip Manajemen?

Berikut beberapa prinsip yang harus ada dalam sistem manajemen bisnis Anda:

Perencanaan (Planning)

Prinsip yang pertama ialah perencanaan atau planning. Yaitu proses untuk menentukan tujuan yang hendak dicapai, cara mencapainya, dan siapa yang melakukannya.

Sehingga, perencanaan merupakan proses pembuatan strategi, penetapan tujuan dan sasaran, dan pembuatan rencana tindakan.

Untuk referensi tambahan, Anda bisa membaca tentang pembahasan planning yang lengkap dalam link tersebut. Alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui seluk-beluk planning dalam artikel tersebut.

Pengorganisasian (Organizing)

Selanjutnya ialah prinsip pengorganisasian atau organizing. Yaitu proses menentukan bagaimana tugas-tugas dan sumber daya akan dikelompokkan dan digabungkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Proses ini berkaitan dengan pembagian tugas, pembuatan struktur organisasi, dan pengalokasian sumber daya.

Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah proses memimpin dan memotivasi pegawai dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Prinsip ini berkaitan dengan komunikasi, supervise, dan pemberian insentif.

Pengontrolan (Controlling)

Pengontrolan adalah proses untuk memantau dan mengevaluasi kinerja organisasi. Kemudian, membuat keputusan atau kebijakan untuk memperbaiki kinerja tersebut.

Bentuk proses ini berupa pemantauan kinerja sistem dan organisasi, pengukuran hasil, serta tindakan koreksi.

Pengelolaan Sumber Daya ( Resource Management)

Prinsip selanjutnya ialah pengelolaan sumber daya. Yaitu proses memanfaatkan sumber daya seperti bahan baku, sumber daya manusia, dan peralatan dengan efektif.

Tujuannya agar segala aktivitas bisnis dapat berjalan lancar untuk mencapai tujuan bisnis.

Motivasi (Motivation)

Prinsip selanjutnya yaitu proses memotivasi karyawan agar bekerja dengan lebih baik dan memberikan kontribusi lebih besar kepada perusahaan.

Kepemimpinan (Leadership)

Leadership merupakan proses memimpin dan memberikan arahan untuk mencapai tujuan bisnis. Melalui proses ini, diharapkan manajer dapat memastikan kinerja karyawan berjalan optimal.

Komunikasi (Communication)

Prinsip manajemen yang terakhir adalah komunikasi. Prinsip komunikasi berupa penyampaian informasi dan penyatuan hubungan antar individu dalam organisasi.

Tujuannya adalah untuk memastikan semua pihak terlibat dan memahami informasi yang sama. Sehingga segala aktivitas bisnis dapat berjalan lancar.

Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, prinsip-prinsip manajemen adalah seperangkat aturan dan norma yang dapat diterapkan dalam setiap organisasi untuk memastikan manajemen yang efektif dan efisien. 

Fayol menyebutkan manajemen memiliki enam prinsip sebagai berikut:

  • Division of Work (Pembagian Tugas): Prinsip memberikan tugas ke dalam unit-unit yang lebih kecil untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas.
  • Authority and Responsibility (Otoritas dan Tanggung Jawab): Prinsip yang mengacu pada hak manajer untuk memimpin dan membuat keputusan serta tanggung jawab karyawan untuk melaksanakan tugasnya.
  • Discipline (Disiplin): Prinsip untuk menjaga kerjasama dan kedisiplinan di dalam organisasi.
  • Unity of Command (Persatuan Kepemimpinan): Prinsip yang memastikan bahwa setiap karyawan menerima instruksi dan arahan dari satu atasan saja.
  • Unity of Direction (Persatuan Arah): Prinsip yang memastikan bahwa semua karyawan bekerja menuju satu tujuan yang sama.
  • Subordination of Individual Interest to General Interest: Prinsip untuk memastikan bahwa kepentingan pribadi karyawan tidak mengalahkan kepentingan organisasi secara keseluruhan.

Prinsip-prinsip tersebut merupakan panduan bagi para manajer untuk memastikan bahwa proses manajemen berlangsung dengan baik dan mencapai hasil yang optimal.

Prinsip Manajemen Menurut Para Ahli

Selain Henry Fayol, para ahli lain juga memiliki pandangan masing-masing tentang prinsip manajemen sebagai berikut:

  • Frederick Taylor: Prinsip-prinsip manajemen merupakan proses pembagian kerja, studi pekerjaan, pemilihan karyawan, pelatihan, sistem insentif, dan teknologi yang tepat.
  • Elton Mayo: Prinsip manajemen adalah suatu pemahaman manusia dan sosial, peran individu dalam organisasi, dan konsep motivasi dan moral.
  • Max Weber: Max Weber berpendapat bahwa prinsip manajemen adalah prinsip-prinsip birokrasi seperti peraturan, prosedur, dan tata kelola yang teratur.

Prinsip Manajemen Keuangan

Salah satu aspek yang perlu dirancang dengan matang dalam dunia bisnis adalah sistem keuangan. Oleh sebab itu, perlu adanya prinsip manajemen keuangan.

Prinsip-prinsip manajemen keuangan adalah panduan bagi para manajer keuangan dalam mengelola sumber daya finansial organisasi. Berikut prinsip-prinsipnya:

  • Prinsip Akuntabilitas: Prinsip akuntabilitas bertujuan untuk memastikan sumber daya finansial organisasi digunakan dengan benar dan transparan.
  • Prinsip Kehati-hatian: Prinsip ini untuk memastikan manajer keuangan mengambil keputusan yang bijaksana dan mempertimbangkan semua resiko.
  • Prinsip Konservatisme: Prinsip yang memastikan pengelolaan sumber daya finansial dilakukan secara konservatif dan mempertimbangkan potensi kerugian.
  • Prinsip Kepentingan Terutama: Prinsip ini bertujuan memastikan sumber daya finansial digunakan untuk kepentingan tertinggi dan terbaik bagi organisasi dan pemegang saham.
  • Prinsip Kebijakan Keuangan Berkelanjutan: Prinsip ini memastikan bahwa manajer keuangan mempertimbangkan dampak jangka panjang dari keputusan-keputusan finansial mereka.

Dengan berdasar pada prinsip-prinsip tersebut, manajemen keuangan bisnis Anda akan lebih terukur. Sehingga Anda dapat memperoleh profit lebih banyak.

Contoh Praktik Prinsip Manajemen dalam Lean Startup Method

Prinsip manajemen dan lean startup method dapat membantu Anda mengembangkan bisnis secara efektif serta efisien. 

Sebab kedua wawasan tersebut akan mendukung bisnis Anda fokus pada kebutuhan pasar dan tujuan bisnis yang jelas.

Prinsip manajemen mempelajari bagaimana mengelola sumber daya dan tenaga kerja dengan optimal, serta mengambil keputusan strategis untuk mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan. 

Sementara lean startup method menekankan pada penggunaan sumber daya seefektif mungkin, validasi ide bisnis secara cepat, dan pengembangan produk yang sesuai kebutuhan pasar.

Dalam konteks praktik lean startup, maka prinsip manajemen dapat membantu Anda mengatur sumber daya dan waktu dengan lebih baik. 

Dengan begitu, bisnis Anda dapat menghindari pemborosan, mengefektifkan anggaran, dan menghemat pengeluaran yang ada. Prinsip manajemen juga membantu pengusaha untuk memahami konsep bisnis secara menyeluruh dan merencanakan strategi bisnis yang jelas dan terukur.

Anda perlu membaca uraian lean startup method untuk lebih memahami bagaimana korelasinya dengan prinsip manajemen dalam aktivitas menjalankan bisnis online

Anda hanya perlu mengklik tautan di atas, membaca uraiannya, dan mulai mengeksplorasinya di bisnis.

Akan tetapi, tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan strategi lain untuk mengembangkan bisnis. Misalnya dengan memberikan logistik dengan harga hemat tetapi memiliki kualitas yang reliable.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan effort banyak untuk merancang layanan prima seperti itu. Cukup daftarkan bisnis Anda ke dashboard KiriminAja dan nikmati berbagai kemudahannya.

Atau jika memiliki bisnis online, Anda dapat menerapkan metode lean startup. Metode untuk meningkatkan angka penjualan dengan mempelajari kebutuhan konsumen. 

Kunjungi artikel tentang lean startup method berikut ini untuk pelajari lebih jauh. 

Contoh Praktik Prinsip Manajemen di Layanan Kirim Paket

Manajemen logistik dalam aktivitas bisnis online juga membutuhkan prinsip manajemen demi bisa memastikan efisiensi dan efektivitas operasionalnya.

Penggunaan manajemen logistik yang tepat dan efisien pasti membantu pengusaha mengurangi biaya logistik, meningkatkan efisiensi pengiriman, dan mempercepat waktu pengiriman produk ke pelanggan. Tugas prinsip manajemen adalah menghasilkan manajemen logistik yang tepat dan efisien itu.

Dengan menerapkan prinsip manajemen, maka manajemen logistik Anda lebih mudah mengoptimalkan layanan dan menghindari risiko kesalahan.

Untuk itu, KiriminAja hadir sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia. KiriminAja mampu mendukung manajemen logistik bisnis online Anda dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen yang baik. 

KiriminAja memberikan layanan pengiriman yang cepat, aman, hemat, dan terpercaya. Hingga saat ini, sudah ada 200.000++ online seller yang percaya pada KiriminAja sebagai layanan manajemen kirim paket.

KiriminAja memang mendukung Anda dan para online seller dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk mengelola inventaris, pengiriman, serta pemantauan paket. 

Selain itu, KiriminAja juga memiliki layanan pelanggan yang responsif dan ramah, serta sistem manajemen yang transparan dan mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis online dalam layanan pengiriman paket.

Jadi, yuk mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan mulai menikmati layanan reliable dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Sebab KiriminAja hadir sebagai layanan manajemen logistik yang kokoh memakai prinsip manajemen untuk mendukung bisnis online Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.