Ingin Bisnis Lancar? Yuk, Mulai Jalankan Strategi Produk Bundling Saat Ini

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Contoh produk bundling

Anda mengalami kesulitan untuk menaikkan angka penjualan bisnis online yang sedang dijalani? Jika begitu, maka Anda memerlukan salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif yaitu produk bundling.

Jenis produk ini telah banyak digunakan para pebisnis sukses karena mampu menarik perhatian dan bisa menaikkan daya jual dari sebuah produk. Bundling menjadi salah satu hal yang paling banyak ditawarkan selain diskon.

Selain karena bernilai tinggi bagi konsumen, produk bundling bisa membuat stok gudang Anda cepat habis dan tidak menumpuk. Bahkan dengan bundling Anda bisa mengambil margin keuntungan tersendiri.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda mengenai apa itu bundling, pengertian paket bundling dan contohnya untuk dijadikan referensi dalam berbisnis.

Mari simak paparannya berikut ini agar bisnis Anda semakin sukses kedepannya!

Pengertian Bundling Adalah

Bundling merupakan suatu strategi dalam bisnis ketika dua atau lebih produk serta layanan dijual sebagai satu paket atau kesatuan.

Dalam bundling, produk atau layanan yang berbeda ditawarkan bersama-sama dengan harga yang lebih murah daripada membeli masing-masing barang secara terpisah.

Misalnya, sebuah perusahaan telekomunikasi bisa menawarkan bundling antara layanan internet, TV kabel, dan telepon rumah dalam satu paket dengan harga yang lebih murah daripada membeli layanan tersebut secara terpisah.

Bundling juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang kurang laku dengan menggabungkannya dengan produk atau layanan yang lebih populer.

Misalnya, restoran bisa menawarkan menu bundling yang terdiri dari makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah untuk meningkatkan penjualan minuman yang kurang diminati.

Dengan bundling, pelanggan bisa mendapatkan nilai tambah dengan memperoleh beberapa produk atau layanan dengan harga yang lebih murah.

Sementara itu, sebagai seller online bisa meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya pemasaran karena hanya perlu mempromosikan satu paket daripada beberapa produk atau layanan secara terpisah.

Paket Bundling Bisnis Online Adalah

Paket bundling dalam bisnis online mengacu pada penawaran produk atau layanan yang dijual sepaket lewat e-commerce atau toko online.

Dalam penawaran ini, konsumen atau pelanggan bisa membeli beberapa produk yang tentunya dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan membeli satuan.

Misalnya, Anda dapat menawarkan paket bundling yang terdiri dari beberapa item pakaian, seperti baju, celana, dan aksesoris dengan harga yang lebih murah ketimbang harga satuannya.

Dalam penawaran ini, pelanggan dapat memperoleh beberapa item sekaligus dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini akan membuat konsumen merasa senang dan tidak dirugikan

Paket bundling juga bisa diterapkan pada produk digital, seperti software atau e-book. Misalnya, menawarkan paket bundling yang terdiri dari beberapa software atau e-book dengan harga yang lebih murah.

Dalam bisnis online, Anda bisa menggunakan diskon atau harga spesial ketika menawarkan produk bundling. Hal ini adalah strategi jitu dalam meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan seperti meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya pemasaran.

Sementara itu, bagi pelanggan, mereka akan merasakan manfaat dengan memperoleh nilai tambah dari penawaran produk atau layanan yang tergabung dalam satu paket dengan harga yang lebih terjangkau.

Contoh Produk Bundling untuk Ide Bisnis Online

Terdapat banyak contoh produk bundling yang dapat dijadikan ide jualan bisnis online. Berikut adalah contoh produk:

Paket Bundling Skincare

Paket bundling ini bisa Anda isi dengan beberapa macam produk perawatan kulit, seperti sabun cuci muka, toner, serum, dan pelembab wajah.

Dalam bundling ini, pelanggan dapat memperoleh beberapa produk perawatan kulit sekaligus dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya, Anda dapat menawarkan paket bundling skincare dengan diskon 20%.

Paket Bundling Perlengkapan Bayi

Paket bundling ini dapat terdiri dari beberapa produk perlengkapan bayi, seperti popok, baju bayi, mainan, dan susu formula.

Dengan demikian, konsumen akan memperoleh beberapa produk perlengkapan bayi sekaligus dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya, Anda menawarkan paket bundling perlengkapan bayi ini dengan diskon 25%.

Paket Bundling Aksesoris Komputer

Bundling ini bisa diisi dengan gabungan beberapa produk aksesoris komputer, seperti mouse, keyboard, mouse pad, dan headset. Anda bisa memasukkan semuanya atau menggabungkan dua produk saja.

Dalam penawaran ini, Anda bisa memberikan penawaran menarik terhadap pelanggan sehingga mereka memperoleh beberapa produk aksesoris komputer sekaligus dengan harga yang lebih terjangkau.

Anda juga bisa memberikan diskon 15% untuk menambah daya tarik konsumen terhadap produk bundling tersebut.

Setelah membuat beberapa produk bundling dengan diskon, hal lain yang tak kalah penting dalam bisnis online adalah memberikan layanan logistik atau pengiriman yang memiliki kualitas reliable dan harga terjangkau.

Ini akan membuat konsumen  makin tertarik dengan bisnis Anda. Dengan pelayanan yang mumpuni, bisnis akan semakin dipercaya oleh pelanggan.

Nah, Anda bisa mewujudkan hal tersebut dengan KiriminAja. Di sini Anda akan mempunyai online store yang bisa mengatur atau manajemen produk bundling dengan praktis.

Selain itu, Anda pun punya kebebasan mengatur margin profit sesuai keinginan sendiri.

Betul sekali, Anda bisa mengatur margin keuntungan dengan bebas sehingga cash flow akan aman terjaga. Dengan demikian Anda akan bisa menjangkau konsumen baru tanpa khawatir bisnis akan kewalahan.

Kabar baiknya, untuk mendapatkan dan menikmati layanan prima yang menguntungkan tersebut, Anda tak memerlukan effort yang besar. 

Cukup hanya dengan mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi dokumen, dan langsung merasakan layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Iya, di KiriminAja, semuanya semudah dan senyata itu. Jadi, siapkah produk bundling Anda dikirim dengan KiriminAja? Yuk, kerja bareng di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.