Sales Promosi Adalah Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Manfaat sales promosi untuk penjualan

Sales promosi adalah salah satu strategi marketing yang digunakan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, metode ini juga memiliki berbagai manfaat lainnya. 

Apa saja manfaatnya? KiriminAja telah merangkum definisi, tujuan, fungsi, dan manfaat sales promosi untuk bisnis Anda. 

Apa Itu Sales Promosi?

Sales promosi adalah metode promosi yang memanfaatkan psikologis konsumen dalam penyusunan strateginya. Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen membeli produk atau jasa dengan segera. Maka, biasanya promosi ini memiliki tenggat waktu yang singkat. 

Strategi ini dapat dilakukan saat momentum tertentu, seperti ulang tahun perusahaan, hari raya besar, awal tahun, akhir tahun, atau bahkan dalam waktu satu jam saja untuk flash sale. 

Sehingga, konsumen akan melakukan pembelian dengan segera karena takut melewatkan kesempatan emas memperoleh produk dengan murah.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sales promosi adalah salah satu strategi marketing yang bertujuan untuk merangsang konsumen melakukan pembelian produk atau jasa secara cepat.

Kami sudah menyiapkan penjelasan komprehensif soal apa itu promosi dan bagaimana praktik efektifnya untuk meningkatkan penjualan produk Anda

Dalam sales promosi, Anda juga harus mengetahui berbagai ide promosi yang menarik dan relevan dengan bisnis. Untuk itu, Anda bisa membaca rangkuman KiriminAja terkait berbagai ide promosi bisnis.

Anda juga bisa memahami bagaimana praktik atau bentuk paling umum dalam pemasaran dengan melihat uraian detail terkait strategi promosi yang komprehensif di sini.

Dengan meng-klik tautan di atas, akan ada uraian ide promosi bisnis yang bisa menjadi inspirasi untuk bisnis Anda. Jadi, Anda tidak akan kehabisan ide menjalankan promosi.

Sehingga, Anda akan mendapatkan penjelasan bagaimana promosi penjualan dilakukan, strategi apa yang dijalankan, dan platform mana yang cocok untuk setiap strategi.

Apa Tujuan Sales Promosi? 

Sales promosi memiliki tujuan utama untuk meningkatkan angka penjualan dalam jumlah masif selama periode tertentu. Biasanya metode ini digunakan untuk mencapai target penjualan yang sudah dibuat awal periode.

Di samping itu, terdapat beberapa tujuan lain sebagai berikut:

  • Menarik konsumen baru
  • Cuci gudang atau menghabiskan stock lama
  • Memperkenalkan produk baru
  • Meningkatkan penjualan pada akhir periode penjualan
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Mampu bersaing dengan kompetitor
  • Memperoleh insight terkait hubungan perilaku konsumen dan harga jual produk

Fungsi Sales Promosi

Untuk mencapai beberapa tujuan di atas, strategi sales promosi setidaknya memiliki beberapa fungsi berikut. 

Meningkatkan Angka Penjualan (Revenue)

Fungsi sales promosi yang pertama adalah mengupayakan kenaikan angka penjualan produk atau jasa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan revenue atau pemasukan perusahaan yang berasal dari penjualan produk atau jasa.

sales promosi dapat tetap memberikan keuntungan walaupun biasanya strateginya berupa potongan harga. Cara ialah dengan melakukan perhitungan yang tepat.

Meningkatkan Brand Awareness

Sales promosi juga memiliki fungsi untuk meningkatkan brand awareness. Yaitu pemahaman konsumen terkait produk Anda. 

Sebab, konsumen cenderung menaruh perhatian pada produk yang menurut mereka memberikan keuntungan lebih. Seperti kualitas yang bagus dan harga yang murah. 

Sehingga secara tidak langsung strategi promosi ini dapat membuat brand Anda lebih dikenal oleh konsumen.

Mendapatkan Konsumen Baru

Kebanyakan konsumen membeli produk yang menurut mereka dapat memberikan keuntungan lebih banyak dengan harga yang sedikit. Untuk itu, dengan melihat penawaran sales promosi, konsumen akan melakukan pembelian secara instan. 

Sebab, mereka takut melewatkan kesempatan emas tersebut. Keadaan psikologis tersebut juga dapat dialami oleh konsumen yang belum pernah membeli produk Anda. 

Sehingga strategi sales promosi ini sangat memungkinkan untuk mendatangkan konsumen baru. Bahkan jika kualitas produk yang Anda tawarkan bagus, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan.

Meningkatkan Pembelian Kembali

Selain menyasar konsumen baru, sales promosi juga berfungsi untuk meningkatkan pembelian kembali oleh pelanggan. Sebab, konsumen yang cocok dengan produk Anda akan melakukan pembelian kembali jika melihat ada promo. 

Oleh karena itu, pelanggan juga akan memberikan loyalitas terhadap produk Anda. Hal tersebut dapat membuat penjualan Anda tetap stabil.

Anda bisa memakai strategi cross selling dan upselling demi bisa menaikkan penjualan. Untuk memahami kedua strategi tersebut, maka Anda bisa membaca uraian detail up selling dan cross selling di sini.

Mengumpulkan Leads

Fungsi sales promosi yang terakhir adalah untuk mengumpulkan leads. Yaitu orang-orang yang menunjukkan minat untuk membeli produk Anda. 

Hal ini dapat lebih terukur ketika Anda menggunakan marketplace. Jika Anda memasang diskon, konsumen akan tertarik untuk melihat produk Anda. Mereka pun akan mengklik produk Anda.

Dengan demikian, Anda akan memperoleh leads baru. Selanjutnya, susun strategi promosi agar calon konsumen tersebut mau melakukan pembelian produk. 

Apa Manfaat Sales Promosi? 

Berikut beberapa manfaat sales promosi untuk bisnis Anda:

Memperoleh Pasar Baru

Salah satu tujuan sales promosi adalah memperoleh konsumen baru. Sehingga, dengan strategi tersebut secara tidak langsung bisnis Anda telah memperluas pasar. 

Memperkenalkan Produk Baru

Manfaat lainnya adalah, Anda dapat menggunakan strategi ini untuk memperkenalkan produk baru. Hal ini memungkinkan karena metode sales promosi biasanya mendatangkan penjualan dalam jumlah banyak.

Menarik Pelanggan

Semakin banyaknya penjualan, maka semakin banyak konsumen yang memakai produk Anda. Jika produk Anda memiliki kelebihan daripada produk kompetitor, maka konsumen tersebut akan kembali membeli produk Anda dan menjadi pelanggan. 

Metode Cuci Gudang

Terkadang, stok di gudang yang berlebihan justru akan memberikan kerugian karena biaya sewa gudang yang terus berlanjut tanpa dibarengi adanya penjualan.

Strategi sales promosi pun dapat dimanfaatkan untuk menjual produk dalam jangka waktu yang cepat. Sehingga, Anda dapat menekan biaya sewa gudang. 

Selain itu, Anda sebenarnya juga dapat menyusun strategi manajemen inventory dan gudang yang praktis melalui KiriminAja. Tujuannya agar manajemen stok di gudang tetap terkontrol. 

Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja menawarkan kemudahan dalam pendistribusian produk Anda. Sehingga regulasi stok di gudang pun dapat berjalan lancar. 

Upselling dan Cross Selling

Manfaat sales promosi yang terakhir adalah upselling dan cross selling. Yaitu strategi untuk menawarkan suatu produk dengan perantara produk lain. Misalnya dengan strategi beli gratis satu. 

KiriminAja dan Sales Promosi Adalah Kombinasi Atraktif untuk Bisnis Anda

KiriminAja hadir untuk membantu Anda menjalankan aktivitas sales promosi tersebut dengan memberikan layanan manajemen jasa ekspedisi satu pintu yang lengkap dan terintegrasi.

Dengan KiriminAja, aktivitas sales promosi Anda akan semakin mudah dilakukan. Sebab, Anda bisa menyingkat proses operasional dengan berbagai manfaatnya.

Anda bisa memilih berbagai pilihan jasa kurir dengan harga hemat, mencatat transaksi keuangan, melacak perjalanan paket, dan sejumlah layanan lain.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan logistik pengiriman barang, menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang, dan Anda bisa fokus pada aktivitas promosi serta penjualan barang.

KiriminAja memang benar-benar memikirkan kebutuhan bisnis online Anda dengan memberikan solusi pengiriman barang yang hemat dan terpercaya. Harga ongkos kirim yang lebih murah tentunya akan membuat Anda semakin kompetitif di pasar online, dan memungkinkan Anda mengalokasikan lebih banyak anggaran ke aktivitas promosi.

Maka dari itu, jangan ragu lagi memanfaatkan KiriminAja sebagai mitra pengiriman barang Anda. Dapatkan layanan manajemen jasa kurir satu pintu yang lengkap dan terintegrasi untuk memudahkan bisnis Anda tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.

Siapa yang tidak ingin aktivitas bisnisnya semakin lancar dan sukses?! Yuk, bergabung dengan online seller sukses Indonesia yang optimis tumbuh.

Anda hanya perlu klik dashboard KiriminAja sekarang untuk mendaftar gratis, menikmati kemudahan pengiriman barang yang tersedia, sehingga aktivitas sales promosi adalah hal mudah.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.