Produk Anda Sering Salah Sasaran? Yuk Pahami Segmentasi Demografis Biar Bisnis Makin Laris!

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
manfaat segmentasi demografis

Dalam bisnis online, segmentasi demografis adalah suatu strategi untuk memecah pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik demografis serupa.

Dengan memahami ciri-ciri dan kebutuhan masing-masing segmen pasar, Anda dapat menyesuaikan produk dan layanan agar lebih cocok terhadap kebutuhan pasar yang spesifik.

Misalnya, produk yang ditargetkan untuk lansia akan berbeda dengan produk yang ditargetkan untuk anak muda. Dengan melakukan segmentasi demografis dengan baik, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan mengoptimalkan laba mereka.

Segmentasi demografis termasuk ke dalam jenis dari segmen pasar. Segmen pasar itu sendiri adalah pengelompokan yang terjadi di pasar untuk mengedarkan produk yang sesuai dengan penggolongan tersebut.

Dengan mengetahui segmen pasar, Anda akan bisa menguasai market dan mengidentifikasi konsumen sesuai target dari produk Anda. Maka dari itu alangkah baiknya Anda memahami cara kerja segmen pasar beserta identifikasi dan contohnya di uraian ini.

Harapannya, Anda bisa memahami karakteristik calon konsumen, sehingga Anda lebih paham memakai strategi promosi macam apa agar bisnis makin sukses dan jaya.

Setelah itu, Anda bisa langsung praktik dengan memahami dan mulai menjalankan peran krusial segmentasi demografis. Yuk, pahami di sini.

Pengertian Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis dalam bisnis adalah strategi untuk memecah pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik serupa, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Tujuan dari segmentasi demografis adalah untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen dari masing-masing kelompok tersebut.

Dengan memahami karakteristik demografis setiap kelompok, Anda dapat mengembangkan produk dan layanan menjadi lebih cocok dengan kebutuhan pasar.

Misalnya, Anda yang menjual produk kecantikan dapat menargetkan wanita berusia 18-35 tahun karena pada umumnya kelompok ini lebih sering menggunakan produk kecantikan daripada kelompok lainnya.

Segmentasi demografis juga dapat membantu bisnis Anda untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Dengan memahami karakteristik demografis setiap kelompok, bisnis dapat menyesuaikan kampanye pemasaran agar lebih relevan dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Sebagai contoh, perusahaan makanan cepat saji dapat memilih untuk memasang iklan di stasiun televisi yang ditonton oleh remaja dan anak muda karena pada umumnya kelompok ini lebih sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Fungsi Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis memiliki beberapa fungsi penting dalam bisnis, diantaranya:

Memahami Kebutuhan Konsumen

Dengan memecah pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik demografis yang serupa, Anda dapat memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen dari masing-masing kelompok tersebut.

Bisnis Anda dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar yang spesifik.

Mengoptimalkan Laba

Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dari masing-masing kelompok, Anda dapat menyesuaikan harga dan promosi produk agar lebih relevan sehingga dapat membantu dalam meningkatkan penjualan dan laba bisnis.

Menyesuaikan Kampanye Pemasaran

Dengan melakukan kampanye pemasaran yang tepat, Anda dapat menarik perhatian dan minat konsumen dari masing-masing kelompok. Anda pun tak akan kesusahan menyusun formula iklan karena telah sesuai dan fokus pada target tertentu.

Apa Saja Manfaat Segmentasi Demografis?

Segmentasi demografis dalam bisnis dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan, diantaranya:

Lebih Efektif Dalam Mengarahkan Strategi Pemasaran

Anda dapat mengarahkan strategi pemasaran dengan lebih efektif dengan menentukan media promosi yang paling sesuai untuk digunakan dan pesan pemasaran yang ditampilkan dengan karakteristik konsumen dalam kelompok tersebut.

Mengoptimalkan Efisiensi Biaya Pemasaran

Dengan mengetahui kelompok pasar yang tepat, Anda bisa mengoptimalkan biaya pemasaran dengan memfokuskan sumber daya pada kelompok-kelompok yang paling mungkin membeli produk atau layanan.

Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Selain itu bisnis Anda bisa menawarkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membantu mempertahankan basis pelanggan yang loyal.

Meningkatkan Daya Saing

Anda dapat meningkatkan daya saing dan mendulang keuntungan dari persaingan yang lebih besar dalam pasar dengan pengembangan dan layanan yang paling sesuai terhadap konsumen.

Memperkuat Citra Brand

Bisnis yang memilih untuk menargetkan kelompok usia muda dapat mengembangkan merek yang lebih modern dan trendi, sementara perusahaan yang menargetkan lansia dapat mengembangkan merek yang lebih tenang dan mudah dipahami.

Hal ini akan membangun adanya brand awareness sehingga bisnis dikenal dengan citra yang baik dan sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Contoh Segmentasi Demografis

Berikut adalah contoh dari segmentasi demografis yang digunakan brand-brand terkenal. Anda bisa mencontoh dan mengambil strateginya untuk diterapkan pada bisnis yang sedang dijalani.

Misalnya McDonald's, brand ini menggunakan segmentasi demografis untuk menargetkan kelompok usia muda, terutama anak-anak dan remaja.

McDonald's menawarkan menu makanan dan minuman yang lebih sesuai dengan selera dan preferensi konsumen dalam kelompok usia ini.

Mereka juga menggunakan kampanye pemasaran yang lebih terkait dengan kebutuhan konsumen muda seperti permainan atau merchandise dari film-film terbaru.

Ada juga Nike, brand ini menawarkan produk-produk olahraga kepada konsumen yang aktif secara fisik serta atletik. Mereka menggunakan atlet terkenal sebagai bintang iklan yang dapat menginspirasi konsumen untuk membeli produknya.

Itulah pembahasan mengenai pengertian hingga contoh segmentasi demografis dalam bisnis. Anda bisa mencontohnya bahkan mengembangkannya dengan strategi lain seperti memberikan layanan logistik berharga hemat dengan kualitas pengiriman yang reliable.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan KiriminAja, di sini Anda akan mendapatkan online store sendiri yang mampu manajemen produk secara praktis bahkan mengatur margin keuntungan dengan bebas.

Dengan demikian, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional juga bisa menjaga cash flow bisnis tetap aman tanpa kendala.

Kabar baiknya, untuk mendapatkan hal tersebut Anda hanya perlu daftar secara gratis saja di dashboard KiriminAja. Anda pun tak perlu repot dan khawatir karena bisnis akan berjalan dengan mudah.

Dengan segala kemudahan tersebut, sudah siapkan untuk memulai kerjasama dengan KiriminAja di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.