Strategi Bisnis: Definisi, Keuntungan, & Cara Membangun yang Efektif

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Contoh Strategi Pengembangan Produk

Mengembangkan sebuah bisnis merupakan hal kompleks yang tidak bisa sembarangan dilakukan. Untuk melakukannya, Anda perlu menyusun strategi bisnis yang tepat.

Penyusunan strategi bisnis dapat dilakukan sejak awal Anda mendirikan usaha. Namun, harus dipastikan bisnis yang Anda dirikan sudah memiliki business plan sejak awal, ya. 

Buat Anda yang melewatkan tahap tersebut, silakan kunjungi artikel yang membahas tentang business plan ini. Sebab, business plan merupakan pondasi awal berdirinya sebuah usaha yang tidak boleh Anda lewatkan.

Setelah memiliki business plan yang matang, selanjutnya Anda perlu menyusun strategi bisnis agar usaha yang Anda jalankan semakin berkembang. Lalu apa itu strategi bisnis?

Strategi bisnis ialah upaya menentukan kebijakan atau pedoman untuk mencapai tujuan bisnis. Pedoman tersebut dibuat berdasarkan analisis dan pertimbangan yang akurat.

Melalui strategi bisnis, Anda dapat menentukan langkah untuk menjalankan perusahaan dengan melakukan identifikasi produk, pasar, hingga pemasaran.

Setelah memperoleh strategi bisnis, langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil ialah mengembangkan usaha dengan tiga cara berikut.

Melakukan Pengembangan Produk

Untuk menjalankan usaha, tentu memiliki produk yang ditawarkan kepada konsumen. Produk di sini dapat berupa barang atau jasa.

Tak cukup sampai di situ, sebagai pelaku usaha Anda harus melakukan pengembangan agar produk yang Anda tawarkan berkembang dan tetap memiliki daya jual.

Pengembangan produk dapat dilakukan dengan memperbaiki mutu produk yang telah Anda miliki. Atau dapat juga menambahkan nilai guna pada produk. 

Untuk melakukannya, Anda dapat melakukan riset terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Lalu produk dapat Anda kembangkan untuk menjawab kedua hal tersebut.

Strategi Pengembangan Produk

Produk dari berbagai jenis tentu memiliki strategi pengembangan yang berbeda. Sebab, setiap produk memiliki karakter dan tantangan yang berbeda pula.

Pengembangan produk dapat dilakukan dengan inovasi, atau dapat juga dengan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan konsumen yang dapat dilihat dari tren yang berkembang.

Apapun pilihannya, yang jelas Anda harus merancang strategi pengembangan produk tersebut dengan sistematis.  

Ada beberapa strategi pengembangan produk yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu: 

  • Meningkatkan produk yang sudah ada
  • Meningkatkan nilai produk
  • Memberikan sample gratis untuk konsumen
  • Klasifikasi produk berdasarkan segmen
  • Menawarkan paket produk
  • Membuat lini produk baru
  • Mengubah gagasan atau ide produk
  • Tentukan target pasar baru.

Sebagai informasi tambahan, Anda bisa membaca tentang pengertian klasifikasi produk di sini.

Tujuan Pengembangan Produk

Pengembangan produk memiliki tujuan untuk membuat produk Anda memiliki nilai guna yang baik untuk konsumen. Selain itu, dapat juga untuk membuat kemasan, desain, ukuran, dan sebagainya menjadi lebih baik.

Dengan demikian, Anda dapat menciptakan produk inovatif yang mampu bersaing di pasaran. Sehingga trafik penjualan pun akan meningkat.

Di sisi lain, Keller dan Kotler (2008) memberikan pendapat bahwa  pengembangan produk memiliki dua tujuan umum sebagai berikut.

Pertama, pengembangan produk bertujuan untuk memperkuat citra perusahaan sebagai investor. 

Tujuan tersebut dapat dicapai dengan memberikan penawaran produk baru daripada produk sebelumnya.

Kedua, tujuannya untuk mempertahankan daya saing produk yang sudah dimiliki. 

Tujuan tersebut dapat dicapai dengan menawarkan produk yang memberikan jenis manfaat dan kegunaan baru.

Melakukan Manajemen Pemasaran

Langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis ialah melakukan manajemen pemasaran.  Apa sih manajemen pemasaran itu?

Manajemen pemasaran (marketing management), merupakan analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian program untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tujuannya untuk menjaga timbal balik yang saling menguntungkan antara perusahaan dan konsumen.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki tujuan untuk membuat produk Anda memiliki nilai jual. Dengan kata lain, Anda sanggup menawarkan produk yang dapat menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen.

Manajemen pemasaran dilakukan untuk mencapai tujuan jangka pendek hingga jangka panjang. Berikut penjelasan dari beberapa tujuan tersebut.

Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek merupakan tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam jangka waktu singkat. Misalnya, memperoleh laba dalam jangka pendek agar biaya produksi dapat berputar.

Tujuan Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah dilakukan untuk mencapai titik impas antara total biaya produksi dan total volume penjualan. Selain itu, juga bertujuan untuk memperluas cakupan promosi produk Anda.

Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang yang perlu dicapai ialah mempertahankan konsumen agar tetap menggunakan produk Anda.

Syaratnya, Anda dapat menciptakan produk yang kreatif, inovatif, dan memiliki daya guna yang maksimal.

Melakukan Pengembangan Pasar

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis ialah dengan melakukan pengembangan pasar. Apa itu pengembangan pasar?

Pengembangan pasar ialah suatu prosedur yang dirancang perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang telah diproduksi.

Dengan pengembangan pasar, diharapkan usaha yang Anda kembangkan memiliki jumlah keuntungan yang terus naik. Jumlah keuntungan yang di sini dihitung berdasarkan penjualan produk. 

Untuk mengembangkan pasar, Anda dapat memperluas jangkauan pasar.

Misalnya dengan merambah pasar regional, nasional, atau bahkan internasional melalui berbagai macam strategi pengembangan pasar.

Dalam mengembangkan pasar agar lebih luas, tentu Anda juga harus memikirkan cara agar produk dapat terdistribusikan dengan mudah dan terjangkau. 

KiriminAja sebagai beastie setia seller online, dapat membantu untuk memecahkan problematika logistik ini.

Anda dapat memanfaatkan fitur management gudang, management order, management inventory, serta multi ekspedisi yang kami sediakan.

Sehingga, Anda tidak memiliki kendala berarti dalam mengelola pendistribusian produk.

Artinya, dengan KiriminAja, Anda menghemat pengeluaran ongkir, menghasilkan sistem pengiriman paket yang efektif, memiliki manajemen gudang yang efisien, sehingga bisnis bisa tumbuh lebih maju lagi.

Sebagai beastie setia seller online, KiriminAja bisa diandalkan sebagai bagian dari strategi bisnis Anda demi mencapai #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.