Ini Dia Strategi Diskon yang Efektif dan Mendatangkan Sales di 2023

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Pengertian strategi diskon

Pemberian diskon menjadi salah satu strategi marketing yang masih banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Sebab, strategi diskon masih dinilai efektif untuk menaikkan angka penjualan.

Konsumen akan lebih tertarik membeli produk dengan diskon karena dinilai dapat menghemat pengeluaran. 

Namun, untuk menerapkan strategi diskon, Anda perlu mempersiapkan rencana yang matang. Usahakan Anda tetap memperoleh keuntungan meskipun memberikan potongan harga. 

Sebagai bisnis yang memakai strategi diskon, KiriminAja juga merasakan efek positif diskon. Sebagai contoh, saat Anda mendaftar di dashboard KiriminAja, Anda tidak akan ditarik fee tertentu.

Sebab, KiriminAja menerapkan strategi diskon bebas biaya pendaftaran. Apabila cukup jeli, Anda akan menemukan bahwa agregator logistik kompetitor KiriminAja masih ada yang menerapkan biaya pendaftaran. 

Tak hanya sebatas itu, KiriminAja juga menerapkan banyak strategi diskon di berbagai layanannya. Sehingga Anda, sebagai konsumen KiriminAja, mendapat harga hemat dan masuk akal untuk aktivitas bisnis. 

Melalui artikel ini, KiriminAja aja memberikan pembahasan bagaimana definisi, efektivitas, serta jenis-jenis strategi diskon yang bisa Anda terapkan di bisnis. Yuk, mari membaca dan memahami bersama….

Apa itu Strategi Diskon?

Strategi diskon merupakan salah satu strategi pemasaran dengan memberikan penawaran potongan harga. Strategi ini banyak dipakai para pelaku bisnis karena dapat menaikkan angka penjualan.

Konsumen akan lebih tertarik membeli produk dengan harga diskon karena dapat menghemat. Apalagi dengan menggunakan strategi yang tepat, akan dapat memberikan efek instant buying atau pembelian cepat.

Apakah Strategi Diskon Masih Efektif untuk Menaikkan Penjualan?

Tujuan utama dari strategi diskon adalah untuk menaikkan angka penjualan. Akan tetapi, strategi ini juga dapat dilakukan untuk menghabiskan stok di gudang atau menaikkan traffic penjualan secara cepat.

Lalu apakah strategi diskon masih efektif untuk menaikkan penjualan produk Anda? Sampai sekarang, banyak pelaku bisnis yang menerapkan strategi ini. Bahkan, tak jarang pula yang meraup keuntungan lebih banyak.

Pada dasarnya, konsumen memang lebih suka untuk meminimalisir pengeluaran mereka. Maka dari itu, para pelaku bisnis memanfaat pricing psychology tersebut sebagai strategi meningkatkan penjualan.

Untuk menerapkan strategi diskon, Anda perlu merancangnya dengan matang. Bisa jadi dengan memberikan diskon secara momentum atau dengan pendekatan member loyalty.

Lalu, Apa Saja Strategi Diskon yang Dapat Menarik Perhatian Konsumen?

Berikut telah KiriminAja rangkum sepuluh strategi diskon yang dapat Anda coba:

Buy One Get One

Buy one get one merupakan strategi dengan memberikan penawaran beri satu gratis satu. Pembeli akan tertarik dengan metode ini, karena mereka akan memperoleh keuntungan lebih.

Cara ini dapat Anda lakukan dengan memanipulasi harga atau komposisi produk sedemikan rupa. Sehingga Anda tetap memperoleh keuntungan walaupun memberikan satu produk sebagai hadiah atas pembelian satu item.

Diskon Member

Strategi keanggotaan dapat diterapkan kepada pelanggan yang memiliki loyalitas terhadap produk Anda. Yaitu mereka yang akan mengkonsumsi produk Anda dalam jangka lama.

Penawaran yang Anda tawarkan dapat berupa pengurangan harga khusus untuk member loyalty. Dengan demikian, pelanggan tidak akan berpindah ke brand lain.

Diskon Awal Bulan

Awal bulan biasanya waktu dimana banyak orang yang memperoleh gaji. Mereka cenderung membelanjakan uang tanpa pikir panjang karena merasa masih memiliki jumlah banyak.

Anda dapat memanfaatkan momentum ini untuk memberikan diskon khusus. Sehingga, konsumen yang tadinya tidak ingin membeli produk Anda pun dapat membelinya.

Waktu Khusus Diskon

Strategi selanjutnya yang dapat Anda coba ialah dengan memberikan diskon di waktu-waktu tertentu. Misalnya potongan harga untuk pelanggan yang membeli pada pukul 00.00-01.00.

Diskon jenis ini biasanya menyasar pelanggan yang sudah memiliki loyalitas. Sebab, hanya mereka yang benar-benar menginginkan produk Anda yang akan melakukannya. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan akan naik.

Diskon Pengguna Kartu Kredit

Diskon untuk pengguna kartu kredit bisanya bukanlah dalam bentuk potongan harga, melainkan berupa cicilan 0% untuk pengguna kartu kredit tertentu misalnya.

Diskon Tanggal Ulang Tahun

Selanjutnya, Anda juga dapat mencoba memanfaatkan tanggal khusus, seperti ulang tahun perusahaan untuk memberikan diskon kepada pelanggan yang memiliki tanggal ulang tahun sama.

Pelanggan hanya perlu menunjukkan bukti berupa kartu identitas yang menyatakan bahwa ia memiliki tanggal ulang tahun yang sama dengan perusahaan Anda.

Post and Discount

Strategi yang satu ini berupa pemberian diskon dengan syarat harus membuat postingan tentang produk Anda di akun media sosial konsumen. Misalnya di Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya.

Dengan demikian, selain pelanggan memperoleh keuntungan, Anda juga dapat secara otomatis mempromosikan produk ke teman-teman pelanggan.

Diskon Nama Khusus

Cara unik ini dapat Anda coba untuk menarik perhatian konsumen. Yaitu dengan memberikan diskon untuk nama-nama tertentu. Dapat berupa nama yang unik atau familiar.

Misalnya diskon 15% untuk yang bernama Agus pada saat campaign hari kemerdekaan Indonesia.

Diskon Pembelian Banyak

Anda dapat memberikan diskon khusus untuk konsumen yang membeli dalam jumlah banyak. Misalnya, pembelian minimal 10 item akan memperoleh potongan harga 15%. Cara ini dapat membuat pelanggan merasa lebih puas membeli produk Anda.

Diskon Cashback

Strategi diskon terakhir yang dapat Anda coba ialah metode cashback. Yaitu potongan harga dalam bentuk uang kembalian. Strategi satu ini biasanya cukup sering ditemukan pada e-commerce.

Contohnya, untuk pembelian produk senilai Rp300.000 akan memperoleh cashback dalam bentuk saldo e-wallet sebesar Rp25.000. Nah, saldo ini nantinya dapat dipakai konsumen untuk pembelian berikutnya.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang teknik cashback ini, Anda dapat mengunjungi artikel yang telah disediakan KiriminAja.

Artikel ini berisi uraian bagaimana taktik cashback sebagai strategi diskon bisa membantu bisnis. Anda cukup klik tautan strategi marketing cashback untuk memikat pelanggan ini, membaca, memahami, dan coba menerapkannya langsung di bisnis.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis diskon yang bisa Anda optimasi untuk menarik perhatian konsumen. KiriminAja juga sudah menyiapkan panduan khusus berbagai jenis diskon dan bagaimana taktik menarik perhatian konsumen ke diskon itu.

Anda hanya cukup membaca uraian yang ada di tautan tersebut untuk memahami berbagai strategi jenis diskon dan cara merangsang konsumen tertarik.

Demikian artikel tentang strategi bisnis yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat ya…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.