Yuk, Kenali Berbagai Sumber Daya Usaha yang Ada di Perusahaan Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
contoh-sumber-daya-usaha

Sumber daya usaha merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Sebab, unsur-unsur di dalamnya lah yang menggerakan segala kegiatan operasional.

6M merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut unsur-unsur tersebut. Lalu, apa saja sih yang termasuk 6M Sumber Daya Usaha itu? 

Dalam artikel ini, KiriminAja telah merangkum pembahasan terkait 6M Sumber Daya Usaha beserta contohnya. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir. Jangan lupa juga untuk daftar gratis di Dashboard KiriminAja ya, agar pengiriman Anda semakin aman sampai ke tangan pelanggan!

Definisi Sumber Daya Usaha

Sumber daya usaha merupakan semua sumber daya atau aset yang digunakan perusahaan untuk menjalankan  kegiatan operasional dalam rangka mencapai tujuan bisnis.

Selain itu, sumber daya usaha juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis. Jika, semua sumber daya dikelola dengan baik, maka bisnis Anda dapat berkembang dengan baik pula.

Ada berbagai strategi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan sumber daya usaha. Salah satu cara yang belakang ini populer yaitu scale up, metode meningkatkan bisnis ke taraf yang lebih besar. Tapi scale up bisa dilakukan dari hal sederhana seperti menyediakan pilihan kirim paket murah bagi pelanggan Anda. 

Artinya, saat membicarakan sumber daya usaha, Anda perlu memahami uraian konsep scale up bisnis ini. Saat Anda memahami konsep scale up bisnis di uraian tersebut, Anda juga akan mampu mengkombinasikan dengan optimasi sumber daya usaha yang dimiliki.

Unsur-unsur Sumber Daya Usaha

Unsur-unsur sumber daya usaha adalah komponen yang terdiri dari berbagai jenis sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi. 

Lalu, apa saja sih unsur-unsurnya? Istilah yang kerap digunakan yaitu 6M: Man, Money, Material, Machine, Method, Market.

6M Sumber Daya Usaha

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait 6M dalam modul Kemdikbud Prakarya dan Kewirausahaan yang disusun oleh Nurfiani Sri Hattari, S.Pd:

Man (Manusia)

Man merupakan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau bisnis. Unsur ini terdiri dari karyawan atau tenaga kerja yang menjadi pelaku segala aktivitas bisnis.

Sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam kesuksesan suatu perusahaan karena kinerja perusahaan sangat bergantung pada kualitas, kemampuan, dan keterampilan karyawan.

Oleh karena itu, manusia memiliki peranan penting, utamanya dalam mengatur manajemen usaha. Manusialah yang menciptakan ide bisnis dan kemudian merealisasikannya.

Money (Uang)

Secara harfiah, money artinya adalah uang. Namun, dalam dunia bisnis memiliki arti sebagai sumber daya finansial. Yaitu alat yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasional, investasi, dan ekspansi.

Unsur ini merupakan modal dana atau kekayaan perusahaan yang dapat berupa uang tunai, investasi, hutang, maupun ekuitas.

Material (Materi)

Material merupakan bahan yang digunakan untuk membuat produk. Setiap bisnis memiliki material yang berbeda tergantung produk yang ditawarkannya dan sistem produksinya.

Ada yang membutuhkan bahan baku mentah, bahan baku setengah jadi, bahkan ada yang membeli barang jadi untuk kemudian dimodifikasi dan diberi merek sendiri.

Machine (Mesin/Teknologi)

Machine merupakan sumber daya yang terdiri dari alat dan teknologi yang digunakan dalam proses produksi atau menjalankan bisnis. Sumber daya ini termasuk perangkat keras, perangkat lunak, sistem jaringan, dan database.

Mesin digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia serta meningkatkan jumlah produksi dengan lebih efisien.

Method (Metode)

Method merupakan sistem yang diterapkan sebagai panduan cara kerja yang baik. Sumber daya ini juga menjadi penghubung segala sesuatu dalam kegiatan bisnis.

Setiap bisnis biasanya menerapkan cara kerja yang berbeda tergantung jenis dan kebutuhan masing-masing. Dengan menerapkan metode kerja ini, dapat membantu kegiatan operasional lebih efektif dan efisien.

Market (Pasar)

Market atau pasar merupakan sasaran konsumen dari sebuah bisnis. Tanpa pasar, bisnis hanya akan menghamburkan modal tanpa memperoleh penghasilan.

Oleh karena itu mempelajari pasar sangat penting dilakukan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat dan optimal.

Contoh Sumber Daya Usaha

Untuk lebih memperjelas gambarannya, berikut KiriminAja kasih contoh 6M dalam sebuah bisnis ayam potong kemasan.

Man (Manusia)

Contoh sumber daya manusia dalam bisnis ayam potong kemasan antara lain, pemilik bisnis, bagian administrasi, bagian produksi, bagian distribusi dan pemasaran.

Setiap bagian tersebut diisi oleh sumber daya manusia yang memiliki keahlian masing-masing. 

Money (Uang)

Sumber daya finansial yang dibutuhkan dalam bisnis ayam potong kemasan dapat diukur dari kebutuhan dana untuk kegiatan operasionalnya.

Mulai dari kebutuhan membeli alat dan perlengkapan produksi, membeli bibit ayam, membayar gaji karyawan, membayar biaya produksi lainnya.

Dari besarnya dana yang dibutuhkan tersebut, pemiliki usaha dapat menyediakan modal. Baik dari modal pribadi maupun investor.

Material (Materi)

Material dalam bisnis ayam potong kemasan meliputi ayam yang diternak dan kemudian diolah menjadi ayam potong kemasan.

Dalam hal ini, ayam yang digunakan bisa berupa ayam siap potong yang dipesan dari supplier. Atau bisa juga memesan anak ayam yang kemudian diternak terlebih dahulu.

Machine (Mesin)

Sumber daya mesin yang dibutuhkan dalam bisnis ayam potong kemasan meliputi mesin pencabut bulu, alat timbangan, alat potong ayam, mesin pengemas ayam.

Method (Metode)

Metode dalam bisnis ayam potong kemasan berupa tata cara memproduksi ayam potong hingga siap jual, cara memasarkan produk, dan lainnya.

Market (Pasar)

Pasar dari bisnis ayam potong kemasan adalah orang-orang yang mengkonsumsi ayam tapi lebih suka membeli di supermarket agar lebih praktis.  

Tahukah Anda bahwa keberhasilan sebuah brand di mata konsumen juga tidak lepas dari sumber daya logistik pengiriman yang handal?

Artinya, sebaik apapun sumber daya usaha Anda di atas, jika ekspedisinya kacau-balau, maka produk Anda akan dapat perspektif negatif.

Karena itulah, KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 Indonesia, hadir untuk mendukung kerja bisnia Anda menciptakan kesadaran merek yang positif di tingkat operasional.

KiriminAja hadir untuk memenuhi kebutuhan logistik pengiriman Anda dengan layanan yang terpercaya, aman, dan cepat. 

Dengan KiriminAja, Anda bisa fokus pada operasional bisnis tanpa perlu paknik proses pengiriman paket terlambat atau rusak.

KiriminAja juga menawarkan sejumlah fitur canggih yang memudahkan memantau pengiriman barang dan memberikan kepuasan bagi konsumen Anda. 

Platform KiriminAja membuat Anda mampu melacak status pengiriman secara real-time, memberikan notifikasi pada konsumen tentang status pengiriman barang, serta mengetahui estimasi waktu tiba barang. 

Sehingga sumber daya usaha bisnis Anda ikut terbangun menghasilkan operasional yang berjalan lancar, #CashFlowAman, dan bisnis jadi tenang. 

Jadi, tunggu apa lagi?! Yuk, percayakan pengiriman barang Anda pada KiriminAja. Cukup daftarkan bisnis Anda di dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan langsung nikmati layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.