Tahapan Memulai Bisnis

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Bisnis
Cara memulai bisnis

Jika kamu merasa mengalami perjalanan kariermu tidak mengalami perkembangan, maka sudah saatnya kamu mencoba hal baru. Bisa jadi, ini adalah saat yang tepat untuk mencoba berbisnis. Namun memulai bisnis tentunya bukan hal yang mudah dilakukan. Perlu dilakukan perhitungan dan pertimbangan yang matang dalam bergerak dan memulai bisnis.

Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai sebuah bisnis?

Memastikan Bisnis Apa yang Akan Dijalankan

Menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan merupakan langkah awal dan dasar. Jenis bisnis pun memiliki banyak pilihan, antara lain, bisnis sembako, fashion, kuliner, design interior dan masih banyak lagi. Tidak perlu melulu mengikuti apa yang sedang menjadi trend, namun mengikuti apa yang sesuai dengan bidang yang kamu geluti selama ini. Disamping kamu sudah mengetahui karakter bisnis tersebut, kamu juga lebih memahami akan mau bagaimana bisnis itu kamu jalankan.

Menentukan Arah dan Tujuan Bisnismu

Sama halnya seperti menentukan visi dan misi, hal ini perlu juga kamu terapkan dalam bisnismu. Supaya kedepannya kamu memiliki pola dan kerangka berpikir promosi bisnismu. Kamu pun juga lebih mudah menentukan keunggulan yang dimiliki bisnismu dibandingkan kompetitormu.

Membuat Rencana Bisnismu

Sama halnya seperti membuat peta, membuat rencana bisnis ini akan menjadi petamu untuk melangkah dan mencapai tujuan yang sudah kamu tentukan di atas.

Jangan Lupa Survey Ya

Seperti bertempur di medan perang, kita perlu melakukan survey untuk memahami kondisi di lapangan. Survey ini bisa melingkupi survey harga, survey lokasi, survey konsumen dan lainnya.

Persiapkan Modal yang Dibutuhkan

Tentunya modal menjadi amunisi dan bekal utama saat berbisnis. Pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk mencover kegiatan operasional, management dan juga promosi.

Menjalankan Bisnis itu Sendiri

Setelah segala persiapan yang matang, segera realisasikan bisnismu itu ya.

Salah satu lini bisnis untuk mempraktikkan cara-cara di atas adalah usaha skin care.

Untuk itu, Anda bisa mengkombinasikan cara di atas dengan rangkuman KiriminAja terkait bagaimana bisnis skincare, baik dari modal dan persiapan, dan profitnya.

Cukup klik tautan di atas, pahami, lalu sesuaikan dengan kondisi diri Anda. Karena, sebuah bisnis bisa berjalan baik jika sesuai dengan kondisi pemiliknya.

Sebuah bisnis yang ideal tentunya membutuhkan komitmen yang sudah direncanakan dari awal untuk berjalan sesuai dengan relnya. Jangan sampai ketika bisnismu sudah berkembang pesat kamu malah melupakan komitmen awal bisnismu. Selalu baca kembali catatan awal langkah-langkah saat kamu memulai bisnismu, agar tidak salah langkah dalam menjalankan bisnismu.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.