Mengapa Target Pasar Bisnis Online Itu Penting

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
Mengapa menentukan target pasar penting?

Target pasar bisnis online adalah sesuatu yang mutlak Anda miliki. Kenapa? Agar roda bisnis online berputar dengan baik, ia harus memiliki cukup banyak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Oleh karenanya, cari tahu siapa dan bagaimana karakteristik target pasar bisnis online Anda. Agar kemudian bisa membentuk strategi pemasaran yang sesuai dengan pelanggan.

Apa itu Target Pasar?

Sederhananya, target pasar adalah sekelompok orang tertentu yang telah diputuskan untuk ditargetkan sebagai pelanggan produk bisnis online Anda.

Memang terasa cukup sederhana, akan tetapi target pasar adalah sesuatu yang kompleks karena banyak kombinasi dan saling silang elemen di dalamnya.

Konsep target pasar akan jauh lebih rumit saat produk bisnis online punya daya tarik yang luas, atau setidaknya produk tersebut punya basis pelanggan yang beragam.

Sebagai ilustrasi, jika Anda menjual kepada semua orang, lalu bagaimana harus menentukan target pasar?

Salah satu langkah pertama untuk mengidentifikasi target pelanggan untuk bisnis bisnis online adalah harus mengidentifikasi orang-orang yang sudah membeli.

Walaupun pelanggan bisnis Anda saat ini terkesan bervariatif, kemungkinan besar, mereka punya satu atau dua karakteristik yang sama.

Mengapa Menentukan Target Pasar Penting?

Memiliki data basis pelanggan sama dengan meningkatkan peluang keberhasilan bisnis. Dengan menentukan target pelanggan bisnis online, Anda dapat:

• Mengidentifikasi jumlah pelanggan potensial untuk bisnis. Atau dengan kata lain, melihat apakah ada cukup permintaan untuk produk bisnis online Anda

• Menyesuaikan bisnis dengan kebutuhan basis pelanggan potensial

• Menyesuaikan produk dan layanan bisnis online untuk lebih memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan Anda

• Menargetkan pola dan strategi pemasaran agar sesuai dengan target pelanggan.

Menentukan target pasar tidak akan membatasi gerak bisnis bisnis online. Kecenderungan pelaku bisnis online baru adalah menolak mengidentifikasi basis pelanggan.

Alasannya karena identifikasi dianggap membatasi bisnis atau mengurangi jumlah pelanggan potensial.

Padahal mengidentifikasi target pelanggan tidak sama dengan melarang kehadiran pelanggan yang tidak sesuai dengan profil target.

Menentukan target pasar akan meningkatkan efisiensi biaya. Mendefinisikan basis pelanggan akan meningkatkan efisiensi biaya bisnis online.

Akan jauh lebih efektif bila pemasaran fokus pada pelanggan yang berpotensi tinggi membeli produk bisnis online Anda.

Bagaimana Menentukan Target Pasar Bisnis Online?

Singkatnya, mendefinisikan target pelanggan adalah mengidentifikasi karakteristik spesifik pelanggan yang diyakini paling potensial membeli produk bisnis bisnis online Anda.

Berikut ini detail karakteristik yang umum digunakan untuk mengklasifikasikan pelanggan:

• Usia

• Jenis kelamin

• Tingkat pendapatan

• Kebiasaan membeli

• Pekerjaan atau industri

• Status pernikahan

• Status keluarga (anak-anak atau tidak ada anak-anak)

• Lokasi geografis

• Suku

• Afiliasi atau kecenderungan politik

• Hobi dan minat

Gunakan kriteria di atas untuk menggambarkan profil pelanggan potensial. Pelanggan potensial adalah mereka yang benar-benar membutuhkan atau menginginkan produk bisnis bisnis online.

Dengan membuat profil pelanggan, setidaknya, berbagai elemen pemasaran akan menyesuaikan dengan karakteristik pelanggan.

Sebagai contoh, sebuah toko sepeda bisa menentukan target pelanggannya sebagai pria lajang berusia 18 hingga 25 tahun yang tinggal dalam jarak 3 kilometer dari universitas setempat.

Sehingga, saat memasang iklan di Instagram, maka target lokasinya adalah mereka yang tinggal/pernah ada di sekitar area universitas tersebut.

Pelaku bisnis online sering membuat kesalahan berupa mengidentifikasi basis pelanggan yang terlalu luas.

Akibatnya, mereka kesulitan dan kebingungan membuat strategi pemasaran yang efektif. Oleh karenanya, dibutuhkan pengamatan dan kehati-hatian yang mendalam saat melakukan identifikasi.

Semakin hati-hati Anda menentukan target pasar, maka semakin efektif aktivitas pemasaran Anda.

Identifikasi yang efektif adalah dasar penting untuk semua aktivitas pemasaran bisnis bisnis online.

Karena itu, metode pemasaran yang sederhana dan murah bisa jadi jauh lebih efektif daripada pemasaran dengan menghabiskan banyak biaya.

Alasannya karena metode pemasaran yang sederhana dan murah berbasis identifikasi pelanggan yang efektif.

Karena itu, setelah memahami target pasar bisnis online, berikan layanan yang mumpuni. Salah satu layanan yang penting bagi banyak konsumen Indonesia adalah servis kirim paket.

Iya, konsumen Indonesi sangat sensitif dengan masalah kirim paket. Lebih spesifik lagi, konsumen Indonesia sangat sensitif dengan ongkir paket.

Karenanya, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang mampu mengelola pengiriman paket.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja sudah melayani 200.000++ pelaku bisnis online Indonesia.

Kepercayaan ratusan ribu pebisnis online tersebut adalah bukti bahwa KiriminAja memang oke buat mengirim pakai bisnis online Anda.

Karenanya, coba saja dulu mendaftar gratis di Dashboard KiriminAja. Terus rasakan deh bagaimana layanan KiriminAja bisa membuat konsumen Anda puas.

Sehingga bisnis Anda bisa menjaga #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.