Mari Mengenal Lebih Dalam Term of Payment, Metode Bisnis Supaya Lancar

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Contoh term of payment lengkap

Anda sebagai pebisnis pasti pernah mendapatkan orderan produk dengan cara pembayaran COD bukan? Ternyata sistem pembayaran ini termasuk dalam term of payment.

Term of payment ini mencakup banyak hal, tidak hanya COD saja, bahkan ada cara pembayaran lain yang masuk ke dalamnya.

Term of payment ini sudah banyak digunakan di mana-mana sejak lama, hanya saja istilah ini mungkin kurang dikenal apalagi bagi Anda yang baru memulai bisnis.

Artikel ini akan membantu Anda untuk memahami lebih jauh soal term of payment yang bermanfaat tentunya bagi bisnis. Siapa tahu juga Anda bisa menggunakan jenis term of payment lainnya sebagai alternatif pembayaran.

Nah, kalau begitu mari kita simak uraiannya di bawah ini.

Arti dan Pengertian Term of Payment

Arti dari term of payment adalah ketentuan pembayaran atau bisa dianggap sebagai cara-cara membayar sesuatu. Biasanya juga dikenal sebagai pembayaran termin atau berjangka. Sebutan lainnya adalah pembayaran tempo.

Term of payment adalah metode atau cara pembayaran yang disepakati antara pembeli dan penjual dalam sebuah transaksi. Pembayaran ini dapat berupa uang tunai, cek, kartu kredit dan transfer bank.

Karena namanya pembayaran berjangka, maka ciri dari term of payment ini ada pada waktu pelunasan pembayaran. Artinya ini adalah metode pembayaran yang dilakukan secara berjangka oleh pelanggan dengan akun bisnis.

Pembayaran tersebut bisa dilakukan setelah barang atau produk diterima oleh pelanggan. Batas umum pelunasan pembayaran setelah barang diterima adalah 14 hari.

Jadi, term of payment adalah cara pembayaran yang dilakukan pembeli setelah mereka menerima barangnya dan dibatasi secara umum maksimal 14 hari untuk pelunasannya.

Contoh sederhananya adalah COD (Cash on Delivery), pembeli harus membayar sejumlah uang seusai harga produk ketika barangnya sudah diterima.

Namun, term of payment ini tidak semuanya bisa digunakan semua kalangan masyarakat umum tanpa terkecuali karena memiliki syarat-syarat tertentu. Metode ini kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan bisnis online.

Tujuan Term of Payment

Term of payment saat ini sudah semakin banyak dan berkembang. Namun tidak semua elemen masyarakat bisa menggunakannya. Tapi bagi konsumen yang senang belanja online metode ini sudah menjadi hal yang umum.

Tujuan dari term of payment ini adalah untuk mengatur arus kas bisnis. Dengan ToP bisnis bisa menjaga cashflownya dengan baik dan bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Hal ini menjadi cost control bagi perusahaan.

Tujuan lainnya adalah untuk memancing dan memberikan alasan kepada konsumen supaya berbelanja. Konsumen akan memilih sistem pembayaran yang sesuai dan kebanyakan menyukai term of payment ini.

Dari tujuan di atas bisa kita ketahui jika term of payment bisa berguna bagi internal dan eksternal bisnis seperti cashflow control dan persuasi terhadap konsumen.

Jenis-Jenis Term of Payment

Berikut ini adalah jenis-jenis dari term of payment yang banyak digunakan saat ini:

Cash Before Delivery (CBD)

Metode ini mengharuskan pembeli untuk membayar produk yang dibelinya terlebih dahulu sebelum barangnya dikirim. Term of payment jenis ini biasanya dilakukan dalam transaksi dengan harga produk yang tidak terlalu mahal.

Anda bisa menjumpai metode ini dalam marketplace atau toko online lainnya. Anda yang sudah berbisnis online pastinya juga melakukan term ini. Barang akan dikirim jika syarat sudah dipenuhi yaitu membayar terlebih dahulu.

Cash on Delivery (COD)

COD tentunya menjadi hal yang sangat umum dan sudah banyak dikenal serta digemari banyak orang. Istilah ini sudah tidak asing lagi konsumen yang senang belanja online.

Seperti yang kita ketahui, COD adalah cara pembayaran yang dilakukan ketika barang diterima oleh pembeli. Pelanggan akan membayar langsung ke kurir atau penjual ketika barang sudah sampai.

Seseorang yang memesan barang dengan sistem COD tentunya harus membayar sejumlah uang tunai dan tidak boleh dibatalkan atau menolak untuk membayar. Karena biasanya sudah ada aturan tertulis bahwa pembeli harus menyetujui untuk membayar uang tersebut.

Cash in Advance (CIA)

Metode pembayaran ini dilakukan dengan cara seorang pembeli akan mengirim uang ke penjual. Lalu penjual akan mengirimkan barangnya.

Artinya penjual tidak akan mengirimkan barangnya kepada konsumen jika pelanggan belum membayarkan sejumlah uang sesuai kesepakatan.

Net D Days

Ini adalah metode yang dipakai sebuah perusahaan ketika pembelinya akan melakukan pembayaran maksimal pada hari ketika barang sudah diterima. Maksudnya adalah pembeli harus melunasi pembayaran dalam beberapa hari sesuai ketentuan.

Net End of Month (EOM)

Metode ini digunakan untuk melakukan pembayaran yang harus dilunasi pada akhir bulan. Misalnya Net EOM 30, maka pembayaran wajib dilunasi dengan jatuh tempo 30 hari sejak akhir bulan.

Contoh Surat Term of Payment

Kepada [Nama Penerima],

Dengan ini kami menyatakan bahwa kami [Nama Perusahaan] setuju untuk melakukan pembayaran atas pembelian [nama barang/jasa] dari [Nama Perusahaan Penjual] sesuai dengan "term of payment" yang telah disepakati sebagai berikut:

  • Jangka waktu pembayaran: [jangka waktu pembayaran, misalnya 30 hari setelah faktur diterima]
  • Cara pembayaran: [cara pembayaran, misalnya transfer bank atau cek]
  • Diskon: [jika ada, misalnya 2% jika dibayar dalam waktu 14 hari]
  • Syarat-syarat lain: [jika ada, misalnya pembayaran hanya akan dilakukan jika barang diterima dalam kondisi baik]

Kami menyetujui "term of payment" tersebut dan akan mematuhi semua syarat yang telah disepakati.

Salam,

[Nama Perusahaan]

Memaksimalkan Term of Payment Bersama KiriminAja Demi Pertumbuhan Bisnis

Sebagai manajemen jasa kurir satu pintu, KiriminAja tidak hanya membantu mengirimkan barang dengan mudah dan cepat, tetapi juga memudahkan transaksi keuangan bisnis Anda.

KiriminAja menyediakan fitur term of payment yang memungkinkan Anda untuk menentukan ketentuan pembayaran yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan urusan pembayaran dan dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Yuk, bergabung dengan ratusan online seller yang menikmati layanan KiriminAja. Anda akan menikmati kemudahan transaksi dalam berbagai jenis transaksi bisnis bersama KiriminAja. Cukup klik dashboard KiriminAja untuk mendaftar dan menjadi member KiriminAja. 

Dapatkan juga berbagai layanan kurir, manajemen stok, transaksi term of payment yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda lebih jauh. Jangan lewatkan kesempatan menjaga #CashFlowAman demi bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.