Panduan Pakai Timesheet Karyawan demi Indikator KPI yang Jelas & Fair

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
Fungsi timesheet kerja karyawan

Mengelola sumber daya manusia dalam bisnis perlu dilakukan dengan optimal agar aktivitas bisnis berjalan lancar. Salah satu caranya adalah memakai timesheet karyawan untuk melakukan rekam kinerja.

Dengan timesheet, dapat dilihat waktu dan aktivitas kerja karyawan selama periode. Informasi tersebut  sangat berguna untuk karyawan maupun administrasi bisnis. Misalnya, sebagai dasar perhitungan gaji.

Makannya, yuk pelajari tentang timesheet biar bisa mengaplikasikannya di bisnis. Ini dia pembahasan terkait definisi, fungsi, jenis, dan contoh timesheet kerja karyawan.

Apa itu Timesheet Kerja Karyawan? 

Timesheet kerja karyawan adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat waktu kerja yang dihabiskan oleh seorang karyawan dalam suatu periode tertentu, seperti harian, mingguan, atau bulanan. 

Dokumen ini biasanya berisi informasi tentang identitas karyawan, jam masuk, jam pulang, waktu istirahat, serta aktivitas atau tugas yang dikerjakan selama periode tersebut.

Timesheet kerja karyawan biasanya digunakan oleh perusahaan untuk memantau produktivitas dan efisiensi karyawan. Selin itu, juga untuk memastikan karyawan dibayar sesuai dengan waktu yang mereka habiskan untuk bekerja. 

Di samping itu, timesheet juga dapat membantu karyawan untuk melacak waktu kerja mereka dan mengetahui berapa lama waktu yang telah mereka habiskan untuk setiap tugas atau proyek.

Bentuk timesheet sendiri beragam sesuai kebijakan tiap perusahaan. Bisa berupa dokumen cetak maupun file yang bisa diakses karyawan.

Fungsi Timesheet Kerja Karyawan

Setelah mempelajari definisinya, selanjutnya kita bahas yuk tentang apa saja fungsi timesheet kerja karyawan. Berikut pembahasannya:

Manajemen Waktu Karyawan

Fungsi timesheet yang pertama adalah untuk menunjang kelancaran manajemen waktu setiap karyawan. Hal ini berkaitan dengan efektivitas kerja mereka.

Dengan menggunakan timesheet, Anda dapat mengawasi kinerja karyawan setiap harinya. Sehingga dapat dilihat bagaimana efektivitas kerja masing-masing karyawan.

Selain itu, timesheet juga berfungsi sebagai time tracking yang dapat digunakan sebagai dasar perhitungan gaji maupun pengambilan cuti  dan lembur kerja.

Informasi Terkait Kinerja Karyawan

Selain untuk manajemen waktu, timesheet juga berfungsi sebagai sumber informasi untuk menilai kinerja karyawan. Dengan demikian, Anda dapat mengatur pembagian tugas sesuai dengan kemampuan mereka.

Selain itu, juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. Seperti ketika karyawan sering telat menyelesaikan pekerjaan, bisa jadi karena tugas yang diberikan terlalu banyak.

Dasar Perhitungan Upah

Upah merupakan imbalan yang harus dibayarkan kepada karyawan atas pekerjaan atau kontribusi mereka. Berupa gaji pokok dan intensif seperti tunjangan. bonus, uang lembur, dan sebagainya.

Timesheet menunjukkan jumlah jam kerja dan lemburan karyawan. Hal tersebut dapat digunakan sebagai dasar perhitungan upah. Sehingga upah yang dibayarkan kepada karyawan sesuai dengan kinerjanya.

Jenis Timesheet Kerja Karyawan

Timesheet yang digunakan setiap perusahaan biasanya berbeda sesuai kebutuhan dan kebijakan masing-masing. berikut beberapa jenis timesheet kerja karyawan yang umum digunakan:

Timesheet Harian

Timesheet harian digunakan untuk mencatat waktu kerja karyawan setiap hari. Termasuk jam masuk, jam istirahat, jam pulang, serta tugas atau aktivitas yang dikerjakan di hari tersebut.

Timesheet Mingguan

Timesheet mingguan mencatat waktu kerja karyawan selama satu minggu. Timesheet ini mencakup informasi tentang jam masuk, jam istirahat, jam pulang, serta jumlah jam kerja yang dihabiskan selama seminggu.

Timesheet Proyek

Timesheet proyek mencatat waktu kerja karyawan yang digunakan untuk menyelesaikan proyek tertentu. Timesheet ini mencakup informasi tentang proyek yang dikerjakan, pekerjaan yang diselesaikan, serta waktu yang dihabiskan untuk setiap pekerjaan.

Timesheet Klien

Timesheet klien mencatat waktu kerja karyawan yang dihabiskan untuk bekerja dengan klien tertentu. Timesheet ini mencakup informasi tentang klien, pekerjaan yang dilakukan untuk klien tersebut, serta waktu yang dihabiskan untuk setiap pekerjaan.

Timesheet Fleksibel

Timesheet fleksibel mencatat waktu kerja karyawan yang bekerja dengan jadwal yang fleksibel, seperti karyawan paruh waktu atau karyawan yang bekerja dari rumah. 

Contoh Timesheet Kerja Karyawan

Agar lebih ada gambaran tentang timesheet kerja karyawan, berikut KiriminAja kasih contohnya:

jenis timesheet kerja karyawan

(Source: replicon.com)

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan sebelum lebih jauh menentukan time sheet karyawan adalah memahami peran NPP. Masalahnya, NPP inilah yang menentukan nasib bisnis Anda di mata karyawan.

Karena itu, kami menyiapkan panduan memahami NPP perusahaan bagi Anda. Panduan ini menjadi landasan Anda memahami korelasi bisnis, karyawan, dan jaminan perusahaan.

Nah, setelah mempelajari tentang timesheet, selanjutnya Anda bisa membuat manajemen karyawan dengan optimal. Serta menghitung upah yang sesuai dengan pekerjaan atau kontribusi karyawan pada periode tertentu.

Untuk lebih bisa melakukan efisiensi budget, strategi selanjutnya adalah Anda perlu memastikan cash flow aman biar pembayaran upah karyawan lancar. Misalnya, dengan memberikan layanan logistik yang andal agar menarik konsumen.

Untuk itulah KiriminAja hadir mendukung bisnis Anda. Iya, KiriminAja memungkinkan bisnis Anda memiliki layanan logistik dengan harga kompetitif tapi kualitas pengirimannya reliable.

Selain itu, Anda juga akan memiliki kebebasan mengatur manajemen profit, menjaga #CashFlowAman, dan memastikan manajemen bisnis yang lebih optimal. Mengapa demikian?

Sebagai platform penyedia jasa logistik, KiriminAja memiliki komitmen untuk membantu para pelaku usaha mengembangkan bisnis mereka.

Makannya, KiriminAja menyediakan berbagai layanan untuk mempermudah manajemen bisnis secara otomatis. Seperti manajemen karyawan, manajemen penjualan, manajemen pengiriman, hingga manajemen inventory.

Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan sejumlah verifikasi, dan langsung menikmati layanan reliable aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Yuk, KiriminAja siap diajak kerja sama mengembangkan bdan mengoptimalkan layanan bisnis Anda demi #CashFlowAman, konsumen puas, profit berdatangan, dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.