Tips Membuat Video Product Memukau Dengan Alat Seadanya, Bagaimana Caranya?

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Tips membuat video product

 

Bisa dikatakan jika saat ini pemasaran digital menjadi salah satu ide promosi yang paling banyak digunakan oleh pebisnis. Kemudahan untuk menyebarkan konten promosi serta kebebasan untuk membuat materi promosi menjadi alasan kenapa promosi digital semakin digemari. Jika ditilik, tidak hanya materi promosi digital berupa gambar saja yang digunakan, melainkan juga video product.

Ya, video produk bisa dikatakan menjadi salah satu konten promosi yang sangat menarik. Tidak hanya memberikan informasi produk secara lebih detail, calon konsumen pun bisa melihat kualitas dari produk dan brand dari video yang dibuat. Brand yang terpercaya tentu akan membuat video dari produk yang ditawarkan dengan saksama dan profesional.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips membuat video produk yang memukau dengan alat yang sederhana untuk memaksimalkan promosi yang Anda lakukan. Penasaran apa saja tips yang dimaksud? Simak ulasannya!

Ragam Tips Membuat Video Produk yang Berkualitas

Sebagaimana disinggung di awal bahwa video produk memiliki kelebihan untuk promosi dengan detail produk yang lebih jelas. Nah, agar promosi yang Anda lakukan berhasil, tentu Anda harus berusaha membuat video promosi produk yang berkualitas.

Adapun beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat video promosi produk yang berkualitas diantaranya adalah sebagai berikut:

1)     Membuat konsep video yang tepat

Untuk membuat video product yang memukau dan berkualitas, tentu saja Anda harus mengawalinya dengan membuat konsep video yang tepat. Secara sederhana, konsep video akan memperjelas alur dari video promosi tersebut.

Nah, dengan adanya konsep yang pas, maka video yang akan dibuat nantinya memiliki satu cerita yang utuh dan padu. Beberapa ide terkait pembuatan konsep video promosi produk diantaranya adalah sebagai berikut:

?      Membuat sebuah opening yang sangat menarik untuk menciptakan daya tarik pada penonton video sehingga mereka bisa terus berinteraksi

?      Membuat alur cerita atau story telling yang jelas sehingga iklan memiliki isi yang lebih menarik dan mudah diingat oleh calon konsumen

?      Menyesuaikan isi pesan di dalam video dengan produk atau jasa yang hendak ditawarkan

Tentu saja, Anda bebas membuat konsep video produk sesuai dengan keinginan. Ada baiknya jika Anda mengamati contoh video promosi iklan untuk mendapatkan inspirasi.

Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan tren yang sedang muncul di kalangan pengguna media sosial. Tren semacam ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan atensi dan engagement yang lebih tinggi. Anda bisa turut membuat video promosi produk yang mirip dengan tren tersebut agar terlihat lebih menarik.

2)     Cek alat sekitar yang bisa dimanfaatkan

Memang, untuk membuat sebuah video promosi produk yang berkualitas, Anda harus memiliki alat penunjang yang memadai. Namun, bukan berarti Anda harus mengeluarkan modal banyak untuk alat tersebut. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan beberapa alat di sekitar yang bisa dimanfaatkan.

Misalnya saja, ketika Anda tidak memiliki kain polos untuk latar belakang, Anda bisa menggunakan gorden yang ada di rumah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu fitting colok saklar untuk memberikan pencahayaan yang lebih baik pada proses pengambilan video.

Terkait alat, Anda juga sebaiknya menyesuaikan properti dengan produk. Misalnya, untuk produk makanan, Anda menggunakan alat-alat dapur atau bahan makanan sebagai properti penunjang. Berbekal alat tersebut, kesan yang terbangun di dalam video pun tentu saja akan cenderung lebih mengesankan.

Hanya saja, memang, Anda perlu sebuah kreativitas yang tinggi untuk memanfaatkan alat sekitar menjadi alat yang istimewa untuk membuat video promosi. Selain itu, pastikan pula jika Anda tidak terlalu berlebihan. Menggunakan terlalu banyak alat tentu akan membuat video yang dibuat terkesan berlebihan dan kurang cocok.

3)     Memperhatikan perpindahan kamera

Untuk menghasilkan sebuah video promosi yang memukau, Anda juga perlu memperhatikan perpindahan kamera. Perlu dipahami bahwa video yang direka secara statis akan cenderung terkesan hambar dan kurang hidup. Oleh karenanya, gerakan kamera secara tepat untuk membangun efek video yang lebih menarik.

Juga, pastikan jika Anda menggunakan beberapa efek dari kamera yang tersedia. Dengan efek yang digunakan, Anda bisa memanipulasi corak warna pada video tersebut untuk membangun kesan dan penekanan pada produk yang lebih tinggi.

Tentu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan proses editing pada video produk yang sudah direkam. Dengan banyaknya aplikasi editing video, tentu Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dianggap tepat untuk melakukan proses editing. Terlebih, cukup banyak aplikasi editing video yang tersedia secara gratis.

4)     Memastikan gambar dan teks yang jelas

Video adalah produk visual. Artinya, daya tarik dari video cenderung lebih besar pada apa yang terlihat daripada apa yang didengar. Oleh karenanya, ketika hendak membuat sebuah video product demi promosi yang lebih tepat dan maksimal, Anda perlu memastikan jika gambar dan teks video yang digunakan terjamin jelas.

Tentu, dengan gambar video yang jelas, maka ketertarikan target konsumen untuk melihat video promosi yang Anda buat pun cenderung lebih besar. Tidak hanya itu, teks yang dimasukkan dalam video secara jelas pun nantinya juga akan membantu target konsumen mengetahui informasi promosi dalam video dengan lebih baik.

Lalu, bagaimana dengan audio?

Tetap saja, audio atau apa yang didengar dalam sebuah video produk juga penting. Oleh karenanya, Anda harus memasukkan audio pada video promosi tersebut dengan tepat. Tidak hanya suara audio yang jernih saja, tetapi pastikan jika audio tersebut memiliki tone yang pas sehingga ada kesan video yang lebih hidup.

5)     Distribusi video produk yang tepat

Apabila video produk yang dibuat sudah selesai, termasuk proses editing yang dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan distribusi video produk yang tepat. Proses distribusi video akan berpengaruh pada efektivitas promosi yang dilakukan dengan materi video tersebut.

Nah, untuk mendistribusikan video tersebut, Anda bisa menyebarkannya ke berbagai platform media sosial yang Anda miliki. Jika Anda memiliki website, maka post video tersebut ke website yang Anda kelola.

Tidak hanya itu, bubuhkan caption yang tidak hanya tepat, tetapi juga relevan dan menghibur pada video tersebut. Hal ini penting karena tidak sedikit target konsumen yang akan membaca petikan caption terlebih dahulu sebelum mereka melihat video promosi yang Anda sebarkan.

Beberapa hal di atas adalah ragam tips yang perlu Anda pahami perihal membuat video produk yang berkualitas dengan alat seadanya. Tentu saja, untuk pengambilan video, Anda bisa menggunakan smartphone yang Anda gunakan setiap hari jika tidak memiliki kamera khusus.

Ditunjang dengan beragam aplikasi yang tersedia, proses pembuatan video product dengan alat seadanya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hanya saja, Anda harus menentukan konsep video yang tepat guna meningkatkan ketertarikan dari target konsumen yang ditetapkan demi bisnis yang lebih lancar dan lebih menguntungkan. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.