Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang dan Alur Pengiriman Belanja (Marketplace)

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
190
Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang dan Alur Pengiriman Belanja (Marketplace)

Untuk Anda yang sering berbelanja online, mengetahui tips untuk memilih jasa pengiriman barang dan alur pengiriman belanja (marketplace) menjadi hal yang penting untuk diketahui. Sebagaimana diketahui, belanja online melalui marketplace saat ini sedang menjadi tren dan jasa pengiriman memegang peranan penting dalam kegiatan transaksi tersebut.

Berbincang tentang jasa pengiriman barang untuk belanja online, sebagaimana Anda ketahui, saat ini banyak ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman tersebut. Masing-masing ekspedisi menawarkan beragam layanan untuk memudahkan pengiriman belanja online.

Tentu saja, dengan adanya beragam pilihan jasa pengiriman atau ekspedisi, konsumen nantinya akan lebih leluasa untuk memilih mana ekspedisi yang tepat dan terbaik untuk mereka. Hanya saja, agar tidak terjadi masalah dalam pengiriman tersebut, tentu memilih ekspedisi yang tepat adalah keharusan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips mendasar yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih jasa ekspedisi. Juga, akan dibahas alur pengiriman belanja di marketplace. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang Marketplace

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak jasa ekspedisi atau pengiriman barang yang bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan barang dengan aman dan tepat. Hanya saja, untuk menentukan ekspedisi yang tepat, ada beberapa kriteria yang perlu dijadikan standar.

Nah, adapun kriteria serta tips mendasar yang perlu diperhatikan untuk memilih jasa ekspedisi demi pengiriman barang yang aman dan tanpa adanya masalah adalah sebagai berikut:

1) Standar Biaya Pengiriman yang Jelas

Saat membahas tentang jasa ekspedisi, tentu salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah standar dari biaya pengiriman yang sangat jelas. Dalam hal ini, jasa pengiriman barang yang terpercaya dan bagus tentu akan memberikan detail biaya pengiriman ke berbagai tujuan baik melalui website ataupun melalui aplikasi.

Dengan informasi yang jelas tersebut tentu pelanggan pun akan mendapatkan kemudahan untuk menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengiriman tersebut. Ketentuan besaran tarif pengiriman tersebut umumnya bergantung dari jarak tujuan pengiriman dan berat barang yang hendak dikirimkan.

Nah, sekarang ini, penyedia jasa ekspedisi sudah memiliki situs serta aplikasi masing-masing. Anda yang hendak mencari informasi biaya pengiriman, bisa mengunduh aplikasi tersebut. Bahkan, ada pula aplikasi yang memiliki fitur pengecekan total biaya pengiriman dari beberapa ekspedisi yang berbeda.

2) Memilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Setelah Anda mengetahui besaran ongkos atau biaya pengiriman barang ke tujuan tertentu, maka cek rating dari jasa ekspedisi tersebut. Rating adalah hal yang sangat penting untuk menilai kualitas dari jasa ekspedisi yang hendak Anda gunakan. Semakin tinggi rating, maka tingkat kepercayaan konsumen secara umum juga lebih baik.

Tidak dimungkiri memang jika ada cukup banyak ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman yang murah. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan soal kredibilitas dari layanan tersebut. Pastikan jika mereka memiliki pelayanan yang berkualitas agar tidak membuat Anda kecewa.

Selain rating, cek pula testimoni pelanggan jika tersedia. Testimoni ini merupakan penilaian yang riil dari pelanggan yang menggunakan layanan ekspedisi tersebut. Semakin baik dan banyak testimoni, maka semakin baik dan terpercaya pula jasa ekspedisi yang hendak Anda gunakan tersebut.

3) Pilih Ekspedisi yang Bisa Mengirim Tepat Waktu

Untuk memilih jasa pengiriman barang dan alur pengiriman belanja (marketplace), mempertimbangkan waktu pengiriman adalah hal yang sangat penting. Baik Anda sebagai pembeli atau penjual, tentu Anda pasti ingin paket atau produk yang Anda beli atau jual sampai ke tujuan dengan cepat, bukan?

Nah, terkait sebab di atas, carilah jasa pengiriman barang yang memberikan garansi pengiriman barang yang tepat waktu. Poin ini bisa disambungkan dengan poin kedua tadi perihal testimoni. Jika ketika Anda membaca testimoni ditemukan komplain pengiriman yang telat, maka ada baiknya Anda menghindari menggunakan jasa ekspedisi tersebut.

4) Lihat Layanan Pengiriman yang Disediakan

Tips lain yang sangat penting untuk mencari jasa ekspedisi barang yang tepat adalah dengan melihat layanan pengiriman yang disediakan. Tidak dimungkiri jika masing-masing ekspedisi menawarkan beberapa layanan pengiriman dengan detail paket yang berbeda.

Minimal, jasa ekspedisi memiliki tiga layanan pengiriman barang dengan kecepatan yang berbeda, seperti paket ekonomis, reguler dan juga ekspress. Masing-masing paket secara umum memiliki besaran tarif yang berbeda serta estimasi pengiriman yang berbeda pula. Hanya saja, dengan adanya beragam layanan, Anda bisa menentukan layanan tepat untuk dipilih.

5) Cek Layanan Live Tracking

Mengecek layanan live tracking yang ditawarkan oleh ekspedisi juga masuk dalam tips mendasar memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya untuk urusan shipping. Live tracking ini sangat penting karena nantinya akan memudahkan Anda untuk mengetahui posisi barang yang sedang dikirimkan.

Dengan adanya fitur ini, maka Anda tidak akan merasa khawatir paket yang nyasar atau tidak sampai. Pun demikian ketika paket ternyata diterima oleh orang lain, maka fitur ini akan memberikan informasi tersebut sehingga Anda bisa melakukan tindakan lanjutan.

Beberapa hal di atas adalah tips yang sebenarnya cukup mendasar namun penting untuk memilih jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang terpercaya. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda memilih ekspedisi yang memiliki garansi keamanan barang sehingga masalah yang terjadi pada pengiriman bisa ditindaklanjuti dengan baik.

Alur Pengiriman Belanja Marketplace

Anda tentu sudah familiar dengan marketplace, bukan? Ya, pasar online ini kini menjadi tren transaksi yang baru bagi masyarakat. Berdasar kemudahan yang ditawarkan, banyak masyarakat akhirnya beralih belanja ke marketplace dibandingkan pasar atau toko fisik.

Nah, berbincang tentang marketplace, salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah alur pengiriman belanja. Hal ini cukup mendasar agar nantinya Anda bisa memahami cara kerja marketplace demi kenyamanan transaksi yang maksimal.

Sebenarnya, alur pengiriman belanja marketplace sangat sederhana. Barang yang sudah selesai dalam proses transaksi nantinya akan dijemput oleh jasa pengiriman yang sudah diatur oleh marketplace lantas memasukkannya pada pos pengiriman barang. Barang yang sudah masuk pun akan diproses hingga berakhir pada proses pengantaran ke tujuan.

Dalam transaksi menggunakan marketplace, pembeli memiliki kebebasan untuk memilih jasa pengiriman barang yang mereka inginkan. Hal ini dikarenakan pihak marketplace menjalin kerja sama dengan berbagai ekspedisi. Tidak hanya itu, beberapa marketplace kini bahkan mengembangkan jasa ekspedisi sendiri untuk pilihan yang lebih mudah.

Tentu, dengan adanya layanan pengiriman default dari marketplace tertentu, Anda pun akan lebih leluasa memilih jasa pengiriman. Pun Anda juga berpeluang mendapatkan layanan yang lebih terjangkau.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait memilih jasa pengiriman barang dan alur pengiriman belanja (marketplace) yang perlu Anda ketahui. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda berusaha mendapatkan informasi terbaru dari penyedia ekspedisi, terutama perihal update syarat serta harga yang ditetapkan agar nantinya Anda bisa melakukan transaksi dengan nyaman.