Tips Mengelola Banyak Bisnis Sekaligus Ini Bisa Bikin Kamu Pro

Akhmad Ilham Cahyono
2 bulan yang lalu
Bisnis
cara mengelola banyak bisnis

Kamu mempunyai beberapa bisnis yang berjalan bersamaan? Tentunya Mengelola lebih dari satu bisnis dalam satu waktu adalah tantangan tersendiri. Agar tidak gagal dan tetap berjalan kamu pastinya membutuhkan tips mengelola banyak bisnis sekaligus.

Di era yang super kompetitif ini, ditambah lagi dengan inflasi dan harga barang yang makin meroket, banyak entrepreneur yang tergoda untuk menjalankan beberapa usaha sekaligus.

Lagi pula, semakin banyak bisnis, semakin banyak juga aliran pendapatannya, bukan?

Tapi, mengelola beberapa bisnis sekaligus bukan tanpa tantangan. Kamu harus bisa mengatur antara berbagai proyek, tugas, dan tim.

Meski terdengar menakutkan, ini bukanlah misi yang mustahil asalkan kamu memiliki strategi efektif yang berfokus pada adaptabilitas, manajemen waktu, dan organisasi.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips mengelola banyak bisnis sekaligus yang bisa kamu coba terapkan, tetap pertimbangkan kemampuan diri ya, nggak harus banyak langsung, dua dulu boleh kok bisnisnya.

Simak yuk!

Bagaimana Tips Mengelola Banyak Bisnis Sekaligus?

Jadi, bagaimana sih caranya agar bisa menjalankan beberapa bisnis sukses tanpa merasa kelelahan? Simak tips berikut:

Fokus Pada Satu Bisnis Dulu

Memulai bisnis baru sudah pasti akan menguras waktu, tenaga dan uangmu, terutama di beberapa bulan pertama.

Jika kamu mencoba untuk membagi perhatian antara dua bisnis sekaligus, besar kemungkinan salah satu atau kedua bisnis tersebut akan terabaikan karena kurangnya fokus.

Jangan terlalu banyak mengambil komitmen ketika energi, waktu, dan modal yang kamu miliki terbatas. Pastikan bisnis pertamamu sudah stabil dan menghasilkan pendapatan yang konsisten sebelum kamu mulai memikirkan untuk membuka usaha lain.

Tetapkan Prioritas

Utamakan tugas-tugas yang memerlukan perhatianmu, kemudian delegasikan sisanya. Dengan belajar cara memprioritaskan dengan tepat, kamu akan tetap berada di jalur yang benar menuju kesuksesan dan pertumbuhan.

Buatlah daftar tugas berdasarkan urgensi dan tentukan mana yang perlu segera kamu tangani.

Rekrut Orang-orang yang Komitmen dan Terampil

Ketika kamu membagi waktu antar beberapa bisnis, sulit bagi kamu untuk mengurus setiap aspek bisnis sendirian. Inilah mengapa penting untuk bekerja dengan orang-orang yang tepat.

Dengan merekrut pekerja yang berkomitmen dan terampil, kamu bisa mengurus aspek penting dari setiap bisnismu tanpa mengorbankan waktumu atau kualitas layananmu.

Atur Jadwalmu

Manajemen waktu dan organisasi sangat penting dalam menjalankan lebih dari satu bisnis. Ketika kamu menambahkan bisnis lain ke dalam jadwal, kamu akan kehabisan waktu untuk kewajiban lain.

Mengatur waktu dengan cermat menjamin lebih banyak blok waktu untuk inisiatif bisnis penting lainnya. Ini juga membebaskan kalendermu untuk janji temu, pertemuan, dan waktu pribadi.

Investasi Pada Alat dan Teknologi

Pengolahan manual memakan waktu dan energi. Permudah pengelolaan beberapa bisnismu dengan berinvestasi pada teknologi. Alat yang tepat akan menyederhanakan operasimu dan meningkatkan fungsi bisnis.

Mulailah dengan berinvestasi pada perangkat lunak dan aplikasi berbasis cloud. Tergantung pada jenis bisnismu. Kamu juga memerlukan layanan yang andal, misalnya layanan pengiriman barang atau paket.

Apalagi, di bulan Ramadan ini, kegiatan berbisnis dan berpuasa harus dijalankan bersama. Kamu jadi harus menghemat energi, nggak mungkin kan mengirim banyak barang atau paket ke ekspedisi, bikin haus dong nanti.

Nah, kamu bisa nih pakai fitur pick up dari KiriminAja, mau satu atau banyak paket, semuanya bisa diambil ke tempatmu. Jadi kamu nggak perlu lagi nih capek-capek ngirim sendiri. Nah, fitur pick up ini bisa jadi benefit buat bantu bisnis kamu selama Ramadan ini.

Jalankan Bisnis di Lokasi yang Sama

Memiliki lokasi pusat untuk bisnismu menghemat lebih banyak waktu dan sumber daya. Ini juga memungkinkan kamu untuk menghadiri kedua usaha, terutama jika kehadiran fisikmu sering diperlukan untuk pertemuan dan urusan onsite lainnya.

Jangan Terlalu Memikirkan Hal-hal Kecil

Terlalu fokus pada detail kecil setiap hari dapat mengalihkan perhatianmu dari gambaran besar. Oleh karena itu, setiap pemilik bisnis yang mengelola beberapa bisnis harus memprioritaskan dan bekerja sesuai dengan itu.

Jika terjadi banyak masalah dalam satu hari, daftarkan masalah dari besar ke kecil kemudian kerjakan.

Belajar Dari Kesalahan Sebelumnya

Salah satu hal terbaik tentang memulai bisnis lain adalah kamu membawa kebijaksanaan dari usaha sebelumnya.

Saat membuat rencana bisnis untuk perusahaan baru ini, pertimbangkan kesalahan yang dibuat sebelumnya dan solusi yang dibuat untuk mengatasi masalah tersebut.

Outsource Beberapa Proses

Jangan ragu untuk meng-outsource proyek kepada para ahli dan tim mereka sehingga kamu bisa fokus pada aspek penting dari bisnismu.

Ini lebih produktif daripada multitasking di berbagai usaha. Fokuslah pada berkembang dengan membawa para ahli untuk menangani area lain dari semua bisnismu!

Dengan mengadopsi tips ini, kamu bisa menjalankan beberapa bisnis secara simultan tanpa kehilangan akal.

Itulah beberapa tips mengelola banyak bisnis sekaligus yang bisa kamu terapkan. Mempunyai banyak bisnis yang dijalankan secara bersamaan memang menguras energi namun dengan cara yang tepat kamu bisa menjalankan semuanya dengan tepat.

Seperti yang sudah dibahas di atas, kalau kamu punya banyak barang buat dikirim selama Ramadan ini, tenang aja, nggak usah takut kecapekan karena ada KiriminAja yang bawa banyak benefit buatmu.

Sebagai agregator jasa pengiriman dan aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja bisa #BantuMenujuLebihMaju bisnismu dengan fitur andalannya.

Manajemen order paketmu selama ramadan ini bakalan jauh lebih gampang dengan adanya fitur pick up, ini bisa ambil paket ke tempatmu loh jadi nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Pick up ini adalah salah satu dari sekian banyaknya benefit yang bisa kamu dapatkan dari KiriminAja selama Ramadan loh. 

Yuk daftar sekarang di Dashboard KiriminAja dan rasakan benefit lainnya sekarang juga!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.