Cara Membuat Toko Online yang User-Friendly

Yanuar
1 tahun lalu
Info KiriminAja
Cara Membuat Toko Online yang User-Friendly

Situs web toko online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di Indonesia. Berbagai jenis bisnis kecil yang sebelumnya menganggap toko online sebagai hal khusus dan istimewa, secara perlahan, mulai mengubah mindset-nya. 

Berbagai jenis bisnis kecil tersebut mulai merangkul pasar daring melalui website toko online. Namun, seiring makin banyaknya bisnis yang membangun toko online, maka dibutuhkan effort khusus untuk bersaing dengan kompetitor di banyak hal.

Artinya, sama seperti toko offline, maka toko online juga membutuhkan penanganan khusus agar tampil menarik dan unik di mata konsumen.

Lebih jauh lagi, sebuah toko online yang unggul dalam persaingan memiliki kemampuan signifikan menghasilkan penawaran produk sekaligus pengalaman berbelanja. 

Untuk menghasilkan pengalaman berbelanja yang unik, menarik, dan life changing di mata konsumen, sebuah toko online perlu mempertimbangkan banyak serta bekerja dengan banyak orang. 

Nah, sebelum Anda mempekerjakan perusahaan/pengembang situs web, mari kita lihat beberapa tips serta faktor signifikan yang telah teruji dan terbukti efektif meningkatkan pengalaman belanja konsumen di toko online.

Siapkan Strategi yang Efektif

Sebelum memulai pengembangan toko online, Anda perlu memulai dengan hal dasar yang krusial. Pertama, buatlah strategi secara jelas dan kuat. Artinya adalah, Anda perlu melakukan riset dan membangun hipotesa awal yang baik. Beberapa faktor yang perlu Anda masukkan dalam rancangan strategi itu adalah: 

  • Buatlah model bisnis
  • Identifikasi kebutuhan bisnis
  • Identifikasi metode pengiriman
  • Identifikasi media sosial
  • Identifikasi metode SEO
  • Identifikasi developer website
  • Identifikasi teknologi website
  • Identifikasi penyedia layanan hosting
  • Identifikasi rencana desain UI/UX

Riset Target Pasar

Untuk memastikan keberhasilan toko online menghasilkan pengalaman berbelanja konsumen, maka berbagai fitur, layanan, tampilan, dan preferensi yang hadir di website harus sesuai kebutuhan target pasar bisnis Anda.

Karena itulah, Anda perlu mengetahui data demografi dan kecenderungan konsumen. Beberapa contoh data yang dimaksud tadi adalah:

  • Kelompok umur, jenis kelamin, latar belakang budaya konsumen?
  • Apa kebiasaan pembelian pengguna di toko online milik pesaing?
  • Fitur apa yang paling disukai dan tidak disukai?
  • Perangkat apa yang paling sering digunakan oleh pengguna sasaran Anda?
  • Apa kelebihan dan kendala pembelian yang sering dihadapi konsumen saat mengakses toko online? 

Pilih CMS yang Tepat

Anda memiliki banyak pilihan CMS untuk membangun sebuah toko online. Akan tetapi tidak semua opsi tersebut cocok dengan kebutuhan bisnis/konsumen Anda.

Karena itulah, Anda perlu bekerja sama dengan website developer atau perusahaan jasa pengembangan web untuk menentukan CMS mana yang sesuai.

Sebagai contoh, Anda bisa memakai layanan KiriminAja X Niagahoster yang menyediakan layanan pengembangan web toko online.

Sebab layanan pengembangan website KiriminAja X Niagahoster tidak hanya memberikan teknologi CMS website, tapi juga memperoleh berbagai fitur serta layanan toko online yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Prioritaskan Layanan Mobile

Anda harus menyadari bahwa memprioritaskan layanan dan tampilan toko online secara mobile adalah kewajiban.

Alasannya adalah sebagian besar masyarakat Indonesia mencari dan berbelanja produk melalui perangkat handphone (Android/iOS) mereka.

Oleh sebab itu, masa depan toko online sangat tergantung pada desain, layanan, dan pengalaman belanja melalui perangkat mobile.

Untuk itulah, saat Anda bertemu dengan website developer, pastikan bahwa toko online memberikan kemudahan pengalaman belanja via mobile.

Salah satu contoh faktor toko online yang diakses secara mobile adalah menerapkan prinsip thumb rule of design. Prinsip tersebut mengharuskan tampilan dan desain toko online harus ditempatkan dalam jangkaun ibu jari pengguna.

Tujuannya agar semua informasi, ringkasan, dan tombol penting bisa diakses dengan mudah oleh ibu jari pengguna. Sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Halaman Produk yang Jelas dan Rinci

Salah satu area toko online yang perlu mendapat fokus utama adalah desain halaman produk. Sebuah halaman produk harus didesain dengan tampilan minimalis untuk membantu pelanggan fokus pada detail produk dan gambar.

Halaman produk membutuhkan treatment dalam jangka waktu Panjang. Salah satu contoh treatment yang perlu adalah memakai gambar/foto/konten visual berkualitas tinggi dengan opsi zoom-in setiap kali mengunggah produk baru.

Dengan begitu, konsumen memiliki kesempatan mendapat tampilan yang lebih baik pada setiap produk dilihat.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan deskripsi produk benar-benar relevan dan mencakup setiap aspek produk yang ingin diketahui pelanggan.

Deskripsi produk harus dijelaskan dengan baik termasuk ukuran, dimensi, jenis bahan, standar pembuatan, atribut gaya, dan harga.

Proses Checkout yang Sederhana

Proses checkout yang sederhana dan mudah merupakan keharusan. Tujuannya agar proses konversi dan penjualan berjalan lancar serta dalam waktu singkat.

Halaman checkout harus dirancang untuk memastikan proses transaksi konsumen berjalan cepat, tepat, dan mudah. Sebisa mungkin, batasi proses checkout hanya dalam dua atau tiga langkah agar lebih praktis.

Tentu saja, faktor pertimbangan di atas masih Sebagian kecil dari banyak pertimbangan yang harus disiapkan demi toko online yang user-friendly.

Dengan toko online yang user-friendly, Anda bisa memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman, tepat, dan memudahkan konsumen. Akan tetapi, realitanya, Anda sibuk dan tim sibuk dengan bisnis utama.

Si Paling Holistik untuk Solusi Toko Online Anda

KiriminAja X Niagahoster menyediakan layanan pengembangan dan optimasi toko online dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp559.960/tahun. Iya, semurah itu.

Dengan layanan KiriminAja X Niagahoster, Anda mendapatkan banyak fitur, layanan, tampilan, dan strategi pengembangan website yang kompeten serta sesuai dengan model bisnis masing-masing pengguna.

Sebagai janji bahwa apa yang disampaikan di sini bukan sekedar sugar coating, maka Anda bisa langsung:

  1. Melihat demonya terlebih dahulu di: https://siteniagaweb.com/toko-online/
  2. Lalu melihat harga dan ketentuannya di: https://www.niagahoster.co.id/order/website-instant/84?theme-id=29

Jadi, karena marketing di artikel ini apa adanya dan fair, tentu saja, kami ingin Anda hadir melihat demo dan mencoba layanan Niagahoster X KiriminAja.

Selain itu, representative Niagahoster dan KiriminAja selalu siap menjawab pertanyaan, kebutuhan informasi, dan konsultasi Anda lebih lanjut.

Iya, kami selalu hadir untuk Anda. Karena itulah, jangan ragu menghubungi tim KiriminAja di Toko Online KiriminAja x Niagahoster.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Yanuar
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.