Tren Bisnis Online 2024 demi Bisa Bertahan di Tahun Politik

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
Karyawan Bahagia Berarti Pelanggan Bahagia

Tahun 2024 ditandai dengan meningkatnya tensi politik di Indonesia dan kondisi global yang cukup menyulitkan ekonomi Indonesia. Makanya, memahami tren bisnis online 2024 jadi penting.

Kenapa begitu? Karena efek tensi politik dan kondisi global mengakitbatkan tidak semua bisnis online memiliki pertumbuhan yang cukup baik.

Dan salah satu alasan penyebab bisnis online sulit tumbuh adalah ketidakmampuan pemilik untuk melihat tren bisnis yang ada.

Padahal memahami tren bisnis online 2024 adalah salah satu langkah penting untuk menjalankan sejumlah strategi pertumbuhan.

Oleh karena itu, berikut ini tiga tren bisnis bisnis online 2024 yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik bisnis online:

Fokus Pada Pergeseran Harapan Pelanggan

Digitalisasi di masa pandemi mempercepat perilaku dan kebiasaan digital pelanggan. Sekarang, orang lebih akrab dengan praktik pemasaran digital.

Efeknya, kebutuhan dan harapan pelanggan atas bisnis bisnis online Anda jadi terus berkembang. Sehingga, Anda perlu mengimbanginya.

Sebuah bisnis bisnis online perlu membuat strategi khusus membuat konsumen mendapatkan pengalaman dan keterlibatan digital yang lebih personal.

Tren konsumen saat ini mengharapkan adanya pengalaman yang nyaman dan personal dengan bisnis online.

Karenanya, Anda perlu memenuhi permintaan dan praktik pengalaman yang dipersonalisasi bagi konsumen.

Tentu saja, dibutuhkan solusi, eksperimen, dan manajemen khusus untuk menghadapi harapan pelanggan.

Karyawan Bahagia Berarti Pelanggan Bahagia

Pelanggan bukan satu-satunya variabel yang berubah. Karyawan adalah variabel lain yang memiliki perubahan ekspektasi.

Pengaturan waktu kerja yang fleksibel, faktor keselamatan, atau hadirnya bonus tahunan adalah sejumlah contoh perubahan harapan karyawan pada perusahaan.

Pengalaman pelanggan yang baik akan sangat bergantung pada karyawan yang memiliki data, alat, dan keadaan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Karenanya, memberdayakan karyawan bisnis online dengan manajemen dan alat yang tepat akan menghasilkan kepuasan kerja yang lebih besar.

Pada gilirannya nanti, kepuasan karyawan akan mengarah pada kepuasan pelayanan pelanggan.

Investasi dalam Teknologi yang Memberdayakan Pelanggan dan Karyawan

Solusi digital adalah satu strategi vital untuk memberdayakan karyawan, mencapai pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Salah satu teknologi yang perlu mendapat perhatian dan investasi pemilik bisnis online adalah Customer Relationship Management (CRM).

Praktik digital CRM dalam pemasaran dan penjualan yang tepat akan memberdayakan karyawan memahami pasar.

Dengan memiliki data pelanggan yang lebih baik dan lebih detail, para karyawan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Teknologi dan praktik digital CRM seperti layanan mandiri, artificial intelligent , dan chatbots dapat membantu bisnis online memenuhi permintaan konsumen.

Sebagai contoh, dalam praktik penjualan, praktik CRM akan memberikan akses data dan informasi tentang audiens dengan sangat rinci dan dalam skala besar. Dengan begitu banyak informasi yang digali dan dimiliki mengenai audiens.

Kumpulan data dan informasi tersebut akan membuat tim penjualan bisnis online memiliki kekuatan memberikan promosi yang dipersonalisasi bagi masing-masing konsumen.

Praktik CRM juga dapat dipakai oleh tim pemasaran untuk mengatur kampanye pemasaran dan aset di satu tempat.

Dengan satu koordinasi terpusat kampanye pemasaran, maka tim pemasaran bisnis online akan memiliki visibilitas yang belum pernah ada sebelumnya.

Sehingga, kinerja kampanye pemasaran akan mendorong pendapatan bisnis.

Tim layanan pelanggan dapat menggunakan CRM untuk mendapatkan satu pandangan kohesif tentang pelanggan.

Tim layanan pelanggan akan memiliki akses ke riwayat konsumen yang lengkap, terperinci, dan metode komunikasi pilihan pelanggan.

Semua informasi tadi akan memudahkan tim layanan pelanggan bisnis online Anda untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan konsumen.

Ketiga tren bisnis bisnis online 2024 di atas memang cukup jarang dilihat. Sebab, banyak pelaku bisnis online lebih fokus hanya pada praktik pemasaran saja.

Padahal 3 tren di atas adalah variabel krusial yang perlu diperhatikan dan diperbaiki agar performa bisnis bisnis online jadi meningkat.

Salah satu teknologi yang bisa memudahkan bisnis adalah agregator logistik. Dengan memakai agregator logistik, bisnis Anda jadi lebih efektif menjalankan proses pengiriman paket maupun manajemen produk bisnis.

Anda bisa mencoba teknologi agregator logistik dengan mendaftar di KiriminAja. Ini adalah agregator terbaik yang bisa Anda punya untuk mendukung usaha yang sedang dijalani.

Iya, cukup mendaftar di Dashboard KiriminAja, lalu melakukan verifikasi, dan Anda pun bisa menikmati teknologi yang memudahkan bisnis.

Sejumlah hal di atas bisa Anda kembangkan lebih jauh lagi sesuai kebutuhan bisnis online Anda. Hanya saja, pastikan faktor-faktor fundamental di atas berjalan dengan baik. Pastikan pula tren yang Anda ikuti cocok dengan ide bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.