Ingin Penjualan Produk Meningkat? Yuk Kenali Dulu Tujuan dan Fungsi Diskon Berikut Ini

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Fungsi Diskon

Tujuan diskon, tentunya, untuk membuat pelanggan membeli produk yang dijual sebuah bisnis. Karena, dalam bisnis, diskon adalah cara efektif menarik pelanggan supaya membeli produk Anda.

Pelanggan mana yang tak suka dengan diskon bukan? Jika dilihat dari perilaku konsumen, hal pertama yang akan mereka lihat ketika ingin membeli sebuah barang adalah ada tidaknya diskon pada barang tersebut.

Labeling diskon atau pemberian potongan harga ini memang sangat eye catching di mata konsumen. Sebab bisa menghemat pengeluaran mereka dan tetap mendapatkan barang yang berkualitas. Oleh karena itu, diskon bisa menaikkan penjualan.

Kabar baiknya, selain diskon, ada beberapa ide lain untuk menaikkan penjualan yang bisa Anda baca pada tautan tersebut.

Bila ide dan strategi di uraian itu bisa Anda gabungkan dengan strategi diskon, maka penjualan Anda berpotensi naik signifikan. Dengan begitu, bisnis Anda semakin berkembang dan menguntungkan.

Lalu, apa tujuan diskon selain untuk menarik pelanggan? Apa juga fungsi-fungsinya? Berikut KiriminAja akan menjelaskannya kepada Anda. Yuk, mari kita baca dan pahami bersama sampai selesai ya…

Tujuan Dari Diskon, Promo dan Potongan Harga

Mengapa diskon ini penting dalam dunia bisnis? Sebab diskon bisa berguna bagi pebisnis untuk mencapai berbagai macam tujuan dari bisnis itu sendiri. Misalnya mendatangkan keuntungan maksimal dan memebangun citra yang baik di mata pelanggan.

Diskon sendiri tak bisa diabaikan sebagai salah satu strategi bisnis. Tujuan diskon sendiri bisa berpengaruh terhadap konsumen tentunya dan dapat juga berefek pada penjual atau pebisnis itu sendiri.

Berikut beberapa tujuan diskon atau potongan harga:

Meningkatkan Penjualan Produk

Tujuan utama dari diskon yang diberikan kepada pelanggan adalah untuk meningkatkan jumlah produk yang terjual. Dengan begitu, angka penjualan akan meningkat dan keuntungan menjadi besar bahkan berlipat ganda dari penjualan biasanya.

Membangun Brand Awareness

Selain untuk meningkatkan penjualan, ternyata produk juga bisa membangun kesadaran pelanggan terhadap merek atau brand awareness.

Diskon berguna sebagai alat pemasaran supaya menarik perhatian pelanggan baru dan membuat pelanggan lama menjadi loyal.

Meningkatkan Instant Buying

Diskon ini sangat berguna ketika pebisnis ingin melakukan penjualan dengan cepat. Ketika ada insentif atau tawaran menarik dari diskon, pelanggan akan cenderung melakukan instant buying tanpa berpikir lama.

Hal ini juga bisa membuat produk tertentu segera habis terjual dalam kurun waktu yang cepat, sehingga angka penjualan akan meningkat.

Menghabiskan Stok Lama di Gudang

Salah satu tujuan diskon yang lain adalah untuk menghabiskan stok lama di dalam gudang. Biasanya sebuah bisnis akan menggunakan diskon besar-besaran terhadap produk yang kurang laku.

Hal ini akan membuat produk yang kurang laku tersebut cepat habis dan tidak ada lagi produk yang terbuang secara sia-sia.

Memancing Pelanggan Lama untuk Kembali Lagi

Ketika perusahan merasa kehilangan pelanggan lamanya, diskon bisa digunakan sebagai alat untuk menarik lagi pelanggan lama.

Dengan tawaran menarik, konsumen lama tersebut akan aktif kembali dan menjadi pelanggan tetap sebuah perusahaan. Selain itu, pelanggan akan mendapatkan value lebih dan menjadi lebih loyal.

Strategi Melawan Kompetitor

Selain bertujuan untuk menarik pelanggan, diskon juga bisa digunakan untuk melawan dan bersaing dengan kompetitor.

Konsumen akan cenderung membeli produk berdiskon, dengan begini Anda bisa bersaing dengan kompetitor dan tetap bertahan di pasaran sekarang ini.

Menstabilkan Cash Flow

Selain beberapa tujuan di atas, diskon dapat menjadi alat untuk menjaga kestabilan cash flow sebuah perusahaan.

Diskon akan meningkatkan penjualan dan mengurangi stok atau produk lama yang menumpuk sehingga arus kas akan tetap lancar.

Fungsi dan Kegunaan Diskon

Diskon memiliki beberapa fungsi dan kegunaan baik itu terhadap konsumen maupun perusahaan. Berikut KiriminAja akan menjelaskan lewat uraian singkat di bawah ini:

Fungsi diskon adalah sebagai alat yang bisa digunakan penjual atau pebisnis untuk mencapai berbagai macam tujuan seperti yang telah disebutkan di atas.

Fungsi dasar diskon adalah menarik pembeli, memberikan keuntungan penjualan kepada perusahaan dan menciptakan pelanggan yang loyal.

Selain itu, dengan diskon sebuah bisnis bisa mendapatkan pelanggan baru karena menjadi hal yang menarik bagi mereka.

Kegunaan diskon bagi pelanggan biasanya digunakan sebagai alat untuk membuat keputusan. Pengambilan keputusan ini biasanya didasarkan pada tawaran-tawaran yang ada dalam produk seperti potongan harga.

Selain diskon, terdapat cara atau strategi lain yang bisa membuat pelanggan melakukan pengambilan keputusan dan membeli produk. Strategi itu adalah dengan menawarkan pengiriman paket atau produk secara cepat.

Dengan pengiriman yang cepat pastinya pelanggan akan semakin tertarik terhadap produk Anda. Produk yang sampai dengan cepat ke konsumen akan membuat pelanggan senang.

Lalu bagaimana caranya agar bisnis Anda bisa mengirimkan barang dengan cepat? Solusinya bisa Anda lihat pada Dashboard KiriminAja, di dalamnya terdapat berbagai pilihan jasa ekspedisi.

Jasa-jasa ekspedisi ini bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan preferensi pembeli. Anda bisa memilih jasa pengiriman paket dengan harga yang paling rendah sehingga terhindarkan dari kerugian.

Pengiriman paket dengan cepat dan adanya diskon dalam sebuah produk adalah kombinasi yang sangat menjanjikan. Maka dari itu, KiriminAja sebagai agregator logistik menyediakan solusi bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

KiriminAja memberikan manajemen order yang tepat dan aman bagi bisnis Anda. Jadi, Anda tak perlu lagi takut memulai bisnis, dengan manajemen order yang baik Anda bisa meminimalisir risiko kerugian.

Jika Anda masih ragu memulai bisnis, jangan takut! KiriminAja akan menjadi partner Anda yang akan selalu menemani dan memberikan solusi. #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.